Portal Diskusi Informasi Terbaru

Cara Hemat Liburan Akhir Tahun Tanpa Harus Bikin Tabungan Jebol

Posted: December 6th 2018

Cara Hemat Liburan Akhir Tahun Tanpa Harus Bikin Tabungan Jebol

Liburan Berhemat

Liburan Berhemat

Liburan akhir tahun menjadi momen yang tidak pernah dilewatkan bersama keluarga maupun sahabat tercinta. Nah, kira-kira sudah ada rencana liburan tahun baru ke mana?

Supaya tabungan tidak jebol, ada beberapa tips berhemat untuk tetap bisa liburan tahun baru bersama. Momen libur panjang seperti ini tentu akan lebih terasa jika diisi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti menyewa villa di kaki pegunungan, atau mengunjungi kampung halaman dan keliling tempat wisata di sekitarnya.

Jika sudah terpikir untuk liburan bersama, berikut ini beberapa tips untuk berhemat selama liburan akhir tahun.

Siapkan rencana lebih awal

Jangan pernah liburan tanpa rencana apalagi saat high season. Setiap kali liburan panjang bukan hanya harga transportasi saja yang mahal tapi juga harga penginapan. Permintaan pada saat libur panjang melonjak berkali lipat.

Itulah sebabnya kamu perlu merencanakan lebih awal tujuan dan durasi liburan bersama keluarga ataupun sahabat. Apa saja kira-kira yang bisa kamu lakukan dan kamu kunjungi saat libur akhir tahun.

Pasti bosan kan menjalani rutinitas tahun baru yang sama dengan menghabiskan waktu di jalan, menonton kembang api tapi terjebak kemacetan. Momen ini bisa kamu gunakan untuk merencanakan pengalaman baru demi liburan tahun baru.

Susun anggaran untuk menghemat biaya

Cari informasi tentang harga tiket pesawat atau kereta untuk bisa mencapai tujuan. Survei harga penginapan yang kamu incar jauh-jauh hari agar bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu butuhkan.

Kalkulasi kebutuhan harian jika menggunakan kendaraan pribadi mulai dari bensin, bayar tol hingga bayar parkir. Jangan lupa untuk menambahkan dana darurat. Agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu sudah punya cadangan dana yang siap digunakan.

Gunakan transportasi terbaik

Transportasi memang komponen yang paling krusial. Pertimbangkan dengan matang kondisi rombongan jika berangkat dengan keluarga ataupun dengan sahabat terdekat.

Jika lokasi tujuan harus ditempuh lebih dari 6 jam perjalanan darat, mungkin opsi menggunakan pesawat terbang akan lebih baik daripada harus menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan.

Namun, jika kamu nyaman bermalam di kerta tak ada salahnya untuk mengatur perjalanan pada malam hari untuk mencapai tujuan. Yang jelas, pastikan kenyamanan selama perjalanan. Pilih kelas kereta eksekutif atau bisnis yang benar-benar membuat keluarga nyaman. Jangan pernah kompromi soal harga demi membayar sebuah kenyamanan. Apalagi jika membawa balita atau lansia.

Jika kamu liburan bersama teman-teman, tak ada salahnya mencoba pengalaman baru dengan memilih kereta ekonomi. Perjalanan seperti ini justru memberikan pengalaman baru. Toh esensi perjalanan bersama sahabat adalah menanggung dan merasakan susah dan bahagia bersama.

Cari penginapan murah tapi tetap nyaman

Pilih penginapan yang strategis dengan lokasi wisata. Tapi, lebih penting lagi jika memilih penginapan yang bersih, nyaman dan memberikan rasa aman. Tak apa jika sedikit jauh dari lokasi asalkan mendapatkan penginapan yang nyaman.

Jika beruntung, kamu bisa memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan beberapa merchant online yang menyediakan fitur pemesanan hotel atau penginapan seperti Panorama JTB dan Blibli.

Manfaatkan cicilan tanpa kartu kredit untuk kebutuhan liburan

Liburan tak bisa ditunda, tapi pembayaran bisa ditunda dengan menggunakan kemudahan dari Kredivo. Kredivo adalah salah satu financial technology yang berada terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kredivo menawarkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit untuk kebutuhan liburan kamu seperti membeli tiket pesawat, tiket kereta api atau melakukan pemesanan hotel di beberapa merchant online yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Untuk pemesanan tiket pesawat, bahkan kamu bisa melakukan transaksi hanya melalui satu aplikasi Kredivo, tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya. Lebih praktis dan mudah kan?

Bunga yang diberikan cukup rendah hanya 2,95% per bulan dengan tenor sangat fleksibel dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Selain pembayaran dengan metode cicilan, Kredivo juga memberikan opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga.

Cara membuat akun Kredivo sangat mudah. Penuhi syaratnya dulu sebagai berikut:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili/tinggal di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar atau Medan.

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Kredit limit yang diberikan kredivo hingga Rp 20 juta. Jadi bisa digunakan untuk membeli tiket pesawat atau tiket kereta api lebih banyak dalam satu keranjang. Untuk memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo dengan tenor 3, 6, atau 12 bulan, pastikan minimal transaksimu sejumlah Rp 1 juta.

Selain itu, Kredivo juga sudah punya layanan pinjaman tunai online. Layanan ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan mendesak terutama bagi pengguna akun cicilan tanpa kartu kredit Kredivo. Ada banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari Kredivo, bukan hanya untuk belanja gadget saja tapi juga bisa untuk membantu mewujudkan liburan akhir tahun kamu bersama keluarga dan sahabat tercinta. Kamu bisa mengetahui merchant online travel yang sudah bekerja sama dengan Kredivo lewat link ini.


Comments are closed.

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php