dimastiko

Telecommunications and Networks

Posted: October 16th 2012

Telecommunications and Networks

Di era modernisasi ini tentunya kita tidak lepas dari barang-brang elektronik yang semakin canggih contohnya pada media komunikasi juga pada internet untuk mengaksesnya kita perlu menggunakan jaringan untuk mempermudahkan kita berkomunikasi dengan yang lain, di sini saya akan membahas tentang telekomunikasi dan jaringan. Telekomunikasi adalah suatu proses yang terjadi antara dua atau lebih komputer atau piranti yang mampu mentransfer data, instruksi dan informasi, juga untuk berbagi sumberdaya. Telekomunikasi tersebut memiliki dua tipe sinyal yaitu Analog dan Digital. Sinyal tipe Analog adalah gelombang yang tidak terputus. Pengiriman sinyal dengan memanipulasi frekuensi dan atau amplitudo. Sedangkan sinyal tipe Digital adalah gelombang yang berbentuk diskret. Pengiriman sinyal dalam bentuk binary, sehingga mudah dipahami komputer. Adapun komponen dari telekomunikasi yaitu hardware (perangkat), media (kabel, nirkabel), networks (jaringan), software ( yang membuat hardware bisa bekerja), data communication providers (penyedia layanan komunikasi), dan protocols (yang mengatur suatu komunikasi data agar bisa digunakan).

      Adapula perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data yaitu modem, multiplex, dan front end prosesor. Modem adalah alat yang mengubah sinyal digital ke analog dan analog ke digital. Multiplex adalah mentransmisikan beberapa sinyal dalam satu media.Dan front end prosesor adalah alat khusus untuk mengelola komunikasi.

     Komponen telekomunikasi media yaitu twisted pair wire (kabel untuk telepon), Kabel Coaxial(kabel untuk antena televisi), Kabel Fiber Optic (kabel digunkan pada perusahaan besar), Microwave, Satellite, Radio, Cellular radio technology, Infrared.

     Network adalah perangkat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Ada dua jenis network yaitu LAN (lokal area network) dan WAN (wide area network), antara LAN dengan WAN dibedakan menurut jangkaun area. LAN adalah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, sedangkan WAN adalah jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas.

     Software digunakan untuk menjalankan hardware.

Data communication providers adalah penyediaan layanan komunikasi itu sendiri.

Protokol adalah suatu aturan yang digunakan untuk mengatur suatu komunikasi data agar bisa dilakukan.

 

Dalam media komunikasi terdapat tiga jenis transmisi yaitu

   Transmisi kecepatan

Bandwith merupakan kumpulan frequensi,semakin besar bandwith semakin besar kapasitasnya.

   Transmisi mode

          Asynkron merupakan satu per satu karakter yang ditransmisikan.

Synkron merupakan kumpulan karakter yang ditransmisikan.

   Transmisi akurasi

Kontrol akurasi ditambahkan ke pesan.
Kesalahan deteksi dan koreksi yang diperlukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php