Cara Bermain Clash of Clans Pemula Mudah dan Cepat

Cara Bermain Clash of Clans Pemula Mudah dan Cepat – Bagi gamers, tentunya sudah tidak asing lagi dengan permainan pertahanan perang yang satu ini. Apalagi jika bukan permainan Clash of Clans yang sangat seru dan menantang untuk dimainkan. Sebenarnya permainan Clash of Clans adalah permainan yang muncul karena si pembuat terinspirasi dengan permainan anime.

Clash of Clans
Clash of Clans

Cara main Clash of Clans pemula sangat mudah, hanya membuat pertahanan perang sekuat-kuatnya agar musuh yang dapat menembus dan membobol town hall dan resources yang Anda mainkan. Tips agar tidak ada musuh yang bisa menembusnya, yakni Anda harus membuat pasukan sekuat mungkin agar dapat membombardir pertahanan musuh dan dapat menghancurkan town hall dan mengambil resourcenya. Nah, itulah inti dari cara bermain Clash of Clans yang membutuhkan strategi ampuh untuk membangun benteng ataupun pasukannya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cara bermain permainan Clash of Clans sangat mudah dan sederhana. Meskipun permainan Clash of Clans sendiri merupakan permainan yang diadaptasi dari anime. Namun bagi Anda seorang pemula, Anda pun juga dapat memainkan permainan yang menantang ini dan jangan khawatir mengenai cara memainkannya karena kami akan memberikan beberapa tips untuk memainkan permainan Clash of Clans bagi pemula.

Perlu Anda ketahui, awalnya permainan Clash of Clans dirilis oleh Super Cell pada pertengahan tahun 2012 dan hanya dapat dimainkan oleh pengguna device dari gadget produksi Apple, yakni iPad atau iPhone. Namun dengan hadirnya sebuah smartphone android membuat permainan yang berjenis strategi ini merambah juga di Google Playstore dan bisa dinikmati oleh pengguna android. Terlebih lagi dengan hadirnya tips cara main Clash of Clans pemula yang sangat mudah, tentu hal ini akan membuat para gamers ketagihan. Jika Anda ingin memainkan game seru lainnya kunjungi dndpoker

Mungkin bagi pemula yang pertama kali memainkan permainan Clash of Clans akan melakukan beberapa kesalahan dalam melakukan beberapa langkah cara bermain permainan Clash of Clans. Sehingga agar Anda tidak melakukan kesalahan yang terus berulang, maka kami akan memberikan tips bermain permainan Clash of Clans bagi pemula.

Pada dasarnya, permainan Clash of Clans merupakan permainan online sehingga untuk memainkannya Anda harus menghubungkan ke jaringan internet. Cara main Clash of Clans pemula selain dimainkan menggunakan smartphone, Anda pun bisa juga memainkannya menggunakan PC.

Apabila akan memainkannya menggunakan PC maka harus mendownload emulator dari permainan Clash of Clans terlebih dahulu. Meskipun permainan ini bisa dibilang permainan yang tidak mempunyai grafik yang sangat signifikan akan tetapi banyak gamers yang ketagihan memainkan permainan ini apalagi banyak pemula yang tertarik untuk memainkan permainan strategi perang ini.

Permainan clans of clan merupakan permainan yang sifatnya online sehingga jika Anda ingin memainkannya Anda harus siap bersaing dengan teman-teman Anda dan bahkan bersaing dengan orang-orang lainnya yang juga memainkan permainan ini. Namun bagi Anda pemula tidak perlu khawatir cara main Clash of Clans pemula ini karena tips yang akan kami bagikan sangat sederhana dan tidak ribet.

Apalagi jika kalian sudah memainkan permainan ini berbulan bulan tentu akan lebih mengerti semua trik strategi pertahanan yang jitu. Menariknya dari permainan ini adalah cara main permainan Clash of Clans ini bisa dimainkan secara individu maupun berkelompok. Pemain dari permainan Clash of Clans dapat bergabung dengan clans lainnya dengan tujuan untuk menyerbu desa lainnya namun desa tersebut sudah bergabung dengan clans lainnya juga.

Bagi Anda yang sudah pernah memainkan permainan Clash of Clans tentu sudah paham dengan kerumitannya membangun kota, membangun pasukan perang, menyerang pertahanan clash of clans dan juga membangun sebuah clan. Namun bagi Anda yang belum pernah memainkannya, tentu akan sangat kebingungan. Maka dari itu, berikut ini tips cara main Clash of Clans pemula, simak baik-baik ya.

Membuat akun dengan email

Setelah download clash of clans, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun bermain dengan menggunakan akun email Google. Akun email Google ini merupakan alat yang digunakan agar progress permainan yang Anda mainkan bisa disimpan dan dapat dilanjutkan saat bergonta ganti devices.

Sebaiknya Anda menggunakan email pribadi yang dikhususkan untuk bermain permainan ini karena apabila Anda bosan dan village Anda sudah bagus maka bisa dipindah tangankan dengan dijual. Sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Anda harus menggunakan akun email khusus bermain permainan ini.

Ikuti Tutorialnya

Cara main Clash of Clans pemula, Anda akan mendapatkan sebuah petunjuk yang dapat di lewatkan atau bisa dilanjutkan. Sehingga agar Anda bisa bermain permainan ini, Anda harus memperhatikan dengan seksama tutorial atau petunjuk cara bermain permainan Clash of Clans ini. Di tutorial awal bagi pemula Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat bangunan, cara bertahan dari musuh dan melakukan serangkaian serangan dengan musuh. Tips yang penting namun amat berbahaya adalah bagaimana cara mempercepat pekerjaan yakni dengan menggunakan gem.

