Portal Diskusi Informasi Terbaru

Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa!

Posted: July 10th 2019

Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa! Game online memiliki beberapa arti, Game Online disebutkan mengacu pada sejenis games yang dimainkan melalui jaringan komputer, umumnya dimainkan dalam jaringan internet, menggunakan komputer pribadi atau alat/console khusus video game. Jaringan ini ialah internet atau teknologi setara, game akan selalu beradaptasi dengan teknologi yang berkembang saat ini. Banyak Game Online terkait komunitas online, membuat game online menjadi suatu bentuk kegiatan sosial di luar permainan. Dari semua ini dapat disimpulkan bahwa game online merupakan permainan yang dapat menghubungkan berbagai orang dari tempat dan asal yang berbeda-beda dan kemudian berinteraksi dan membentuk komunitas di dunia maya.

Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa
Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa

Pengaruh Game Online pertama kali dimulai sejak tahun 1969, ketika itu permainan game online hanya dibuat untuk dua orang user yang kemudian terus dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan dan edukasi saja. Pada awal tahun 1970, diciptakan sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan kita belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain.

Game Online benar-benar mengalami perkembangan pesat pasca tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat kebebasan akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan keuangan menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan permainan sangat berkembang hingga hari ini.

Hal ini pula yang menyebabkan game online menjadi tren dikalangan mahasiswa khususnya di Makassar. Hampir seluruh penghuni yang duduk di sebuah kedai kopi ataupun warung kopi pasti memanfaatkan fasilitas wi-fi untuk bermain sepuas-puasnya. Game Online banyak memberikan dampak negatif dan positif disemua kalangan masyarakat hari ini, baik mahasiswa maupun orang-orang yang ada kaitannya dengan Game online.

Bagaimana Cara Memisahkan Anak-Anak Dari Video Game?

Saat ini ada banyak sekali jenis permainan atau Game yang ditawarkan pada konsumen, mulai dari jenis game petualangan, olahraga, strategi, adu otak, dan masih banyak lagi jenis game yang tak dapat saya sebutkan semua. Namun dari sekian banyaknya game, game yang lagi di gemari oleh berbagai masyarakat saat ini adalah COC (Clash Of Clans). Permainan ini termasuk game yang lagi booming atau trend. Bukan hanya kalangan Mahasiswa saja tetapi semua kalangan mulai dari anak-anak, orang tua, dosen. Bahkan pejabat pun tak ingin ketinggalan dengan game bergenre strategi ini.

Setiap hari bahkan setiap detiknya, kita tak bisa lepas dari smartphone karena berbagai fitur-fitur maupun aplikasi yang ditawarkan hanya untuk memuaskan konsumen. Tanpa kita sadari aplikasi atau jenis game yang di tawarkan setiap harinya membuat kita kecanduan seperti menkonsumsi narkoba.

Jika anda ingin tahu tentang game silahka kunjungi link dominoqq ini.

Dari kecanduan bermain game online, akan berpengaruh pula pada masalah psikologis kita, seperti :

  • Cemas, frustrasi, cepat marah dan sering kebingungan baik di kampus maupun di rumah.
  • Perasaan bersalah ketika bermain
  • Terus bermain meskipun sudah tidak menikmati permainan lagi.

Masalah dalam kehidupan sosial seperti mulai susah bergaul dan sering bekelahi dengan teman. Sering merasa paling benar, merasa paling tahu segala hal dan selalu merasa lebih hebat, ditambah lagi sering menyalahkan orang.

Baca Juga : https://blogs.uajy.ac.id/diskusi/panduan-bertahan-hidup-di-game-cry-of-fear/

Masalah finansial selalu menghantui si pemain game online tersebut, sehingga rela melakukan apapun untuk mendapatkan uang demi permainan tersebut.

Sebenarnya bermain Game Online apapun jenisnya boleh-boleh saja. Tetapi sangat memprihatinkan apabila kita tidak menyesuaikan dengan jadwal kita sehari-hari karena apabila kita kecanduan bermain game. Maka bukan tidak mungkin bermain game akan menjadi kebutuhan utama. Ada banyak sekali contoh kasus di dunia ini bahkan game online.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php