diva1903

Semangat Melestarikan Burung Cendrawasih!

Posted: December 9th 2020

Apa itu burung cendrawasih?
Burung Cendrawasih merupakan anggota dari famili Paradisaeidae dan dari ordo Passeriformes. Burung ini memiliki ukuran yang beragam tergantung dari spesiesnya. Jenis Cendrawasih yang paling terkenal adalah Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda yang berasal dari genus Paradisaea. Karakteristik utama burung ini adalah warna bulunya yang cerah dan menarik perhatian seperti kuning, hijau, merah, dan biru. Cendrawasih biasanya dinamakan sesuai dengan warna dominannya, seperti Cendrawasih Kuning Kecil, Cendrawasih Kuning Besar, dan Cendrawasih Merah.

Cara Melestarikan Cendrawasih dengan Mudah berikut agar kita di masa depan masih mampu melihat dan menikmati keindahannya.

Penangkaran di Lokasi Perlindungan Penangkaran atau pengembang biakkan burung cendrawasih dapat dilakukan di lokasi perlindungan atau pihak yang bersungguh sungguh membudidayakan untuk memperbanyak populasi, bukan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan jual beli dan bisnis. lokasi perlindungan tentu lebih aman karena menjamin burung cendrawasih dari berbagai hal berbahaya seperti dicuri atau diburu.

Mengembangbiakkan Mengembangbiakkan jelas menjadi cara terbaik untuk memperbanyak populasi burung cendrawasih. sebab itu pembudidaya wajib banyak belajar dan memahami semua cara mulai dari perawatan awal, cara mengkawinkan, cara merangsang agar cepat bertelur, juga cara perawatan anak burung cendrawasih sehingga proses pengembang biakkan sungguh sungguh dijalankan dan memberikan hasil yang nyata.

Tidak Memburu jelas bahwa cara melestarikan burung cendrawasih tentu dengan tidak memburunya. memburu dapat beresiko menyakiti, menimbulkan stres, dan akhirnya menyebabkan kematian. apalagi jika perburuan dilakukan untuk kepentingan pribadi seperti keinginan untuk memelihara dan menjadikan hiasan di rumah namun tidak disertai dengan perawatan yang terbaik.


5 responses to “Semangat Melestarikan Burung Cendrawasih!”

  1. sharonrose says:

    Artikelnya menarik sekali. Semoga semakin banyak orang peduli dan juga mendorong aksi konservasi terhadap burung cendrawasih

  2. clarissaangelina16 says:

    Informasi yang sangat menarik serta dapat menambah wawasan mengenai bagaimana cara melestarikan cendrawasih. Semoga cendrawasih tidak punah dan banyak masyarakat yang semakin tersadar akan kelestarian cendrawasih 😊

  3. Artikel yang menarik, menambah wawasan opsi opsi untuk melakukan pelestarian spesies burung cendrawasih yang terancam punah

  4. Ryu says:

    Artikel yang menarik dan mengedukasi untuk melestarikan cendrawasih

  5. anastasianovita219 says:

    Artikelnya menarik, semoga orang-orang di sekitar dapat ambil bagian dalam melestarikan burung cenderawasih ini ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php