dimastiko

Wireless , Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Wireless , Mobile Computing and Mobile Commerce

Kali ini dipertemuan minggu 11 saya akan membahas tentang Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce .Wireless itu sendiri merupakan perangkat nirkabel yaitu transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik.  Beberapa contoh perangkat nirkabel sebagai berikut GPS unit ,wireless mouse komputer, keyboard dan headset (audio), headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi tanpa kabel dan telepon dll. Beberapa perangkat dalam teknologi wireless seperti WAP adalah sebagai protokol yang digunakan pada teknologi wireless, contohnya : Informasi jadwal keberangkatan penerbangan, transaksi pembelian tiket,pendaftaran keberangkatan pesawat,informasi lalu lintas , dll. Kemudian perangkat selanjutnya Microbrowsers adalah browser seperti biasanya, tetapi dengan tingkatan ukuran perbandingan memorynya kecil , contohnya : operamini. Dan perangkat yang terakhir Pager adalah perangkat yang cukup populer pada saat tahun 90an dimana suatu perangkat dapat mengirimkan pesan namun hanya satu arah.

Wireless memerlukan media transmisi untuk saling bertukar informasi yaitu menggunakan gelombang. Sistem transmisi tesebut membutuhkan tiga buah satelit yang berada pada orbitnya masing – masing. Satelit dibagi menjadi tiga berdasarkan ketinggian yaitu Geostationary (GEO) merupakan satelit yang paling jauh letaknya dari Bumi digunakan pada sinyal televisi, kemudian Medium-earth-orbit (MEO) merupakan satelit yang memiliki jarak tidak terlalu jauh dan terlalu dekat dugunakan pada sinyal GPS, dan yang terakhir Low-earth-orbit (LEO) merupakan satelit yang jaraknya paling dekat dengan Bumi digunakan pada sinyal handphone. Beberapa istilah-itilah dalam sistem transmisi yaitu Footprint adalah luas permukaan bumi yang dapat dijangkau oleh satelit. Dan Broad east transmission adalah satelit yang mengirimkan sinyal kepada beberapa penerima sinyal tersebut dalam waktu yang bersamaan. Serta Propagation delay adalah adanya suatu jeda / tunda waktu karena pengaruh jarak.

Sistem perangkat nirkabel menggunakan satelit :

Global Positioning Systems (GPS) adalah  sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk menentukan suatu posisi.

Internet over Satellite (IOS) memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO, jadi tidak menggunakan modem maupun kabel LAN.

Transmisi dengan Gelombang Radio adalah transmisi radio menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima. Transmisi dengan Inframerah adalah sinar merah yang tidak biasa dilihat oleh mata manusia. Infrared digunakan secara umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

Beberapa standar yang bisa digunakan dalam wireless computer network:

IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).

IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)

IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)

IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

Problem menggunakan Wi-Fi yaitu Roaming (karena hotspot yang berbeda), Security merupakan kode – kode khusus untuk pengamanan suatu wifi yang digunakan untuk mencegah diobolnya suatu informasi, Cost merupakan masalah biaya yang rendah tetapi tidak gratis.

Mobile computing and mobile commerce

Mobile computing merupakan terkoneksinya antar perangkat mobile dengan wireless secara komputing.Kegunaannya yaitu mobility dan broad reach (jangkauan luas). Mobile commerce merupakan e-commerce yang dilakukan dalam lingkungan wireless melalui jaringan internet. Faktor yang mendorong Mobile Commerce yaitu perangkat mobile ,tidak membutuhkan pc ,cell phone culture ,harga semakin menurun, dan koneksi yang semakin cepat. Application M. Commerce yaitu financial service ,mobile banking ,wireless elektronik payment system ,micropayments ,wireless bill payment.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php