Portal Diskusi Informasi Terbaru

Cara Merawat Burung Kicauan Secara Umum

Posted: January 7th 2019

Cara Merawat Burung Kicauan Secara Umum

Description: cara-merawat-burung-kicauan.png

Merawat burung kicauan menjadi hal yang harus dilakukan oleh pemilik burung itu sendiri , agar burung tersebut mampu mengeluarkan kicauan terbaiknya, terlebih lagi burung tersebut mau di ikut lomba kicauan.

Secara umum dalam merawat burung kicauan, tentunya tidak terlalu beda, akan tetapi untuk detailnya di seuaikan dengan karakter burung itu sendiri, karena setiap burung memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Namun , hal yang penting dalam melakukan perawatan tentunya menjaga kesehatan burung kicauan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, karena burung dalam masa perawatan untuk mendapatkan kicauan yang indah tentunya hal terpenting adalah ketika burung itu sendiri dalam keadaan sehat.

Burung yang sehat bisa dilihat dari seringnya burung tersebut aktif dan juga rajin untuk berkicau, meskipun burung tersebut memiliki kicauan yang menurut kicau mania kicauannya biasa saja atau masih tahap belajar. Akan tetapi dengan seringnya burung berkicau, maka akan membuatnya melatih kualitas sura dan kicauannya secara langsung.

Ada banyak hal yang dapat mendorong burung itu sendiri mampu untuk berkicau dengan maksimal dan menjaga kesehatannya, seperti memandikan dan menjemurnya setiap hari, pemberian pakan berkualitas,membersihkan kandang dan lainnya sebagainya yang sebentar lagi akan kalian dapatkan dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Cara Merawat Burung Kicauan Secara Umum

 Banyak factor yang mempengaruhi burung kicauan mampu berkicau dengan baik dan tentunya harus dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalkan temen-temen hanya melakukan masteran saja secara rutin dan mengabaikan perawatan lainnya, maka hal tersebut tidaklah mendapatkan hasil yang maksimal di banding di barengi dengan perawatan harian yang tepat.

  1. Masteran Burung

Masteran burung kicauan di ibaratkan melatih burung itu sendiri dengan memberikan contoh suara yang di putar.

Banyak pilihan yang bisa kalian pakai untuk suara masteran, entah itu masteran dari suara burung langsung dan juga suara burung dari Mp3. Untuk bisa mendapatkan kumpulan Download suara burung masteran, maka bisa mengunduhnya di Internet, seperti yang telah di sediakan oleh Kicaumania.net .

  • Memandikan dan menjemur

Setiap burung butuh untuk di mandikan dan juga dijemur, meskipun lama dan waktu penjemurannya berbeda-beda, sesuai dengan karakter burung itu sendiri.  

Akan tetapi, bagaimanapun jenis burung yang dimiliki, dengan memandikannya dapat membuat burung itu sendiri menjadi segar bugar dan terpenting lainnya adalah dapat membuat bulu yang kotor yang disebabkan oleh kuman dan kotoran yang menempel pada burungnya menjadi bersih. Terlebih burung tersebut dimandikan dengan menggunakan cairan anti bakteri yang bisa membunuh kuman ketika di mandikannya.

  • Membersihkan kandang

Kandang merupakan tempat tinggal bagi burung itu sendiri, jika burung tersebut dangat bersih maka kenyamanan bagi burung tersebut menjadi terjaga. Selain itu dapat membuat kesehatan burung itu terjaga, seperti yang telah di sampaikan di atas, dengan menjaga kesehatan tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan burung itu sendiri.

Kandang yang kotor bisa di sebabkakn oleh berbagai macam hal, seperti sisa pakan dan kotoran yang tercampur di bawah kandang, air minum yang kotor yang sudah tercampur dari pakan dna lain sebagainya.

Maka dari itu perhatikan kebersihan kandang burung itu sendiri, dan bersihkan secara rutin dan jangan tunggu hingga kotor dan bau.

Dan jangan lupa berikan pakan yang berkualitas dengan nilai gizi yang seimbang, hingga burung terebut tercukupi Gizinya dengan memberikan pakan yang mengandung protein, karbohidrat,serat, kalori dengan seimbang.

Demikianlan cara merawat burung kicauan secara umum yang bisa di terapkan sekarang juga pada burung peliharaanya kicau mania Indonesia.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php