Yoris Prayogo

Pengenalan teknologi informasi

Posted: September 6th 2012

IT dalam Lingkungan Bisnis

Dalam dunia yang dewasa ini, semua bidang kehidupan tidak pernah lepas dari yang namanya teknologi, begitupula dengan bisnis, pada jaman sekarang orang orang akan berusaha mencari cara agar bisa memproduksi lebih banyak tetapi dengan sumber daya yang terbatas. Dengan berkembangnya IT maka hal tersebut bukanlah tidak mungkin. Dan juga persaingan bisnis pada jaman sekarang ini semakin ketat, dengan melibatkan IT niscaya semua itu dapat dihadapi.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari bisnis pada jaman sekarang :
1.Rapid Change
2.Complexity
3.Global Economic
4.Hyper-competition
5.Customer Focus

Tekanan tekanan yang dihadapi dalam bisnis dapat berbentuk sbb :
1.Real Time operations (seperti penerbangan, e-ticketing, siaran langsung, e-banking dll)
2.Berorientasi kepada konsumen
3.Peraturan Pemerintah
4.DLL..

Agar dapat bertahan atau bersaing dalam dunia bisnis sekarang ini si pelaku bisnis hendaknya mencari solusi untuk dapat bersaing, solusi tersebut adalah IT. Sebagai contoh di sebuah perusahaan masih menggunakan cara manual untuk mengetik yaitu dengan mesin ketik, tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan, karena dibutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan komputer tentu akan jauh berbeda dan lebih cepat.

Dalam beberapa kasus, IT merupakan satu satunya solusi untuk menghadapi tekanan dalam dunia bisnis. Maka dari itu pengetahuan tentang IT sangatlah penting pada dunia bisnis jaman sekarang. Karena hampir semua hal itu tidak terlepas dari IT.

IT menawarkan hal hal yang menarik seperti E-Ticketing, E-Banking dll, dengan IT semua hal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Struktur organisasi , manajemen, dan proses bisnis seringkali diganti dengan IT karena dapat mempersingkat pekerjaan menjadi lebih mudah, berorientasi pada konsumen, dan penyimpanan informasi yang lebih baik. Di bidang IT peluang kerja dan karir sangat terbuka luas. Dan juga IT mempengaruhi semua area bisnis.

Data Merupakan data mentah yang sudah dikumpulkan namun belum terorganisir. Sedangkan Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi informasi. Pengetahuan adalah informasi yang sudah terorganisir yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Literatur komputer merupakan Pengetahuan dan penggunaan komputer.

Komputer berbasis sistem informasi adalah penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang dan proses untuk menghasilkan suat informasi yang berguna. (Shelly, Cashman, Vermaat, 2004)

Suatu komputer terdiri atas
– Input
– Process
– Output
– Storage
– Communication/Network

Input Device : merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi (cth keyboard, mouse, webcam)
Output Device : merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pengguna (cth monitor, speaker, printer)
Sistem Unit : Casing kotak yang digunakan untuk menyimpan komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data.

Ada 2 buah komponen utama yang terdapat didalam motherboard yaitu CPU dan Memory. CPU disebut juga prosesor yang fungsinya untuk menyampaikan pesan /intruksi kepada komputer tentang apa yang harus dilakukan, sedangkan memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data dan intruksi.

Contoh penggunaan komputer dalam masyarakat antara lain : bidang pendidikan, keuangan, pemerintahan, pengetahuan, industri, kesehatan dll.

Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis, dan juga menyebarkan informasi tersebut untuk tujuan tertentu
Sebuah informasi harus bersifat akurat (bebas dari kesalahan), komplit (mencakup semua hal yang dibutuhkan), dan dapat dipercaya, tepat waktu, aman (bebas dari campur tangan pihak lain yang disengaja maupun tidak), dapat diverifikasi kebenarannya, dan mudah didapat

Kesimpulannya adalah bisnis pada jaman sekarang banyak sekali menghadapi tekanan, dan IT menyediakan alat alat dan kemampuan untuk menghadapi tekanan tekanan tersebut. Pengetahuan tentang IT dan pengaplikasiannya akan membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka agar lebih maju.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php