Dimas Lintang Pamungkas

Jaringan Dan Telekomunikasi

Posted: November 5th 2012

JaringanTelekomunikasi merupakan proses dimana dua atau lebih komputer atau perangkat telekomunikasi yang dapat untuk saling mentrasfer instruksi, data, dan informasi antara komponen satu dengan komponen-komponen yang lainnya yang masih terhubung dalam satu satuan.

Contoh sederhana dari jaringan ini adalah hubungan yang terjadi pada BlueTooth dimana pihak pengirim dengan pihak penerima saling berhubungan dengan sinyal gelombang tertentu yang saling terhubung menghubungkan untuk kegiatan tukar menukar data.

SISTEM TELEKOMUNIKASI

Dalam menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya, perangkat tersebut memerlukan hardware dan software untuk menghubungkan pereangkat-perangkat itu yang jarak dan lokasi yang berbeda.

Komponen pembentuk :

1. Hardware : Untuk membentuk sebuah system jaringan, dimana jaringan-jaringan yang ada tak berarti tanpa adanya hardware yang digunakan untuk mengubah bentuk data yang masuk supaya dapat terbaca oleh software dan dikeluarkan lagi dengan mengubahnya menjadi bentuk yang semua sebelum di rubah..

2. Networks (jaringan) : Jaringan merupakan komponen penghubung yang dibutuhkan dalam proses berkomunikasi,tanpa disadari jaringan itu terdapat dimana-mana, namun jaringan tersebut tak akan berarti jika tidak ada hardware pengubah segala bahasa (sinyal radio) yang ada menjadi bahasa komputer (sinyal Digital).

3. Software : Perangkat lunak yang digunakan untuk menterjemahkan sinyal digital yang telah masuk dan yang akan keluar.

4. Media : Media merupakan alat untuk penghubung satu titik ke titik lain secara langsung dalam kondisi untuk saling berbagi informasi.

5. Penyedia Layanan Komunikasi : Pemilik layanan penyedia jaringan yang digunakan berkomunikasi antara satu titik dengan titik yang lain.

6. Protokol : Merupakan alamat dari hardware yang telah paten sebagai alamat asli hardware, setiap unit memiliki alamat unik sendiri-sendiri namun ada beberapa alamat yang tidak digunakan karena alamat itu berupa alamat untuk perusahaan penyedia jasa maupun unit dalam melakukan FeedBack terhadap unit itu sendiri.

Contoh protocol khusus

  • 0.0.0.0 yang digunakan untuk komputer dalam melakukan FeedBack saat TurnOn
  • 256.256.256.256 yang digunakan untuk FeedBack LookUp dalam mengakses interner

7. Aplikasi : Mendukung  kinerja dari suatu sistem dalam berkomunikasi.

Sinyal Telekomunikasi

1. Sinyal Analog adalah sinyal yang berupa gelombang radio yang berada sangat dekat dengan manusia, namun komputer tidak dapat membacanya karena perbedaan bahasa yang dimiliki, maka dari itu dibutuhkan konverter yang berupa hardware (Modem). Bentuk dari sinyal ini adalah gelombang kontinyu yang berupa gelombang amplitudo dan frekuensi untuk sinyal 1 berupa gelombang sempit dan untuk 0 berupa gelombang panjang.

2. Sinyal Digital adalah sinyal yang berupa gelombang computer dengan bahasa ‘iya’ atau ‘tidak’ dengan symbol 1 untuk ‘iya’ dan 0 untuk ’tidak’. Saat data salam sinyal alalog diterima dan di terjemahkan menjadi sinyal digital, maka saat melepasnya kembali sinyal digital yang ada diubah menjadi sinyal analog kembali. Bentuk dari sinyal ini adalah gelombang pulsar yang berbentu bilangan-bilangan biner untuk 1 adalah kotak naik dan 0 untuk sinyal datar.

Hardware Prosesor Komunikasi

Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan adalah Modem, Multiplex , FEP (Front End Processors).

1. Modem berfungsi sebagai konverter sinyal analog menjadi sinyal digital yang dipahami  komputer saat diterima, dan mengubah kembali sinyal digital pada komputer menjadi sinyal analog

2. Multiplex digunakan sebagai transmisi beberapa sinyal melelui media tunggal.

3. FEP (Front End Processors) adalah sebuah alat khusus untuk mengelola tugas-tugas komunikasi yang ada pada computer dari masukan sinyal yang ada.

