Yoris Prayogo

Internet, Intranet, Extranet

Posted: November 11th 2012

Salah satu hasil penemuan terbaik sepanjang masa adalah internet. Dengan menggunakan internet kita dapat bertukar informasi dengan sangat mudah, menggunakan standar dan protokol terbuka, dan tidak eklusif. Itulah mengapa internet dideskripsikan sebagai jaringan komputer terbesar di dunia yang dapat diakses oleh pengguna dari berbagai belahan dunia. Layanan internet yang kita gunakan pun beragam-ragam, misalnya e-mail, chat, web, message board, instants messaging, dan file transfer. Jaringan besar itu menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, sekolah, lembaga pemerintahan dengan cepat, mudah, dan relatif murah.

Infrasturuktur dari internet adalah perusahaan komunikasi komersial yang merupakan penyedia utama physical network backbone internet, pemerintah US yang berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer, koneksi dan aliran informasi antara backbone provider gratis dan terbuka. Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum yang kita sebut dengan protocols yang terbagi atas Internet Protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP).

Apakah itu intranet? Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi intranet. Intranet pada umumnya terkoneksi dengan internet. Intranet menggunakan aplikasi Internet dan TCP/IP, keamanan menjadi perhatian utama pada intranet. Selain itu, kita juga mengenal extranet. Extranet adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners. Keuntungan dari extranet ialah biaya komunikasi rendah, komunikasi lebih baik, peningkatan efektivitas bisnis, dll.

Thanks.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php