dimastiko

IT DALAM ORGANISASI MODERN

Posted: September 14th 2012

IT DALAM ORGANISASI MODERN

Pada zaman modern ini tentunnya teknologi semakin maju, tidak lepas dari penemuan-penemuan baru oleh pakarnya. Sehingga penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Tidak hanya sebagai alat untuk memenangkan persaingan dalam berbisnis, bisa juga sebagai alat bantu untuk mempermudahkan dalam kegiatan sehari-hari. Seperti contohnya dalam supermarket mesin kasir yang digunakan sudah diprogram untuk mengetahui harga setiap barangnya dari hasil scan , tidak hanya itu dalam mesin atm juga mempermudah seseorang untuk mengambil uang ketika seseorang tersebut sedang berpergian tidak harus mengantri di suatu Bank, dan masih banyak contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan teknologi informasi.

Sistem informasi memiliki 2 konsep mendasar atau fundamental,yaitu:                          

     a. Sistem informasi infrastruktur : fasilitas fisik, layanan, dan manajemen untuk sumber daya komputasi yang mendukung sebuah organisasi. Meliputi : perangkat keras komputer,tujuan umum perangkat lunak, jaringan dan fasilitas komunikasi, database,dan  informasi manajemen personalia.

informasi Infrastruktur:

Mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi .

Mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi spesifik diatur, dioperasikan, dan dikelola.

b. Sistem informasi arsitektur : menjelaskan serta memproses data, untuk suatu tujuan  tertentu. Meliputi : tingkat tinggi rencana yang detail, organisasi informasi persyaratan, dan cara persyaratan ini telah dipenuhi.

Informasi Arsitektur:

Menggabungkan kebutuhan informasi, yang ada dan infrastruktur informasi yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak.

Membantu memastikan bahwa organisasi TI memenuhi kebutuhan strategis organisasi bisnis.

 

Jenis-Jenis Sistem Informasi:

a. Transaction Processing System : sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin, bertujuan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data suatu transaksi bisnis.

b. Management Information System : suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. akses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih

c. Office Automation System : adalah sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi.

d. Decision Support Systems : sistem yang dirancang untuk membantu manager suatu organisasi dan untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok.

e. Intelligent Support Systems : sistem yang dirancang untuk membantu managemen perusahaan dengan cara menjalankan organisasinya sama seperti sistem berpikir manusia.

f. End- User Computing : penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem , seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.

g. Knowledge Management System : mendukung menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi.

h. Data Warehouse : database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis dan pengguna akhir lainnya.

i. Mobile Computing : Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau jaringan nirkabel.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php