dimastiko

MANAGING DATA AND INFORMATION

Posted: October 9th 2012

Managing Data and Information

 Di sini saya akan membahas mengenai mengelola data dan informasi organisasi dalam bidang IT. Dalam hirarki data, database mengandung file, file mengandung  record, record mengandung fields, field mengandung characters.

•Database itu sendiri artinya adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam      komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.

•File adalah kumpulan dari beberapa record yang terkait. Contoh: file pejualan, file penerimaan barang dll.

•Record adalah suatu struktur yang berisi sejumlah komponen yang dinamakan dengan      field. Contoh: nama dan alamat,serta nomor jaminan sosial.

•Field adalah  sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter. Contoh: nama pertama, alamat jalan, atau jenis kelamin.

Beberapa jenis Field :

-Field name adalah pembuatan data dalam sebuah field yang bersifat unik, contohnya      NPM.

-Field size adalah batasan maksimal karakter dalam sebuah field.

-Data type adalah jenis yang spesifik dari data yang ditampung, contohnya currency, auto number, numeric, date, memo, text, yes/no, hyperlink dan object.

Data management terminology :

-Entity adalah kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola

-Attribute adalah Karakteristik atau kualitas yang mendiskripsikan entitas tertentu

-Primary key adalah Field yang secara unik mengidentifikasikan record

-Secondary key adalah field yang tidak unik tetapi dapat digunakan untuk membentuk grup dari record.

Di dalam suatu penyimpanan database ini bisa dilakukan secara TERPUSAT atau TERDISTRIBUSI.

-Dalam penyimpanan databse secara terpusat: caranya lebih mudah dilakukan dan tidak perlu sinkronisasi dan semua file berada pada satu lokasi fisik yang sama ,namun proses data untuk jangkauan yang luas lebih lambat.

-Dalam penyimpanan database secara terdistribusi: caranya harus dilakukan di beberapa titik dan harus sinkronisasi dan berada pada lebih dari satu lokasi juga dekat dengan pengguna.

Dalam mengolah database tersebut digunakan DBMS (Database Management System). DBMS adalah program atau software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi.Adapun komponen dari DBMS yaitu:

-Data Model : Mendefinisikan cara data di strukturkan secara konseptual.

-Data Definition Language (DDL): Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base.

-Data Manipulation Language: Digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau meng-update informasi pada database, dan mengembangkan aplikasi database.

-Data Dictionary: Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data.

Keuntungan menggunakan DBMS meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan,mengurangi kompleksitas dari IS environment,mengurangi redundan dan inkonsistensi data, meningkatkan data integrity, application/data independence, meningkatkan keamanan data, mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan, meningkatkan fleksibility dari IS, dan meningkatkan akses data.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php