Dimas Lintang Pamungkas

Fungsional Enterprise Interorganizational

Posted: November 19th 2012

Fungsional Sistem Informasi.

Karakteristik :

  • Terdiri dari beberapa sistem informasi kecil difokuskan pada kegiatan-kegiatan khusus.

  • Khusus IS aplikasi dapat
  • benar-benar independen, atau.

  • terintegrasi untuk membentuk suatu sistem fungsional yang koheren departemen.

  • juga, dapat diintegrasikan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yang luas (lintas departemen).

  • Antarmuka dengan satu sama lain untuk membentuk sistem informasi organisasi yang luas.
  • Antarmuka dengan lingkungan.

Menyediakan informasi rutin kepada para manajer di bidang fungsional.

TPS

Apa transaksi?

  • Setiap peristiwa bisnis yang terjadi selama operasi bisnis.

  • Bisnis peristiwa (transaksi) dapat memicu peristiwa bisnis lainnya.
  • Setiap peristiwa (transaksi) dapat dijelaskan oleh sejumlah item data.
  • Transaksi sistem pengolahan (TPS) yang dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi.

TPS adalah yang pertama untuk menjadi otomatis – berulang, konsisten, volume tinggi tugas adalah kandidat ideal untuk komputerisasi.

TPS memberikan dasar bagi semua sistem informasi lainnya.

Banyak TPS luas jangkauannya dan menyampaikan kesan kepada pelanggan tentang kualitas bisnis.

Beberapa karakteristik TPS :

  • Proses besar volume data.
  • Sumber data sebagian besar internal, dan output dimaksudkan terutama untuk penonton internal yang.
  • TPS beroperasi teratur (on demand, harian, mingguan, dll).
  • Perlu kapasitas penyimpanan (database) yang besar.
  • Memerlukan kecepatan pemrosesan tinggi (karena volume tinggi).
  • Input dan output data yang dikenal dan baik-dipahami (sangat terstruktur).
  • Melibatkan tingkat tinggi detail tapi kompleksitas komputasi yang rendah.
  • Membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi, integritas data, dan keamanan.

  • Membutuhkan kehandalan pengolahan tinggi, organisasi tidak dapat berfungsi lama tanpa TPS.

  • Pengolahan Permintaan didukung.

TPS Saat Ini :

Secara tradisional, TPS yang diterapkan pada sistem mainframe menggunakan batch processing.

Transaksi online Processing (OLTP) :

    • dapat dibangun pada arsitektur client / server.
    • dapat menghemat uang

Internet (Intranet) Transaction Processing :

      • mengijinkan transfer data multimedia.
      • cepat waktu respon.
      • penyimpanan database besar grafis dan video.

      • real time.
      • biaya rendah.

Tugas Kusus TPS :

  • pemrosesan order.
  • buku besar.
  • Hutang dan piutang.
  • Manajemen persediaan, pengiriman, dan penerimaan.
  • daftar gaji.
  • Laporan periodik dan laporan

Ada 4 bagian terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu

  • HR
  • Marketing
  • Transaksi
  • Production

.

Sistem Akuntansi dan Keuangan

Keuangan Perencanaan dan Penganggaran.

  • Keuangan dan ekonomi peramalan.
  • Penganggaran pembelanjaan.

Investasi Manajemen.

  • Akses ke laporan keuangan dan ekonomi.
  • Keuangan analisis.

Kontrol keuangan.

  • Anggaran Kontrol.
  • Audit.
  • Keuangan Analisis Kesehatan.
  • Profitabilitas Analisis dan Pengendalian Biaya

Marketing & Sales Systems

Saluran Distribusi (definisi) :

  • Menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan, dapat memperpanjang melalui perantara berbagai seperti grosir dan pengecer.

Saluran Sistem Lanjutan:

  • Mendukung hubungan pemasaran semua, seperti dukungan purna jual pelanggan

Layanan Pelanggan :

  • Pelanggan profil dan analisis preferensi.
  • Kustomisasi massal – volume produksi tinggi produk khusus.
  • Iklan bertarget.
  • Permintaan pelanggan sistem dan Help Desk otomatis

Telemarketing :

  • Iklan dan pelanggan mencapai.
  • Pemrosesan order.
  • Pelayanan pelanggan.
  • Penjualan dukungan.
  • Manajemen account.