Bagaimana Cara Memainkan Game Clash of Clans?

Beli builder

Di awal permainan, Anda akan mempunyai 2 builder yang bisa dibeli dengan elixir. Akan tetapi, untuk membeli builder ketiga dan keempat, Anda harus membelinya dengan menggunakan gem. Jadi, Anda harus menabung gem yang banyak dan jangan menggunakan gem yang Anda miliki untuk mempercepat pekerjaan.


Membangun castle clan dan bergabung dengan clan

Jika dalam permainan Anda menemui sebuah daerah desa dan ada castle clan yang rusak maka jika Resources Anda sudah cukup akan bisa digunakan untuk memperbaiki castle dan dapat langsung bergabung dengan clan. Dalam permainan ini ada banyak sekali clan yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Namun, agar tidak melakukan kesalahan lagi baca syarat yang telah tersedia untuk bermain dengan clan tersebut.

Farming untuk mengupgrade defense dan troops

Pertahanan terbaik dari permainan ini adalah menyerang atau farming. Jika Anda dirampok oleh orang dan 100.000 gold dan elixir hilang maka Anda harus dapat merampok dan mendapatkan sejumlah 200.000 gold elixir. Maka dari itu, Anda harus mengupgrade troops yang sering digunakan.


Perlu Anda ketahui bahwa dalam pemilihan lawan di permainan ini bukan berdasarkan tingkat town hall atau berdasarkan level yang Anda miliki namun pemilihan lawan didasarkan pada trophy. Nah, apabila trophy yang Anda miliki semakin tinggi maka semakin kuat lawan yang harus Anda hadapi. Intinya dari cara main Clash of Clans pemula ini adalah melakukan pertahanan dan menyerang, jadi tips bagi Anda harus bisa bertahan, menyerang dan mengupgrade castle serta jangan sampai dirampok gold dan elixir yang Anda miliki.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa cara main Clash of Clans pemula yaitu dalam permainan ini Anda harus membuat gem yang merupaka salah satu fitur clash of clans. Nah gem merupakan suatu hal yang mahal di permainan ini. Anda hanya dapat mendapatkan gem ini melalui 3 cara yaitu achievement, bersih-bersih kotoran di sebuah desa dan membeli dengan menggunakan kartu kredit atau seller.

Karena harga gem ini sangat mahal, jadi Anda harus menghematnya dengan tidak menggunakannya untuk hal yang tidak penting. Kesalahan para pemula yakni jika sudah mendapatkan gem maka akan mempergunakannya untuk mempercepat kinerja atau untuk membeli Shields, padahal hal tersebut amat tidak perlu dilakukan. Sebaiknya simpan gem baik-baik agar untuk membeli builder di tahap ke tiga dan ke empat.


Memang jika masih awal, permainan builder 3 dan 4 rasanya sangat banyak dan sering menganggur. Namun jika sudah mencapai town hall di tingkat 7 ke atas maka keberadaan builder baru sangatlah penting. Untuk itu, harap selalu menyimpan gem yang telah Anda miliki dan jangan mempergunakannya untuk hal yang tidak penting.

Cara main Clash of Clans pemula memang mudah karena apabila semakin banyak builder yang Anda miliki maka semakin cepat pula akun Anda berkembang sehingga akan naik ke level menengah hingga ke level tingkat atas. Level di tingkat menengah hingga atas akan membutuhkan banyak sekali builder yang digunakan untuk membangun dan mengupgradenya. Builder yang memiliki kualitas baik adalah 4 builder atau 5 builder yang membutuhkan gem yang banyak.

Di dalam permainan permainan Clash of Clans jika Anda ingin bergabung dengan clan harus membaca syarat terlebih dahulu. Karena biasanya terdapat clan yang menentukan jumlah minimal trophy, minimal donat yang dimiliki dan lainnya. Cara main Clash of Clans pemula yang mudah dan wajib diketahui adalah bergabung dengan clan lain.

Sebaiknya jika Anda ingin bergabung dengan clan lainnya, bergabunglah dengan clan yang tidak menentukan minimal donate karena sejak awal permainan Andalah yang membutuhkan minimal donate yang sangat banyak. Namun bagi Anda seorang pemula sebaiknya jangan terlalu ambisi untuk memiliki banyak trophy karena sebenarnya trophy tidak amat penting bagi pemula. Justru yang terpenting bagi pemula adalah memiliki sedikit trophy karena akan terus dikelompokkan dengan lawan yang lemah.

Baca Juga : Cara Bermain Game of Sultans


Jika Anda ingin mengupgrade defense dan troops maka Anda bisa mengupgrade giant, archer, wall breaker maupun wizard. Akan tetapi pilihan upgrade tersebut memang sesuai selera masing-masing yakni didasarkan pada metode serangan yang Anda gunakan. Sehingga untuk berjaga-jaga fungsi defense jangan sampai terlupakan. Apalagi cara main Clash of Clans pemula yang sekarang ini terdapat mode perang antar clan sehingga mengupgrade defense sangat penting.

Tujuan Anda mengupgrade defense adalah untuk memperlambat serangan lawan. Meskipun Anda bisa mengupgrade dengan cepat, namun jangan cepat-cepat menaikkan level town hall akun clash of clan. Namun sebaiknya menaikkan level pertahanan dan pasukanmu dahulu hingga tingkat yang full. Barulah setelah pasukan yang Anda miliki level full maka bolehlah Anda menaikkan level town hall. Itulah tips cara main permainan Clash of Clans pemula yang mudah untuk dipraktekkan bagi pemula.