Dimas Lintang Pamungkas

Software

Posted: October 8th 2012

PENDAHULUAN

Dalam kenyataan dunia, sebuah computer hanya terdiri dari hardware dan software. Perkembangan antara hardware dan software memiliki kejenjangan tersendiri dimana perkembangan hardware lebih cepat dari pada software dimana hardware dalam satu tahun sebuah perkembangan hardware lebih cepat 3x lipat dari pada software. Contoh nyata dari perkembangan tersebut adalah dimana Prosesor computer berkembang 3 model dengan kecepatan yang berbeda sedangkan software OS berkembang dalam 1 tahun hanya mendapatkan sebuah versi pembaharuan.

SISTEM KOMPUTER :

  1. Perangkat Keras : Alat yang membantu user untuk memberikan perintah pada hardware
  2. Perangkat Lunak : Software memberi instruksi dari user ke pada hardware untuk melakukan sesuatu.perintah yang telah di tuju

APLIKASI PERANGKAT LUNAK

Software baru tidak dapat berkembang dengan baik dan cepat, hal tersebutlah masalah utama dari perkembangan software. Contoh dari permasalahan tersebut adalah:

–          Menjaga dengan lingkungan bisnis untuk tetap dalam kondisi yang stabil dan dinamis, dimana suatu software yang baru belum tentu dapat menjaga kestabilan dan kedinamisan data-data yang ada.

–          Kemajuan dari kepesat kemajuan perangkat keras, menyebabkan software juga harus berkembang. Namun dalam perkembangan software tersebut masalah secure menjadi sangat labil dimana saat hardware berkembang dengan software lama memberikan banyak celah bugs pada software yang digunakan..

KRISIS SOFTWARE

  1. Perangkat Lunak harus dirawat, maintain harus dilakukan setiap saat supaya memperkecil adalnya kesalahan dalam program saat melakukan algoritma dari perintah yang diberikan.
  2. Testing dan debugging merupakan hal yang penting dalam perangkat lunak, namun untuk melakukan sebuah test bugs, seorang programmer harus memberikan waktu yang sangat banyak (efisien waktu), rumitnya algoritma yang harus dipecahkan, dan mahalnya biaya yang harus di keluarkan membuat seorang programmer malah untuk melakukan hal ini.

SOFTWARE?

  1. Program: sekumpulan instruksi untuk menjalankan perintah dari seorang user
  2. Stored Program Concept : program atau instruksi yang disimpan didalam komputer untuk selanjutnya dieksekusi.
  3. Programming : proses membuat coding dalam penyusunan suatu rancangan program.
  4. Programmers : Seseorang yang memiliki status sebagai pembuat sebuah program.

KEGUNAAN SISTEM SOFTWARE :

  1. Mengontrol aktivitas dari sebuah sistem komputer.
  2. Mendukung aplikasi yang terintegrasi pada system komputer
  3. Memfasilitasi pengembangan program, pengujian bugs pada program

SCP : kontrol atas penggunaan semua sumberdaya dari sebuah computer (hardware,software data). Dalam sistem control program memiliki tugas:

  1. mengawasi keseluruhan operasi pada komputer
  2. mambagi kemampuan membaca CPU dan memori utama untuk menjalankan program pada komputer
  3. memberikan output pada user atas hasil dari system dan menampilkan pada perangkat keras tipe output

Fungsi sistem operasi :

  1. Memulai komputer
  2. Menyediakan antarmuka pengguna
  3. Mengatur program
  4. Mengatur memori
  5. Mengatur jadwal pekerjaan dan mengkonfigurasi perangkat
  6. Membangun koneksi internet
  7. Kinerja monitor
  8. Menyediakan manajemen file dan utilitas lainnya
  9. Mengontrol jaringan
  10. Mengelola keamanan

Proses manajemen : mengatur program yang berjalan pada prosesor :

