Portal Diskusi Informasi Terbaru

Harga Bata Merah dengan Bata Ringan Mana yang Lebih Ekonomis´╗┐

Posted: March 8th 2019


Harga Bata Merah dengan Bata Ringan Mana yang Lebih Ekonomis. Menggunakan bata merah sebagai bahan pengisi dinding sudah sangat banyak Anda lihat di berbagai bangunan sejak dahulu sampai saat ini. Bahan material ini seolah memiliki tempat tersendiri di hati para pemakainya. Akan tetapi, bagaimana dengan bahan material lain?

Bata Merah
Bata Merah

Meskipun saat ini sudah banyak bahan bangunan yang menggunakan teknologi tinggi serta beragam gabungan rekayasa konstruksi contohnya bata ringan. Namun, bata merah tetap mempunyai kelebihan tersendiri. Karena kekuatannya dan mencarinya pun tidak terlalu sulit. Hampir ditiap bangunan memakai bata merah bagain konstruksi bangunan.

Harga bata merah dengan ukuran 24 x 12 x 6 cm terbilang cukup murah dan juga mudah didapat. Bata merah merupakan bata konvensional yang bahan dasarnya berupa tanah liat atau lempung. Proses pembuatannya pun masih dilakukan secara tradisional. Oleh karena itu, bila diperhatikan dengan teliti, baik ukuran serta tekstur dari bata merah tidak sama persis.

Bahan material dari bata merah dibuat dengan tanah liat dan beberapa mineral lain yang dibentuk dalam ukuran tertentu. Lalu dikeringkan di bawah sinar matahari dan setelah proses pengeringan, masuk ke tahap pembakaran dalam tungku untuk membuat bata tersebut jadi kuat. Tapi, bukan berarti bata yang mempunyai tampil natural ini tidak ada saingan, seiring dengan berkembangnya teknologi, selain bata merah, terdapat juga bata ringan.

Bata ringan merupakan material yang mirip beton dan sifatnya kuat, tahan air serta api, juga awet. Biasanya bata ringan dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin teknologi tinggi. Karena bata ringan umumnya cenderung lebih ringan daripada bata merah, teksturnya juga lebih halus, dan memiliki tingkat kerataan yang cukup baik. Namun, harga bata merah lebih murah dari bata ringan.

Walaupun teksturnya tidak rata dan pembuatannya masih tradisional, bata merah memiliki kelebihan lain, yaitu ukurannya yang kecil mudah untuk pengangkutan, bisa digunakan untuk membentuk bidang kecil, harganya murah, mudah didapat, saat pemasangan tidak membutuhkan perekat khusus, dan bahan material ini tahan terhadap panas sehingga bisa jadi pelindung tersendiri untuk bangunan Anda dari api.

Kemudian bagaimana dengan bata ringan? Material bangunan yang panjangnya 60 cm, tinggi 20 hingga 40 cm serta tebal 75 cm, berbahan dasar dari pasir kwarsa, kapur, semen, alumunium, sedikit gypsum dan air. Salah satu kelebihan dari bata ringan ini ialah mempunyai ukuran yang sama sehingga ketika dipasang akan menghasilkan bentuk dinding yang rapi. Namun harganya lebih mahal dari harga bata merah.

Bata ringan tidak memerlukan siar yang tebal jadi Anda bisa hemat penggunaan perekat, bahan materialnya lebih ringan dari bata merah sehingga bisa memperkecil beban struktur. Pemasangannya lebih cepat daripada bata merah, dan memiliki ketahanan yang baik pada gempa bumi. Bata ringan memang bobotnya jauh lebih ringan, tapi untuk pengaplikasiannya memerlukan bahan yang cenderung mahal.

Sementara itu, harga bata merah yang berkualitas memiliki bobot sedikit lebih berat, namun unggul dalam hal pekerjaan. Penerapan bata ringan dan bata merah untuk rumah tinggal sebenarnya boleh, tergantung pada kebutuhan. Tapi, untuk bangunan seperti rumah tinggal, disarankan memakai material bata merah karena bisa menekan pengeluaran dalam pekerjaan pemasangan dinding.

Demikianlah uraian mengenai bahan material ekonomis antara harga bata merah dengan bata ringan. Semua kembali pada Anda, apakah ingin menggunakan bata ringan atau bata merah untuk kekokohan dan kenyamanan rumah Anda.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php