Yoris Prayogo

PTI 4 : Computer Hardware

Posted: September 23rd 2012

Pada jaman sekarang ini komputer merupakan barang yang sudah hampir menjamah semua golongan, mulai dari bawah hingga keatas, perkembangan komputer yang semakin cepat ini juga diiringi dengan perkembangan hardware atau perangkat keras komputer tersebut. Pada materi ini akan dijelaskan tentang perangkat keras sistem komputer, fungsi CPU, dan semua yang berkaitan dengan perangkat keras tersebut.

Komponen perangkat keras/hardware :

1. CPU (Central Processing Unit)
2. Memory (Primary or Secondary Storage)
3. Input Device
4. Output Device

CPU ini berfungsi sebagai pemberi instruksi kepada komputer tentang apa yang harus dilakukan. CPU sendiri terdiri dari beberapa komponen :

1. Processor
2. Memory
3. Ports
4. Drive Bays
5. Power Supply
6. Adapter Cards : sound card, modem card, graphic card etc

Input device adalah, setiap komponen hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi Contoh dari Input Device adalah :
1. Mouse
2. Keyboard
3. Touch Screen
4. Joystick

Output Device adalah setiap komponen hardware yang dapat menghasilkan produk dari input itu sendiri. Contoh dari output device adalah :
1. Printer
2. Speaker
3. Fax
4. Monitor

Memory adalah tempat penyimpanan sementara data yang akan di proses atau di olah. Memory terbagi dua yaitu Primary and Secondary Storage.

Motherboard yakni papan sirkuit utama di dalam unit sistem, terdiri dari adapter card, processor chips, dan memory chips.

Microprocessor : unit yang mengeksekusi intruksi untuk menjalankan tugas pengolahan. Komponennya yaitu :

– Control unit : mengakses intruksi program, menafsirkan intruksi, mengontrol aliran data di sistem, jalur aliran data yang disebut buses
– Arithmetic logic : melakukan proses komputasi data
– Register : area penyimpanan berkecepatan tinggi yang menyimpan data saat di encode dan menyimpan lokasi intruksi tersebut.

Main memory yakni komponen elektronik yang menyimpan intruksi, data, dan hasil. Setiap byte disimpan di lokasi yang unik yang disebut address.

Tipe-tipe Primary Storage adalag register, Random Access Memory (RAM), Cache Memory, dan Read-only Memory (ROM). Sedangkan magnetic & optical storage merupakan contoh dari secondary memory yang umumnya lebih murah tetapi lebih lambat daripada primary storage.

nformasi yang terdapat di RAM bisa dibaca dan ditulis processor. Semakin banyak RAM, respon komputer akan semakin cepat. Selain RAM, terdapat juga ROM yaitu unit yang menyimpan data/intruksi yang sifatnya permanen. Tipe dari ROM adalah Fimware, PROM, dan EEPROM.

Kinerja komputer diukur berdasarkan kinerja jumlah siklus machine insturction. Siklus Machine Instruction:

Intruksi diambil dari primary storage oleh control unit (Fetch)
Control Unit mendecode instruksi (decode)
ALU menerima data dan intrukdi dan melakukan perhitungan dan perbandingan (Processor)
Hasilnya disimpan primary storage (Store)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php