Yoris Prayogo

PTI pertemuan 3

Posted: September 16th 2012

Terima kasih bagi yang telah membaca blog saya ini. Kali ini saya akan membahas tentang materi pertemuan minggu ke 3 mata kuliah PTI yaitu tentang IT di dalam organisasi modern.

Infrastruktur Informasi : merupakan fasilitas fasilitas, layanan dan manajemen yang nyata atau kelihatan wujudnya secara fisik contohnya perangkat keras komputer, database, fasilitas jaringan dan komunikasi, software dan pegawainya.

Fungsi infrastruktur informasi :
– Mengatur integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan manajemen sumber daya komputer.
– Menentukan bagaimana seharusnya sumber daya komputer diarahkan, dioperasi dan dikelola.

Arsitektur Informasi : Perencanaan di level yang lebih tinggi yang mencakup tentang kebutuhan informasi dan bagaimana kebutuhan itu dapat terpenuhi.

Berikut skema dari IT arsitektur dalam E-Bisnis

contoh

Sistem informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu dan memiliki beberapa tipe antara lain:

– Transaction Processing System : tingkatan sistem yang paling sederhana, dan menjadi dasar untuk sistem informasi yang lebih kompleks

– Management Information System : memiliki tugas untuk mendukung pengambiulan keputusan dalam suatu organisasi atau – perusahaan yang bersifat rutin

– Support Systems : mengatur informasi yang bertugas untuk mengambil keputusan yang bersifat tidak rutin

– Intelligent Systems : memiliki tugas untuk memberikan pengetahuan kepada seorang beginner sampai seorang expert untuk menggunakan mesin belajar

– End- User Computing : Penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem seperti analis, manajer, dan profesional.

– Knowledge Management System : berguna untuk mendukung, menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan dan menyebarkan pengetahuan dari suatu organisasi.

Kesimpulan :
1. IT arsitektur informasi detail kebutuhan dan bagaimana kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.
2. Infrastruktur IT terdiri atas semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputer.
3. Sistem informasi dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe (TPS, MIS, Support, Intelligent)
4. Sistem informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php