Yoris Prayogo

COMPUTER SOFTWARE

Posted: September 30th 2012

Pada pertemuan minggu ke 5 ini saya akan membahas tentang materi Computer Software.
Apa itu software? Software merupakan perangkat lunak komputer yang berfungsi menjalankan suatu perintah atau intruksi yang diberikan oleh komputer, software dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu system software dan application software.

A. System software
– Berfungsi mengontrol aktivitas komputer
– Mendukung aplikasi software dengan cara mengarahkan kepada fungsi komputer
– Memfasilitasi pengembangan program, percobaan program, dan pencarian error pada suatu program.

System Software ini dibagi lagi menjadi 2 kategori yaitu
1. Systems Control Program yang berfungsi untuk mengontrol semua sumber daya komputer (termasuk hardware,software dan OS)
2. System Support Program : mendukung operasi management dan pengguna dari sistem komputer

B. Application Software adalah instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna. Application Software juga dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Proprietary Application Software : mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik. Seperti memberikan solusi / pemecahan masalah yang dialami pebisnis-pebisnis masa kini, yang mana mereka saling bersaing, dimana suatu perusahaan akan bisa mengguli perusahaan lain, jika sumber daya yang mereka miliki, lebih canggih dari perusahaan lain.

2. Off-the-Shelf Application Software : adalah program aplikasi asli/original, yang tidak mengalami pembajakan, dan biasanya tidak didesain spesifik dengan kebutuhan customer.

Software-software tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. bahasa pemrograman sendiri ada banyak sekali macamnya. seiring dengan berjalannya waktu, bahasa ini terus berkembang menjadi lebih mudah dipahami. dimulai dari bahasa pemrograman pertama yaitu bahasa mesin yang hanya menggunakan kode biner (0 dan 1), dan terus berkembang, hingga saat ini yang paling baru adalah generasi kelima dari bahasa pemrograman, yaitu Natural Languange Programming Languages, yang mampu menerjemahkan bahasa natural (bahasa manusia) menjadi berstruktur dan dapat dipahami oleh mesin. selain itu bahasa ini sangatlah kompleks dan eksperimental.
29861dc3

Kesimpulan :

1. Software secara luas dapat dikategorikan sebagai system software dan application software.
2. System software merupakan penghubung antara hardware dan application software.
3. Application software lebih spesifik untuk bisnis.
4. Bahasa pemrograman menyediakan tempat untuk manusia untuk memberi perintah/intruksi kepada komputer.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI 4 : Computer Hardware

Go to post

IT INFRASTRUCTUR

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php