Dona Vanda Anggraeni

Ekologi Molekuler : Identifikasi Molekuler

Posted: August 21st 2017

Sebagai mahasiswa tidak banyak yang akan tertarik mengenai molekuler karena dianggap susah, apalagi untuk istilah ekologi molekuler.

Sebenarnya apa sih ekologi molekuler ?

Ekologi molekuler adalah bidang mikrobiologi, studi biologi molekular mikroba ekologi. Gen tertentu dalam lingkungan seperti kehadiran dan distribusi Molekuler kenaikan Ekologi dalam beberapa tahun terakhir sebuah perbatasan, biologi molekuler dan ekologi kedua abad ke-20 integrasi interdisipliner terkemuka produk, itu akan berada di ekologi, biologi molekuler, dan adaptasi ekologi dan studi evolusi berpengaruh signifikan terpengaruh.

Ekologi sejak didirikan pada tahun 1866, pemahaman manusia hukum adalah berpengalaman yang progresif, dari satu sisi ke penuh proses sejarah yang panjang. Terwujud dalam cara, dari pengamatan langsung dan secara bertahap menyingkirkan “UU spekulatif spekulasi,” ke dalam deskripsi kualitatif liar “pengalaman induksi” dan kemudian cari uji lapangan kuantitatif dan laboratorium percobaan gabungan dari “metode integrasi sistem.” Meskipun metode ini efektif mempromosikan ekologi telah membuat kemajuan besar, tapi visi penelitian masih terbatas pada tingkat makro, yang menunjukkan penampilan yang sama atau bentuk organisme hidup, karena kondisi lingkungan yang berbeda, fungsi fisiologis yang tidak sama; penampilan orangtua, fungsi morfologi dan fisiologi sama organisme hidup, keturunan tetapi karena kondisi lingkungan yang berbeda di mana untuk menghasilkan variasi baru, sehingga keragaman fenomena makro-ekologi perlu menggunakan analisis mikroskopis percobaan laboratorium mengungkapkan sifat ekosistemnya konsisten seks telah menjadi kombinasi makro dan mikro ekologi tren yang tak terelakkan dari pembangunan. Prinsip biologi molekuler dan teknik yang digunakan dalam studi ekologi dan pembentukan cabang baru ilmu ekologi – Ekologi Molekuler, Studi eksperimental ekologi melompat ke tingkat molekuler.

Hal yang menjadi menarik dari EKOLOGI MOLEKULER ini adalah bagaimana memecahkan masalah pada bidang ekologi dengan mengaitkannya dengan bidang molekuler. Salah satu penelitian mengenai ekologi molekuler ini adalah soal identifikasi molekuler.

Identifikasi molekuler

Apakah identifikasi molekuler penting dilakukan sedangkan dapat melakukan identifikasi secara morfologi ?

Identifikasi dengan melihat morfologi individu tertentu memang sangat berguna tetapi metode ini memakan waktu yang lama sehingga untuk mengidentifikasi satu spesies dapat membutuhkan waktu yang lama, sehingga muncullah molekuler dalam identifikasi suatu individu. Untuk lebih jelasnya ayok kita lihat contoh identifikasi molekuler ini :

Identifikasi molekuler pada hiu

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesi, sudah sangat marak dengan adanya penjualan sirip ikan hiu yang dijadikan hidangan favorit yaitu sup sirip ikan hiu.

Gambar 1. Sup sirip Ikan hiu

Rasa yang lezat dan khasiat yang dianggap bagus menjadikan hidangan ini menjadi sangat terkenal. Akhirnya disitulah muncul masalah akibat eksploitasi besar-besaran sirip ikan hiu. Adanya eksploitasi besar-besaran ini mengingatkan kita akan status konservasi hiu yang dianggap sudah terancam punah oleh IUCN. Oleh sebab itu dilakukan identifikasi molekuler yaitu melihat jenis ikan hiu yang sering digunakan sebagai hidangan ini untuk konservasi. Identifikasi molekuler ini dilakukan pada hiu yang siripnya tidak bisa diidentifikasi secara morfolog. Teknik atau metode yang yang dilakukan merupakan yang dipelajari di tek.DAN yaitu dengan ‘dna barcoding’.

Selain untuk hiu, identifikasi molekuler ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi spesies yang yang dianggap mirip secara morfologi sehingga tidak bisa dibedakan sehingga menggunakan metode molekuler untuk menyelesaikan masalahnya.

Gambar 2. Proses Identifikasi Molekuler

Identifikasi molekuler ini juga merupakan salah satu aplikasi dari ekologi molekuler yang harus lebih dikembangkan dan dipahami karena akan sangat berguna terutama dalam bidang konservasi.

One response to “Ekologi Molekuler : Identifikasi Molekuler”