Dimas Lintang Pamungkas

Wireless, Mobile Computing, Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Kondisi dunia yang semakin maju membuat kita tidak lagi merasa berjauhan antara satu tempat dengan tempat lain, dengan kemajuan itu banyak hal yang dapat di ilhami sebagai manfaat dalam kehidupan saat ini. Namun walaupun begitu kita tetap membutuhkan sebuah pengetahuan akan apa itu Wireless, Mobile Computing, Mobile Commerce, yang saat ini sering pipakai.

WIRELESS TECHNOLOGIES

Wireless device adalah sebuah bentuk perangkat memiliki masa, dan bentuk yang kecil dan mudah untuk  dibawa kemana-mana, karena disetiap benda saat ini terdapat komponen ini. Kelebihan dari komponen ini adalah dapat melakukan hubungan dari satu perangkat keperangkat yang lain, walau jenis perangkat nya berbeda-beda namun hal tersebut sudah tak menjadi sebuah masalah.

Contoh benda: PDA, cellular phones, smartphones.

Wireless Application Protocol (WAP) adalah standarisasi terminal untuk dapat mengakses jaringan network yang menggunakan layar yang cukup kecil, dengan kuota kecepatan yang rendah pula, yang menyebabkan penggunaan mommory yang terjadi saat mengakses Web-based dapat dilakukan dan informasi yang ada serta layanannya tidak berkurang maupun menghilang.

Microbrowser adalah internet browser dengan ukuran kecil dapat bekerja dengan memori rendah, bandwidth kecil oleh jaringan wireless berbeda dengan internet browser pada umumnya di komputer. Biasanya link yang digunakan pada browser ini menggunakan tipe “http.m.”

Pager adalah sebuah alat yang digunakan hanya untuk mengirim dan menerima surat digital tetapi bentuknya tidak seperti e-mail. Kelemahannya pun alaramnya hanya berbentuk bunyi bep, serta hanya bisa untuk mengirim kesesama Pager saja.

Media Transmisi

Microwave transmission systems : Sebuah jaringan yang sangat luas dingga dapat dikatakan menyakup seluruh dunia, digunakan untuk media pengiriman dan penerimaan data dengan muatan volume tinggi, jarak yang jauh menjadi tidak berdampak apapun, dan merupakan sebuah contoh atas point to point communication (PTPC).

Ciri-ciri point to point : suatu bentuk seperti topologi bus di mana ada satu pihak menjadi sever dan pihak lain menjadi client dalam bentuk yang sejajar lurus.

–          Pengirim dengan penerima harus laing terlihat

–          Pengiriman dilakukan secara laangsung kepada penerima tanpa ada bantuan perantara lain.

Satelit transmission adalah sebuah sistem dimana komunikasi dapat berlangsung menggunakan sebuah satelit

3 tipe dari satelit :

  1. GEO (Geostationary Earth Orbit) :  merupakan jaringan yang paling tinggi dengan perantara satelit yang berposoisi diluar bumi, jarak tempuh nya 22300 miles, cocok untuk sinyal TV walaupun sering terjadi delay karena jarak terima dan jarak pantul yang jauh.
  2. MEO (Medium Earth Orbit) : merupakan jaringan yang tingginya berada pada jaringan lapisan ozon yang menggunakan sistem pemantulan gelombang yang berasal dari sebuah pesawat satelit ke bumi lalu dipantulkan ke ozon, yang di tangkap lagi oleh pesawat itu. jarak tempuh gelombangnya 6000 miles biasa untuk GPS
  3. LEO (Low Earth Orbit) : merupakan jaringan yang tingginya hanya sekitar 400 -700 miles sangat rendah lam jangkauan pentransferan data, namun sangat jauh untuk diterima ulang oleh satelitnya bentuk tiang ataupun kable. Yang masih mempertahankan ini adalah Pt. Telekomunikasi Indonesia

Footprint adalah luas daerah penyebaran sinyal di permukaan bumi yang dapat dipenuhi oleh transmiter satelit dalam mengatasi keterbatasan dalam jarak sinyal yang dapat dijangkau dan terjangkau.

Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke banyak penerima dan user dalam satu waktu yang bersamaan.

Delay propagasi adalah terjadinya sebuah keterlambatan yang jangka waktunya singkat dalam sebuah transmisi dari satelit GEO yang membuat perbincangan live mengalami jeda antara satu tempat dengan tempat lain yang berjauhan.

 GPS (Global Positioning System) adalah sistem wireless, yang digunakan satelit untuk menghubungkan antara pengguna wireless dengan posisi mereka dimana diatas bumi, yang terhubungkan dengan 24 terbesar di dunia.

IOS ( Internet Over Satellite) sebuah sistem satelit untuk mengakses internet dengan kepemilikan yang luas melalui satelit GEO dari tempat yang dipasang pada rumah. permasalahnannya adalah seringnya terjadi delay dan penggunaan secara liar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Radio

  1. Radio transmisi : mengirimkan data secara langsung dari transmitter ke receiver tetapi mudah terkena risiko gangguan server.
  2. Satellite Radio (digital radio) : jangka gangguan sangat sempit namun tidak cocok untuk sebuah kualitas audio
  3. Infrared : tidak terlihat di mata manusia, digunaka pada remote control TV, VCR, DVD, dll

Wireless Computer Networks and Internet Access

IEEE standards: untuk melakukan sebuah hubungan

  1. IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk wireless personal area networks (PANs) and 802.15.4 (ZIgbee).
  2. IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk wireless LAN.
  3. IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk wireless MAN.
  4. IEEE 802.20 (Proposed) untuk wireless WAN.

WLAN adalah transmisi yang menggunakan antena yang sering disebut sebagai wireless access point yang berfungsi sebagai media penghubung terhadap LAN ataupun satelit.

–          Wireless NIC (Network Interface Card) adalah alat yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi dalam pengubahan gelombang radio terhadap kabel untuk antena

–          Hotspot adalah area sinyal yang dapat di jangkau dengan wireless

Masalah pada Wi-Fi :

–          Roaming adaalh kondisi dimana sebuah hotspot jika terputus karena sinyal yang ada melemah, dia tak dapat untuk mengakses hotspot yang lain karena Network Servisnya berbeda antara satu dengan yang lain.

–          Security karena berbentuk sinyal radio maka untuk proteksi sangatlah sulit dilakukan

–          Cost untuk layanan comersial hal ini sangat murah tetapi tetap saja tidak gratis, masalahnya pengguna harus menyapkan logon supaya dapat menyaring siapa saja yang menggunakannya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php