Dimas Lintang Pamungkas

Hardware

Posted: October 1st 2012

Computer Hardware

 

Sebuah computer terdiri dari 2 buah komponen utama yaitu komponen Hardware yang berisi alat-alat yang digunakan untuk computer memproses suatu kegiatan dan berinteraksi dengan User, serta komponen Software yaitu program yang dibuat untuk mempermudah komponen hardware berinteraksi dengan User. Saat ini saya akan membahas masalah Hardware pada komputer serta fungsi-fungsinya sebelum memasuki pembahasan tentang membahas tentang Software.

 

Komponen utama perangkat keras pada computer sebagai sebuah system informasi terdiri dari:

  1. CPU (Central Processing Unit):

CPU lebih biasa disebut oleh orang-orang sebagai Prosesor, digunakan untuk menjalankan instruksi – instruksi yang dimasukan oleh User yang selanjutnya akan ditindak sebagai pemberitahuan untuk komputer bagaimana computer tersebut harus bertindak. Dalam CPU pun terdapat memory yang memiliki fungsi untuk menyimpan suatu perintah secara sementara.

Komponen dalam CPU terdiri atas beberapa perangkat keras yaitu:

Komponen yang harus ada, tanpa komponen ini sebuah computer tidak dapat dijalankan. Komponen-komponen tersebut adalah

  • Mainboard / Motherboard

Mainboard atau motherboard adalah sebuah papan yang berisi sircuit-sircuit utama dalam unit sebuah system yang dapat dijalankan. Dalam hal ini Motherboard dibedakan menjadi 2 buah yaitu:

      • Motherboard With VGA on Board PCI

Motherboard ini memiliki injeksi VGA port secara langsung, yang memungkinkan untuk sebuah computer system berbagi RAM yang ada untuk system monitoring VGA (kualitas gambar yang ingin digunakan) Dalam hal ini sebuah rangkaian computer hanya digunakan untuk home user. Tetapi user tetap bias memasang VGA card walaupun sebuah computer PCI sudah memiliki VGA

      • Motherboard Not VGA Port AGP

Motherboard ini tidak memiliki akses VGA secara langsung pada papan sircuit yang ada. Hal ini menjadikan seorang user dengan motherboard ini harus memasang VGA card supaya sebuah computer dapat terhubung dengan monitor

Motherboard ini terdiri dari Adapter Cards, Processor Chips, Memory Chips. Perangkat tersebut juga sebagai sistem board.

  • PS (Power Suplay)
  • Prosesor

Prosesor disini sering disebut sebagai CPU, Processor tersebut berukuran sangat kecil ( microprosesor ) dengan tugas mengeksekusi instruksi untuk menjalankan perintah pengolahan input yang diberikan oleh user. CPU memiliki beberapa komponen yaitu:

      • Control Unit

Control Unit (CO) memiliki tugas untuk mengakses instruksi dari program-program, yang selanjutnya mentafsirkan kode-kode yang instruksi ada (decode), yang selanjutnya mengontrol aliran data di sistem, dan jalur aliran data (buses)

      • Arithmetic Logic Unit (ALU)

Berfungsi untuk melakukan proses komputasi pada data yang masuk dalam bentu biner, dan melakukan komparasi data setelah CPU mengetahui data biner tersebut akan dikirim ke mana..

      • Register

Sebagai area penyimpanan yang memiliki berkecepatan tinggi (tergantung dari RAM) untuk menyimpan data serta instruksi yang ada saat sebuah program berjalan, namun sifat dari penyimpanan registers bersifat sementara, dimana saat program ditutup, atau computer dimatikan maka semua registri yang ada akan di hapus secara otomatis.

      • Memory Storage

Komponen elektronik yang memiliki tugas untuk menyimpan segala instruksi, data, dan hasil yang telah diolah. Memory dari satu ataupun lebih chips yang berada di motherboard maupun komponen lainnya. Setiap satuan bit yang terkumpul maenjadi byte di simpan di sebuah lokasi unik yang disebut dengan address. Memory storage dibedakan menjadi 2 yaitu:

 Primary Storage

Primary Storage adalah tempat penyimpanan data sementara yang memiliki spesifikasi peyimpan dalam bentuk penyimpanan informasi yang telah dikerjakan oleh user, Aplikasi software yang telah di isikan pada CPU dan user gunakan, serta system operasi dari CPU itu sendiri. Contoh adri Primary Storage adalah RAM ( tempat penyimpanan data yang bersifat sementara, didalamnya mengolah perubahan bentuk data yang ada dan pendistribusian data yang ada), Register (Bagian dari CPU dengan kecepatan tinggi namun sangat terbatas kapasitasnya. Sesuati dengan spesifikasi CPU yang dimiliki), Cache  Memory (Lebi cepat dari pada RAM , difungsikan untuk penyimpanan menengah diantara secondary storage dan RAM saat distribusi data). ROM (Read Only Memory) (Chips yang berada langsung pada mother board yang menyimpan instruksi secara permanen yang dibutuhkan oleh computer saat booting, yang membedakan dari semuanya adalah ROM sekali diisi tidak dapat dihapus lagi dan sedikit sekali orang yang membuat ROM ini, karena ROM biasa digunakan untuk pengembangan Hardware)

 Secondary Storage

Secondary Storage adalah tempat penyimpana kedua yang bias kita isi kapan saja serta kita hapus kapan saja, karena sifatnya RWD (Read Write Delete) dimana setiap hal user dapat memasukan pada secondary storage, user pun dapat menambahkan serta menghapus data yang ada didalamnya. Seconary ini memiliki kecepatan yang rendah dan berdasarkan jumlahan besaran yang ada (Byte) namun yang menguntungkan adalah harganya yang relative lebih murah dari pada Primary Storage. Contoh dari Secondary storage adalah Hard disk, Flash diks, CD, DVD

  • Air Blower / Air Cooler (FAN)

Digunakan untuk mendinginkan aktifitas CPU supaya tidak terjadi Over Head saat CPU melakukan kegiatan.

Komponen tambahan, dimana komponen ini bila tidak ada maka tidak akan banyak berpengaruh pada computer. Komponen tersebut adalah

  • Casing

Mengamankan komponen CPU kotoran secara langsung, serta merapikan bentuk CPU

  • VGA card

Kartu grafis dimana kualitas ganbar ditentukan, biasanya yang memerlukan kartu grafis ini adalah program-program yang berat dan memiliki detail yang tinggi

  • Sound Card

Kartu suara dimana biasa dugunakan untuk editing audio karna kualitas suara akan mejadi lebih bersih dan tidak ada suara noise yang keluar (filterasi noise).

  • FireWire card

FireWire adalah sebuah kabel yang memiliki fungsi kusus dan digunakan secara kusus juga, bentuknya hapir sama dengan USB 2.0 namun kualitas yang diterima jauh lebih baik. Biasanya yang harus menggunakan FireWire adalah saat kita melakukan perekaman dengan HandyCam digital

  • Network / Modem card

Tempat untuk memasang cable LAN ataupun modem supaya User dapat melakukan penjelajahan di dunia maya.

  • USB bus

Tempat dimana kita dapat menancapkan segala bentuk alat yang memiliki bus USB yang sama. Bus USB saat ini sudah mencapai seri 3.0

  1. Input devices

Segala yang dapat unutk kita masukan ke CPU di sebut input devices,. Contoh nya adalah KeyBoard, Mouse, JoyStik, Microphone, Scaner

  1. Output devices

Segala yang dapat melihatkan kepada User tentang apa yang telah dilakukan oleh CPU dalam memproses data. Contohnya : Montor, Headphone, Speaker, Printer.

 

Saat ini Komputer sangatlah beragam dan sangatlah mengagumkan dimana computer yang dlumu menjadi computer tercepat saat ini bias menjadi computer yang paling lambat, hal tersebut dikarenakan perkembangan hardware didunia sangatlah cepat dan melebihi software yang ada. Maka dari hal tersebut saat ini komponen computer dan susunan computer dibedakan menjadi:

  1. Supercomputers adalah komputer yang  sangat canggih dengan komputasi yang kompleks, FASTEST CPUs, simulasi yang besar, state-of-the-art-components, dan mahal.
  2. Mainframes adalah komputer yang memiliki data yang besar dan komputasi yang kompleks.
  3. Minicomputer adalah komputer yang digunakan sebagai Front-end Processor untuk Mainframe.
  4. Microcomputers komputer yang digunakan  untuk personal bisnis dan perusahaan-perusahaan.

Lalu pertanyaannya adalah apakah dengan semua perkembangan itu kualitas dari user akan maju sesuai dengan kemajuan hardwareing yang ada? Tentukan dan jawablah sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php