Saluran Komunikasi Berbasis Kabel

a. Twisted –pair wire (telephone wire ) / RJ-45 (LAN) RJ-25 (Phone): kable yang memiliki 4 komponen warna  yang masing-masing warnanya terdiri dari 2 warna. Warna-warna tersebut adalah cokelat dan putih, biru dan putih, oranye dan putih, hijau dan putih. Terdiri dari 2 tipe pemasangan yaitu Cross (untuk sesama computer) dan straight (untuk computer ke roter) , kapasitasnya tidak terlalu besar dan sulit untuk pengecekan karna jika salah satu kable putus maka akan sulit dalam pencarian titik kable putusnya dimana. Kable ini masih cocok digunakan untuk jaman sekarang.

b. Coaxial Cable adalah kable yang Kapasitasnya lebih besar namun lebih mahal dari pada tipe RJ. Kerentanan kable inipun sangat rendah untuk putus dengan keamanan lebih terjamin.

c. Fiber-optic cable : Informasi yang ditransmit sebagai gelombang terang seperti gelas fiber atau kaca tipis, bentuk transmisi datanya sudah seperti laser cahaya berwarna merah sangat terang, sehingga tidak boleh di lihat secara langsung kecuali dengan kacamata kusus karena cahaya yang ada sudah seperti laser. Cepat, Memiliki kapasitas besar dalam koneksi, tahan terhadap gangguan, perawatannya agak susah karena bentuknya serat optic kaca membuat kesalahan sedikit membuat cacat kaca yang ada.

d. Microwave: Kapasitas tinggi, Tidak mahal karena ada dimana-mana, karna terlalu besar maka mudah terkena gangguan

e. Satelit: Kapasitas sangat tinggi, Cakupannya sangat luas, Sangat mahal, Adanya delay/ penundaan karena banyak orang yang menggunakannya.

f. Radio: Cocok untuk komunikasi jarak dekat.

Namun dari semua itu kecepatan tetap tergantung dari kecepatan transmisi besarnya bandwith yang tersedia. Semakin besar badwith semakin cepat pula media berproses. Bandwith adalah jarak antara frekuensi yang terdia di channel, semakin banyak channel yang ada dan tersedia maka semakin cepat pula jaringan tersebut..

Mode transmisi dibagi menjadi dua yaitu : karakter per karakter (asynchronous) dan aliran karakter (synchronous).

Keakuratan/ketepatan transmisi dapat mendeteksi adanya error/bug dan dapat melakukan koreksi yang diperlukan agar data yang dikirim dapat sesuai dengan yang diminta, serta data tidak salah kirim.

Operator dan Layanan Komunikasi

Operator umum adalah operator yang menyediakan layanan komunikasi untuk masyarakat luas, tanpa adanya pembedaan antara 1 titik dengan titik yang lain.

Value-Added Carriers adalah operator untuk sistem telekomunikasi pribadi dan akan dikenakan biaya tambahan untuk operator tersebut karena harus membuat jaringan yang baru.

Jalur Layanan Telekomunikasi

  • Jalur Switched : transmisi diarahkan sepanjang jalan ke tujuan langsun ke tujuan tanpa terpisah-pisah.
  • Jalur khusus – koneksi terus menerus diadakan tanpa dihentikan, biasanya untuk server yang harus selalu menyala.
  • Wide-area Telecomm Servis (WATS) – Biaya jasa jarak jauh lebih murah daripada telepon.
  • Integrated Services Digital Network (ISDN) – transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telepon .
  • Digital Subscriber Lines (DSL) – kecepatan transmisi tinggi digital melalui saluran telepon.
  • Tmnet-Streamix

Sumber

  • Turban & Rainer. 2003. Introduction to Information Technology. 2nd Edition. John Wiley & Sons.
  • Turban, McLean & Wetherbe. 2003. Information Technology for Management. 4th Edition. John Wiley & Sons.
  • Shelly, Cashman, Vermaat. 2004. Discovering Computer: A Gateway to Information. Shelly Cashman Series Complete Edition. Thomson Course Technology.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

DATA BASE DAN INFORMASI ORGANISASI

Go to post

Internet, Intranet, Extranet

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php