Yoris Prayogo

IT INFRASTRUCTUR

Posted: November 11th 2012

Pengertian dari komputer komunikasi adalah proses dimana dua atau lebih komputer atau devices lainnya saling mentransfer data, instruksi, dan informasi. Sedangkan pengertian dari sistem telekomunikasi adalah hardware software yang mengirim informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Komponennya ialah hardware, media, networks, software, data communication providers, procotols, dan appliacations. Sinyal terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah sinyal anolog yaitu gelombang kontinu yang memiliki amplitudo dan frekuensi. Yang kedua adalah sinyal digital yang bersifat diskrit, tampilannya menggunakan on/off, dan mudah dipahami oleh komputer.

Berbeda dengan sistem telekomunikasi, sistem komunikasi adalah beberapa hardware yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Contohnya adalah modem yang mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital, kemudian contoh lainnya adalah multiples dan front-end-processor yang merupakan komputer khusus yang mengelola tugas managing komunikasi. Beberapa contoh wire based communication chanels adalah telephone wire, coaxial cabel, microwave, satelit dan radio.

Yang merupakan layanan telekomunikasi dari provider adalah switched lines, dedicated lines, wide area telcomm service, integrated services digital network, digital subsriber lines, timnet-streamix. Jaringan merupakan kolaborasi antara devices, media, dan software. jaringan sendiri terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah LAN (Local Area Network) dan yang kedua adalah WAN (Wide Area Network). Jaringan LAN menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing sedangkan jaringan WAN mencakup jarak geografis yang sangat luas yang bersifat publik dan disediakan oleh operator.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php