Distribusi Saluran :

  • Pengiriman dan manajemen pengiriman.
  • Meningkatkan toko ritel.

Manajemen Pemasaran :

  • Mengatur dan memonitor harga dari produk atau jasa.

  • Memantau dan mengevaluasi produktivitas penjual.

  • Evaluasi profitabilitas produk / pelanggan.
  • Menilai tren penjualan.
  • Menganalisis produk baru, jasa, dan pasar.

Etika dan Sosial Isu dalam IT didukung Kegiatan Penjualan :

  • Informasi pengumpulan dan penggunaan.
  • Privasi keprihatinan.

Saat ini tren dari Customer Relationship Management (CRM) :

  • Fokus adalah pada pengembangan hubungan satu-ke-satu dengan pelanggan.

Produksi & Operasi Manajemen Sistem.

Logistik dan Manajemen Material.

  • Logistik Manajemen :
    • Pemesanan, pembelian, dan pengiriman inbound dan outbound.

Inventarisasi Manajemen :

  • Tentukan berapa banyak persediaan untuk membawa.

Quality Control (kualitas barang sangat diperhatikan)

  • Memantau dan melaporkan kualitas bahan, barang dalam proses, dan barang jadi.

Perencanaan Produksi / Operasi (merencanakan segala kegiatan produktifitas)

  • Bahan Persyaratan Perencanaan; MRP II.
  • Just-In-Time.
  • Manajemen Proyek (PERT & CPM).
  • Jangka pendek penjadwalan.

Desain Otomatis Kerja dan Manufaktur :

  • Computer Aided Design (CAD).
  • Computer Aided Manufacturing (CAM).
  • Computer Integrated Manufacturing (CIM).

Human Resources Management Systems.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh su-bag personalia

Pencarian Tenaga Kerja :

  • Melacak semua posisi terbuka.
  • Mengiklankan posisi melalui Internet.
  • Pemilihan karyawan.

Pemeliharaan Sumber Daya Manusia dan Pengembangan karyawan yang bekerja :

  • Pelatihan dan pelatihan ulang karyawan.
  • Penilaian kinerja .
  • Turnover, keterlambatan, dan analisis absensi.

Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perencanaan :

  • Menjaga file personil dan persediaan keterampilan.
  • Manfaat administer.
  • Mematuhi pelaporan pemerintah.
  • Perencanaan personil.
  • Perencanaan suksesi.
  • Negosiasi buruh.

Integrated Information Systems.

Alasan untuk Integrasi :

  • Secara fungsional sistem informasi berorientasi kekurangan, yang ada:

    • Tidak bisa memberikan karyawan semua informasi yang mereka butuhkan.
    • Jangan biarkan departemen yang berbeda berkomunikasi secara efektif.
    • Penjualan penting, persediaan, dan data produksi sering dimasukkan secara manual ke dalam sistem komputer yang terpisah.

Mengintegrasikan Sistem Informasi :

  • Menghubungkan sistem yang ada.
    • Memaksimalkan penggunaan sistem yang ada dan memungkinkan penambahan aplikasi baru.
    • Menggunakan perangkat lunak rantai pasokan manajemen.
      • Mengatasi isolasi struktur departemen tradisional dengan mengintegrasikan pengolahan di beberapa bidang fungsional.
    • Gunakan Perusahaan perangkat lunak Resource Planning.
      • Mengontrol semua proses bisnis utama dengan arsitektur perangkat lunak tunggal secara real time.
      • Meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan profitabilitas.

Interorganizational Information Systems (IOS).

Sistem elektronik yang melibatkan arus informasi antara dua atau lebih organisasi dalam hubungan on-going.

Tujuan – proses transaksi yang efisien.

Banyak perusahaan besar memerlukan pemasok untuk dihubungkan dengan mereka meskipun IOS aplikasi.

IOSs dapat diimplementasikan dengan :

  • Swasta, jaringan pihak ketiga (nilai tambah jaringan).

  • Diakses publik jaringan (internet).

Jenis Sistem interorganisasional :

  • Sistem global.
  • Elektronik data interchange (EDI).
  • Electronic transfer dana (EFT).
  • Ekstranet.
  • Bersama database.
  • Pesan terpadu.

Issues in IOS / Global IS Design :

Perbedaan budaya.

Perbedaan ekonomi dan politik.

Lintas-perbatasan transfer data keprihatinan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php