dionysiahevi

LESTARIKAN AKU TANAMAN LANGKA DI KOTA TEMPAT MU MENGGALI ILMU !!!

Posted: December 4th 2016

LESTARIKAN AKU TANAMAN LANGKA DI KOTA TEMPAT MU MENGGALI ILMU !!!

Taman buah merupakan salah satu upaya dalam melestarikan pohon-pohon terkhusus tanaman yang menghasilkan buah. Taman buah biasanya dibuat dalam sebuah lahan yang cukup luas. Sekarang ini konsumsi manusia akan buah sangat minim dan tentunya hanya buah-buah yang sering diperjual belikan di sebuah supermarket yang sering dikonsumsi, bahkan hanya buah-buah tersebut yang banyak orang tahu. Padahal ada buah-buah selain itu yang memiliki manfaat lebih dari buah-buah yang biasanya orang ketahui.
Mungkin orang jarang mengetahui bauh-buah yang selain ada dipasaran adalah karena persebaran dan jumlah buah tersebut tidak terlalu banyak atau dapat dikatan adalah langka. Contohnya saja di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta sendiri. Siapa sangka kedua daerah ini memiliki tanaman langkan yaitu berupa tanaman buah yang ternyata banyak orang mencarinya karena memiliki khasiat khusus dan langka. Apakah kalian pernah mendengar sawo kecik ?? Ketiga tanaman buah ini adalah termasuk tanaman buah yang langka yang berada di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Sawo Kecik (Manilkara kauki) sering disebut juga Sawo Jawa merupakan tanaman (pohon) penghasil buah dari keluarga sawo-sawoan (Sapotaceae) yang kini mulai langka dan jarang ditemukan di Indonesia. Sawo Kecik yang menurut filosofi jawa sering diidentikkan dengan ‘sarwo becik’ (serba baik). Di Yogyakarta kadang dijadikan tanaman pertanda bahwa orang yang menanamnya adalah abdi dalem kraton.
Tanaman penghasil buah yang batangnya mempunyai kayu yang keras dan kuat sehingga sangat baik untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, alat-alat pertukangan, bahkan dimanfaatkan sebagai benda-benda seni seperti patung, ukir-ukiran bahkan sebagai peralatan musik seperti badan biola dan rebana.

image_55195ed

Personal aksi yang ingin saya lakukan adalah menanam pohon ini di halaman rumah. Sederhana memang kelihatannya… sempat terpikir, apakah ada fungsinya ? tentu ada mnafaatnya. Apa aja ?? yang pertama kita jadi tahu sebenarnya pohon sawo kecik ini langka di Yogyakarta, selain itu kita jadi dapat menjaga populasi pohon ini sendiri. Ada lagi yang lebih dari itu ?? tentu ada…. Pohon yang termasuk langka di Yogya ini bisa dilestarikan pastinya khususnya didaerah endemiknya sendiri.
Pertanyaannya…… mau ditaman dimana ? saya punya punya halaman rumah yang mempunya halaman yang cukup luas. Saya bisa menanam tanaman ini di halaman saya. Walaupun hanya sat jenis pohon yang saya rencanakan tapi tidak menutup kemungkinan untuk menanam tanaman ataupun pohon jenis lainnya.
Beginilah kir-kira halaman rumah yang akan saya tanamai… selain bisa melestarikan pohon kecik, saya juga bisa membuat halaman rumah yang terluhat gersang ini menjadi subur karena ditanamai oleh tanaman atau pohon-pohon lainnya.

 

413


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php