dimastiko

Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

Data, Knowledge, and Decision Support

Pada pertemuan yang ke 12 ini saya akan mengulas tentang data , knowledge , dan decision support. Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang pengambilan keputusan proses dan bagaimana TI dapat mendukung, berbagai jenis pendukung keputusan, termasuk DSS, EIS, dan GDSS, metode analisis data yang tersimpan dan pertambangan, cara menyajikan informasi melalui teknik visualisasi data, serta pengetahuan manajemen dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan organisasi.

Dalam berbagai jenis untuk mendukung suatu keputusan peran seorang manager yaitu Interpersonal peran: tokoh, pemimpin, penghubung , Informational peran: monitor, penyebar, juru bicara, dan Putusan peran: pengusaha, handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator. Sumber suatu data berasal dari internal data, data pribadi, dan eksternal data. Kemudian cara untuk mendapatkan suatu data tersebut dengan cara manual, dengan instrumen dan sensor, serta scanning atau transfer elektronik. Kualitas dari data yang didapat menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data ini, isu yang sangat penting , dan karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.

Yang merupakan pendukung suatu sistem yaitu DSS (Decision Support Systems) merupakan sebuah sistem yang dapat memecahkan masalah (memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi) secara efisien dan efektif yang diandalkan oleh sebagian besar pembuat keputusan dalam memilih berbagai alternatif keputusan yang merupakan hasil pengolahan informasi-informasi yang diperoleh atau tersedia dengan menggunakan model pengambilan keputusan. Model yang menggambarkan proses pengambilan keputusan terdiri dari empat fase yaitu Intelegence, Design, Choice, dan Implementation. Kemudian EIS (Executive Information System) pendukung sistem merupakan sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat dilakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis. Dan yang terakhir sebagai pendukung sistem adalah GDSS (Grup Decision Support Systems) merupakan sistem pendukung keputusan kelompok yang berusaha memperbaiki komunikasi di antara para anggota kelompok dengan menyediakan lingkungan yang mendukung dan mendukung para pengambil keputusan dengan menyediakan perangkat lunak GDSS yang disebut groupware.

Kemudian selain ketiga pendukung sistem tersebut juga ada suatu istilah OLAP (Online Analytical Processing) merupakan analisis oleh pengguna akhir dari desktop mereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spreadsheet yang menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis kemudian melibatkan data agregat dan membandingkan data agregat selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan) akan hadir data dalam perspektif yang berbeda.

Pengetahuan sistem merupakan mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database, memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna. Sumber utama pengetahuan adalah ide kreatif generasi oleh individu atau kelompok, software alat (GDSS) dapat mempromosikan generasi ide produktif bagi kelompok dan perangkat lunak juga tersedia bagi individu untuk membantu merangsang produksi kreatif ide.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php