  1. Multitasking or multiprogramming : mengatur 2 atau lebih tugas atau program yang berjalan pada sistem komputer dalam bersamaan supaya program yang satu dengan program yang lain tidak saling berebut memory.
  2. Multithreading :  merupakan salah satu jenis dari multitasking yang berguna untuk membaca data yang ada, menjalankannya dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan
  3. Timesharing  : Sebuah kondisi dimana PC harus berbagi data dengan user yang lain dalam jumlah yang banyak dengan terminal input serta output yang berbeda antara satu dengan yang lain
  4. Multiprocessing : pengolahan algoritma dengan menggunakan beberapa CPU yang berbeda
  5. File management and security : data yang ada pada PC di susun serta diberikan perlindungan supaya data yang ada tetap aman
  6. Fault Tolerance.: PC memperbolehkan kesalahan terjadi pada sebuah software, tanpa harus menghentikan jalanya software ayng ada
  7. Virtual Memory : memori yang tidak nyata, dengan kapasitas yang lebih besar dari kenyataanya
  8. User interface : pengguna dimungkinkan untuk memiliki control secara langsung dari sebuah objek ikon dan tindakanuntuk mengganti sintaks kompleks menjadi lebih sederhana.

TIPE SISTEM OPERASI

OPERASI DESKTOP SISTEM UTAMA

Microsoft Inc. :  MS-DOS, Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windowns 7, Windows 8 beta

Produk lainnya : UNIX, Linux, Java Operating System (JavaOS), IBM O/S 2, Macintosh Operating System

APLIKASI SOFTWARE  : program yang melakukan suatu kegiatan pengolahan data yang lebih spesifik, dilakukan oleh user.

Tipe aplikasi software :

  1. Propprietary Application Software
  2. Off-the Shelf Application Software

Jenis Lisensi Software :

  1. Copyright
  2. Licences

Tipe software :

  1. Open Systems : system standard pada sebuah computer sepayang ada hubungan antara hardware dengan software serta user
  2. Open Source Software : dimana jenis ini merupakan jenis system yang program di dalamnya dapat dikembangkan sendiri oleh user

 

BAHASA PEMROGRAMAN

Berbagai bahasa pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.

Ada beberapa generasi bahasa pemrograman :

  1. Bahasa Mesin adalah generasi pertama pada bahasa pemrograman yang berbentu binary digit dalam programnya. Sangat sulit membuat program ini menjadikan hanya programmer sejati dan sudah professional yang dapat membuat program dengan bahasa ini. (bahasa mesin tidak sama dengan bahasa manusia)
  2. Bahasa Assembly adalah generasi kedua pada bahasa pemrograman dengan percampuran antara bahasa manusia dengan binary digit, bahasa ini lebih manusiawi namun tetap saja bahasa ini sulit untuk dipahami oleh orang awam.
  3. Prosedural Bahasa generasi ketiga bahasa bahasa sudah lebih manusiawi namun tinkat bahasanya lebih tinggi dengan logika yang tinggi pula, bahasa ini biasa disebut bahasa C
  4. Bahasa Nonprosedural alahab generasi keempat bahasa pemrograman yang ada, dimana bahasa ini tidak memperklukan prosedur yang terperinci seperti pada generasi bahasa C. bahasa ini sering disebut juga sebagai bahasa C++
  5. Bahasa Pemrograman Bahasa Alami adalah generasi Cerdas dari bahasa bahasa pemrograman dimana seluruh bahasa yang ada secara alami bias dibaca oleh manusia dan mesin.

CURRENT PROGRAMMING LANGUAGES

  1. Visual Programming Languages :
  1. 2.       Hypertext Markup Language (HTML)

-standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web.

-berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data audio, video, dan program komputer dieksekusi.

  1. 3.       Extensible Markup Language (XML)

Peningkatan pada fungsi dokumen web secara sederhana

  1. 4.       Virtual Reality Modeling Language (VRML)

format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda supaya terlihat lebih nyata.

  1. 5.       Object-Oriented Programming Languages (OOP)

berdasarkan pada paket objek – data  dan instruksi tentang apa yang harus dilakukan dengan data yang ada bersama-sama.

Contoh: Java, C + +

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php