dimastiko

Ethics, Impacts, and Security

Posted: November 19th 2012

Ethics, Impacts, and Security

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang Ethics, Impacts, and Security dalam IT. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari  tentang  jenis masalah etika yang timbul dalam kaitannya dengan sistem informasi, dampak bahwa sistem informasi telah di organisasi, pekerjaan, individu, dan masyarakat,berbagai ancaman yang dapat merusak sistem komputer dan informasi, dan cara untuk melindungi sistem komputer dan informasi dari bahaya dan ancaman.

Etika itu merupakan suatu perbuatan yang  layak dilakukan / tidak layak dilakukan.  Etika sendiri memiliki beberapa tipe yaitu Privacy merupakan bagaimana suatu informasi tersebut dikumpulkan, disimpan dan juga dibagikan,  Accuracy merupakan keakuratan dan juga keaslian suatu data, Property merupakan siapa yang memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya, Accesbility tentang siapa saja yang dapat mengakses informasi tersebut.

Dalam menggunakan IT di kehidupan sehari-hari juga memiliki Privacy Issues antara lain Information privacy adalah hak yang dapat membatasi siapa saja yang dapat mengakses informasi tersebut karena informasi tersebut bersifat pribadi atau rahasia, Electronic surveillance adalah suatu tindakan pengguna komputer tanpa diketahui oleh pemakai komputer tersebut, Intellectual Property adalah suatu hak cipta yang dapat melindungi suatu informasi yang sangat penting/rahasia dari suatu perusahaan maupun organisasi.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak juga ancaman dalam menggunakan IT yaitu ancaman yang disengaja ataupun ancaman yang tidak sengaja. Ancaman yang disengaja karena adanya serangan kriminalitas, sedangkan ancaman yang tidak sengaja karena human error, lingkungan yang berbahaya, dan kegagalan sistem komputer. Ada juga cara melindungi IT dengan cara General strategi perlindungan contohnya fisik keamanan fasilitas dan sumber daya, mengontrol akses ke sistem dan, melindungi data dari akses yang tidak sah. Bisa juga dari Aplikasi kontrol strategi yaitu memastikan kualitas input dan verifikasi kualitas pengolahan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php