Action Plan : Penyu Belimbing

Penyu Belimbing, Salah Satu Hewan Endemik yang Terancam Punah dari Indonesia

Posted: December 6th 2019

  Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan di daerah kawasan laut Pasifik, dimana memiliki keaneragaman biota laut yang berlimpah. Indonesia juga memiliki beraneka ragam jenis biota laut yang endemik, salah satunya adalah Penyu belimbing. Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae) merupakan jenis penyu laut serta salah satu reptil terbesar yang masih hidup sampai sekarang, dimana pada Indonesia umum ditemukan pada daerah pantai-pantai di daerah Papua, meliputi Sorong, Raja Ampat, dan Manokwari. Penyu ini memiliki beberapa ciri umum, yakni memiliki kulit cangkang berwarna gelap, dimana terdapat bintik-bintik putih serta bersifat lebih lunak dibandingkan spesies penyu lainnya. Penyu ini memiliki sirip depan yang panjang, dan mampu mencapai panjang tubuh hingga hampir 2 meter, serta dengan berat mencapai 500 kg.
             Penyu belimbing merupakan salah satu spesies yang hidup dengan menjelajahi lautan (hewan migrasi), serta melakukan perjalanan kembali ke daerah asal penyu tersebut dilahirkan untuk bertelur. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah populasi dari populasi dari penyu mengalami penurunan yang sangat drastis. Sedikitnya jumlah individu dari penyu belimbing kerap berada di tengah ancaman yang bertubi-tubi, seperti terancam oleh perburuan liar, eksploitasi pengambilan telur serta daging dari penyu, perusakan daerah pantai untuk daerah komersial, serta kematian yang tidak disengaja oleh para pemancing komersial. Hal-hal tersebut menyebabkan penyu belimbing termasuk salah satu jenis paling terancam di dunia, dimana menurut IUCN Red List jenis penyu ini dikategorikan sebagai kategori Critically Endangered (CE).
           Biota laut untuk semua jenis penyu tentunya memiliki kaitan erat dengan daerah dimana penyu tersebut dilahirkan. Penyu umumnya akan naik ke pantai yang berpasir pada bulan-bulan tertentu, kemudian akan menggali pasir untuk membuat sarang, kemudian meletakkan telur-telurnya untuk generasi penyu belimbing yang akan datang. Tingginya faktor seperti eksploitasi telur penyu serta perusakan habitat alamiah dari penyu ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan populasi dari penyu belimbing tiap tahunnya mengalami penurunan.
        Action plan atau aksi personal merupakan suatu aksi yang dapat dilakukan untuk suatu waktu yang akan mendatang dimana bisa dilakukan dengan secara pribadi atau bersama untuk menyelamatkan hewan endemik lokal seperti misalnya Penyu Belimbing, dalam menghadapi kepunahan. Action Plan ini dapat dimulai dengan hal yang sederhana terlebih dahulu, yakni dengan mencari tahu lebih dahulu mengenai permasalahan utama yang menjadi penyebab terancam punahnya dari penyu belimbing ini, dimana kemudian bisa dilakukan lebih lanjut dengan melakukan sebuah aksi atau kegiatan nyata sebagai suatu rasa kepedulian terhadap spesies yang terancam punah. Aksi sosial yang ingin saya lakukan untuk kedepannya adalah ingin melakukan suatu kegiatan volunteer dalam suatu badan konservasi yang spesifik untuk melestarikan populasi penyu. Saya juga ingin melakukan seperti sebuah edukasi terhadap masyarakat sekitar terhadap betapa pentingnya penyu dalam ekosistem laut, terutama kepada untuk kaum muda seperti anak-anak yang masih memiliki rasa eksplorasi terhadap hal-hal baru. Harapan saya dari aksi sosial ini adalah kelak baik dari kaum anak-anak, kaum remaja, serta kaum dewasa untuk mampu lebih memahami serta mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mengenai konservasi penyu, sehingga penyu seperti penyu belimbing mampu bisa mempertahankan jumlah populasinya di generasi yang akan datang.


10 responses to “Penyu Belimbing, Salah Satu Hewan Endemik yang Terancam Punah dari Indonesia”

  1. Andre haryanto says:

    Action plannya bagus, semoga bisa memberi banyak manfaat kedepannya

  2. sarasdhani says:

    action plannya bagus, postingan bermanfaat banyak ilmu yang didapatkan. Semoga action plannya dapat terlaksanakan dan mendapat banyak dukungan

  3. Iriana says:

    Artikel menarik dan sangat bermanfaat. Semoga dengan artikel ini dapat membantu upaya pelestarian penyu belimbing

  4. airene2 says:

    informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, semoga action plannya dapat terlaksana

  5. Mariapietasari says:

    Terimakasih atas kepedulianmu juga pada penyu belimbing. Saya pernah mendapat edukasi juga tentang penyu belimbing, serta pernah melakukan baby sea turtle release dan itu sangat menyenangkan! Semoga penyu belimbing tetap lestari dan generasi kedepannya tetap dapat melihat penyu belimbing!

  6. ivanaaureli says:

    Artikel yang menarik dan memberi wawasan baru bagi para pembaca. Semoga action plan anda terlaksana dan populasi penyu belimbing tetap lestari.

  7. odiliacatra says:

    Artikel yang sangat menarik dan informatif. Semoga action plannya dapat terlaksana dan bisa memberi wawasan pula untuk masyarakat

  8. annyakinanti says:

    Informasi yang menarik! Semoga dengan adanya action plan ini, masyarakat semakin peduli dan semakin meningkat kesadarannya untuk pelestarian dan pelindungan penyu belimbing ini

  9. Vega Naria says:

    Aksi nyata yang ingin dilakukan sangat bagus karena di mulai dari diri sendiri, semoga orang lain yang di sekitar juga mengikuti sehingga dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan penyu yang terancam punah tersebut

  10. Kezia Febiola says:

    Artikel sangat menarik, action plannya jg bagus saja jadi tertarik mengikutinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php