Portal Diskusi Informasi Terbaru

Apa Itu Internet dan Manfaatnya

Posted: March 27th 2019


Apa Itu Internet dan Manfaatnya?
Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

apa itu internet

Menurut informasi terkini Akses internet sekarang semakin tinggi setiap waktu. Distribusi perangkat mobile canggih yang memiliki fitur akses internet dengan mudah membuat angka pengguna internet semakin meningkat. Apa itu internet ? mungkin Anda masih bingung.

Apa itu internet ? Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Apa Itu Internet dan Manfaatnya ?

Seiring berkembangnya zaman serta makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melahirkan berbagai dampak baik dampak positif maupun dampak yang negatif. Dampak positif tentu saja merupakan hal yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kemaslahatan kehidupan manusia di dunia termasuk di negara Indonesia sebagai negara berkembang, yang mana hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini diramu dalam berbagai bentuk dan konsekuensinya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dampak negatif yang timbul dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus juga dipikirkan solusinya karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada kehidupan manusia, baik kehidupan manusia secara fisik maupun kehidupan mentalnya. Etika dalam menggunakan Internet sangat penting sekali bagi semua pengguna internet.

Tentu saja, untuk mendapatkan layanan internet ini membutuhkan perangkat komputer dan jaringan komputer serta pendukung tambahan demi tercapainya penghubungan antar komputer secara efektif.

Fungsi internet dapat digunakan sebagai sarana komunikasi tanpa batas, dan juga sebagai sumber informasi dan pengetahuan di internet ini didapatkan dari berbagai banyaknya website yang menyediakan lengkap untuk Anda.

Secara Umum Fungsi dan Manfaat Internet yaitu:

  • Media Informasi – Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas mesin pencari membantu memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia.
  • Alat Komunikasi – Internet dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media)
  • Sarana pendukung kegiatan pendidikan – Internet membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan.
  • Sarana pendukung kegiatan ekonomis – Internet dapat menjadi media jual-beli secara online dan mendukung kegiatan finansial lainnya (e-commerce dan e-banking).
  • Sarana hiburan – Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur dan dapat pula sebagai sarana penyaluran ide kreatif. Itulah beberapa ulasan tentang internet. apa itu internet ? Anda pasti sudah paham akan hal itu.

Baca juga tentang Panduan Bagi Pemula untuk Bermain Video Game!

Itulah beberapa ulasan tentang internet. apa itu internet ? Anda mungkin sudah paham. Semoga bermanfaat


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php