Sepeda Mengubah Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis yang Bernilai Jutaan

Sepeda Mengubah Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis yang Bernilai Jutaan – Bagi Niraj Taksande, Bhushan Karn dan Jigar Vora, tiga pengendara sepeda motor yang bersemangat, salah satu masalah terbesar dalam setiap perjalanan petualangan adalah menemukan mekanik yang tepat untuk mencuci dan memperbaiki sepeda mereka. Setiap pusat layanan yang mereka temukan membutuhkan satu hari penuh hanya untuk mencuci dan memperbaiki sepeda.

Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis
Mencuci Sepeda Menjad Bisnis

Ketiganya memutuskan ada potensi bisnis di sini, jika mereka dapat menggunakan latar belakang IIT dan IIM mereka untuk merancang teknologi yang dapat Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis dalam hitungan menit. Penelitian ekstensif dilakukan, dan mereka mengembangkan prototipe dan meluncurkan Express Bike Works (EBW). Produk mereka, menurut mereka, adalah mesin cuci sepeda tercepat di dunia.

Formula empiris yang dikembangkan oleh para pendiri bekerja pada kombinasi tekanan air, jarak penyemprotan, dan larutan sabun yang dapat terurai secara hayati. “Penggunaan tekanan, volume dan jarak semprotan yang paling efektif memastikan kotoran dan butiran dihilangkan. Larutan sabun yang dapat terurai secara biologis menutupi seluruh tubuh, yang dibilas oleh nozel – ini memastikan semua bagian sepeda dicuci secara menyeluruh, ”kata salah satu pendiri Niraj.

Yang juga membedakan Express Bike Works adalah penggunaan air dan listrik secara optimal dalam prosesnya. EBW mengklaim hanya menggunakan 10 liter air per sepeda. Ini juga memiliki komponen daur ulang built-in, yang juga mendaur ulang air.

EBW ingin menjual alat beratnya ke pabrikan roda dua agar dapat digunakan di seluruh dealer perusahaan. Saat ini Hero MotoCorp adalah klien EBW dan juga menjalankan demo dengan pembuat roda dua lainnya.

Selain membuat dan menjual mesin cuci sepeda, EBW juga telah mendirikan pit stop bermerek sendiri dengan merek The EBW Store yang mencuci sepeda hanya dalam dua menit. 

EBW mendirikan gerai pertamanya di Mumbai. Saat ini, ia memiliki 26 toko, tidak hanya di seluruh India, tetapi juga di lima negara lain – Kolombia, Rwanda, Indonesia, Thailand, dan Nepal, dan telah melayani lebih dari 10 lakh sepeda hingga saat ini.

Toko EBW tidak hanya untuk mencuci sepeda, tetapi juga melindungi dari karat dan kerusakan cat. Mereka juga menyediakan layanan perawatan cepat – yang mencakup penggantian oli, pelumasan, pemulihan rantai, perawatan break and clutch, dan perawatan kelistrikan.

Bagaimana Cara Memulai Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis?

EBW juga menawarkan layanan bantuan di jalan di India dan mengklaim untuk memberikan bantuan kurang dari lima menit.

Untuk tokonya, EBW telah bermitra dengan Indian Oil Corporation Limited (IOCL), Bharat Petroleum Corporation Limited (BPCL) dan Hindustan Petroleum Corporation Limited (HPCL) untuk mendirikan stasiun EBW eksklusif di seluruh stasiun bahan bakar mereka.

Sebuah studi kasus untuk sukses

Pada saat startup berjuang untuk mendapatkan ekonomi unit mereka dengan benar dan mencapai profitabilitas, EBW adalah salah satu dari sedikit kasus yang berhasil menghasilkan keuntungan hanya setelah tahun pertama beroperasi.

Dan bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama, USP terbesarnya adalah kecepatan pencucian sepeda pengguna. Membuat mesin di rumah mengurangi biaya bagi perusahaan dan juga memungkinkannya terus memperbaikinya. “Kami terus meningkatkan komponen dan teknologi. Kami selalu berupaya menyempurnakan produk, ”kata Niraj.

 Dalam hal tokonya, EBW memilih untuk menggunakan model waralaba daripada toko milik perusahaan untuk membangun jaringannya yang luas. Hal ini menurunkan biaya untuk membeli atau menyewa tanah yang membuat modal bisnis menjadi ringan.

Hingga saat ini, EBW telah menjual lebih dari 50 waralaba, menyediakan mesin dan material terkait kepada penerima waralaba. Selain itu, ini membantu penerima waralaba dalam menjalankan bisnis, dengan dukungan pemasaran operasional, selain dari saluran bantuan online.

Baca Juga : Tutorial Mudah Memajukan Bisnis dengan Teknologi Baru

Dalam hal pendapatan, EBW membebankan royalti kepada pewaralaba, yang berbeda dari kasus ke kasus. Dalam beberapa kasus, pewaralaba bekerja di bawah mekanisme bagi hasil, dan dalam beberapa kasus itu merupakan persentase tetap dari pendapatan.

Dalam menumbuhkan bisnis, Niraj mengatakan, fokusnya selalu pada profitabilitas daripada skalabilitas. “Kami memastikan bahwa kami memiliki model pendapatan dan ekonomi unit yang baik dan menghasilkan keuntungan Mencuci Sepeda Menjadi Bisnis di tingkat toko dan kemudian fokus pada skala,” katanya, menambahkan bahwa mereka tidak pernah terlalu fokus untuk menangkap lebih banyak pelanggan. Begitu keuntungan ada, skalabilitas mudah, katanya.