dimastiko

E-COMMERCE

Posted: November 11th 2012

E-COMMERCE

Kali ini saya akan membahas tentang elektronik ecommerce yaitu merupakan bagian dari E-bussines.

Sejarah E-Commerce berawal dari tahun 1970 mulai difikirkan bagaimana bertransaksi jarak jauh, awalnya baru di dalam perusahaan / bisnis. Kemudian mulai muncul konsep Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI) yaitu konsep melakukan pertukaran informasi dengan menggunakan piranti elektronik. E-Commerce sendiri sudah mencakup advertising ,home banking ,shopping in electronic stores and malls ,buying stocks ,finding a job ,conducting an auction.

Pengertian dari E-Commerce adalah suatu proses menjual / membeli pertukaran produk layanan / informasi melalui komputer menggunakan jaringan internet. Aspek-aspek E-Commerce ialah komunikasi ,online ,service ,business process ,collaborations ,community. Transaksi E-Commerce yang bersifat tradisional yaitu Brick and Mortar organizations yang  menggunakan ekonomi kuno ,transaksi masih dilakukan secara off-line ,menjual produk/barang secara langsung. Yang kedua dari transaksi E-Commerce yang bersifat tradisional yaitu Pure EC merupakan ekonomi modern ,pertukaran dilaksanakan secara virtual ,melakukan proses jual beli secara online(contohnya: tokobagus.com , berniaga.com, dll). Yang ketiga dari transaksi E-Commerce yang bersifat tradisional yaitu Partical EC merupakan campuran dari tradisional virtual  (adanya toko secara fisik dan secara online).

E-bussines itu sendiri tidak sekedar pada transaksi, tetapi juga menjangkau pada costumer service. Type E-Commerce yaitu Business – to – business E-commerce ,Collaborative Commerce ,Business – to – consumer E-commerce ,Consumer –to- businesses ,Consumer –to – consumer ,dan Intrabusiness. Ada juga pasar elektronik(tempat bertemunya pembeli dan penjual) yaitu menyediakan tempat dimana akan ada pertukaran informasi/produk/layanan/pembayaran/jual-beli secara virtual. Manfaat adanya pasar elektronik yaitu memberikan pertumbuhan ekonomi baik bagi penjual dan pembeli, ada perantara, dan juga memberikan jaringan sosialisasi yag luas. Selain memberikan manfaat ada juga fasilitas dari pasar elektronik yaitu adanya information, goods,service, dan payment. Adapun area yang mendukung berlangsungnya E-Commerce yaitu orang-orang yang melakukan transaksi ,kebijakan publik ,adanya teknikal standar dan protokol ,bisnis partner (yang mendukung E-Commerce),support service (infrastruktur, layanan internet/area yang bisa menciptakan dan mendukung E-Commerce).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php