Dimas Lintang Pamungkas

TEKNOLOGI INFORMASI DIDALAM ORGANISASI MODERN

Posted: September 24th 2012

Teknologi Informasi dalam Organisasi Modern

Perbisnisan saat ini erat sekali dengan penggunaan system informatika yang berbasis pada masalah pengolahan data informasi dalam cakupan yang luas. Dalam cakupan yang sangat luas tersebut maka perusahaan memerlukan suatu cara untuk mengolah data dengan benar dan tepat karena cakupan yang luas berarti tidak hanya perusahaan itu sendiri yang berdiri didalamnya melainkan ada faktor-faktor lain ikut berpartisipasi didalamnya.

Untuk mendukung hal tersebut maka Teknik Informatika membantu dengan:

  1.  Infrastuktur Informasi

Infrastruktur Informasi adalah Fasilitas fisik, Layanan, dan Manajemen yang digunakan untuk mendukung struktur sebuah organisasi dalam menjalankan tugasnya. Infrasturktur tersebut sebagai berikut:

  • Computer Hardware
  • Networking
  • BasisData dan DataBase
  • Software (General –Purpose Software)
  1.  Arsitektur informasi

Arsitektur Informasi adalah kumpulan dari Informasi, infrastruktur, dan Aplikasi ( Komponen Infrastruktur) yang salang berkaitan satu dengan yang lain dan tak dapat dilepaskan, hal ini berkaitan dengan kebutuhan informasi yang harus dipenuhi oleh suatu organisasi.

Arsitektur Informasi disebut sebagai rancangan terbesar dari suatu organisasi dalam melakukan kegiatan. Hal ini dikarnakan suatu organisasi perbisnisan harus memiliki cara untuk memudahkan bisnisnya dalam interkasi dengan konsumen.

Contoh: pengguan kartu ATM dengan Bank. Dalam menggunakan kartu ATM kita dimudahkan bank untuk melakukan aktivitas perbankkan yang ada, dan pihak bank-pun dapat memantau aktivitas para pengguna ATM tanpa harus bertemu dan meningkatkan kualitas dalam pelayanan serta mutu.

Informasi Arsitektur menggabungkan antara kebutuhan infrastruktur dan aplikasi software yang dapat membantu untuk menyakinkan bahwa Teknologi Informasi merupakan kebutuhan yang penting dalam dunia perbisnisan yang besar.

Konsep System Informasi:

System Informasi berdasarkan konsepnya memiliki urutan rantai muali dari Pengumpulan data, Pengolahan Data, Penyimpanan Data, Penganalisisan Data, Serta Penyebarluasan Data yang sudah Spesifik untuk digunakan.

Tipe dari Sistem Informasi:

  • Transaction Processing System (TPS), berfungsi untuk mengumpulkan serta menyimpan data yang dilanjutkan dengan memproses data tersebut untuk dapat berbentuk dalam bentuk yang lebih kompleks.
  • Management Information System (MIS), berfungsi sebagai pendukung pengambilan sebuah keputusan dalam suatu perusahaan yang memiliki kasus bersifat rutin dan terus menerus.
  • Support Sytems, berfungsi untuk pendukung pihak manajemen dalam mengambil keputusan dalam kegiatan perbisnisan yang sifatnya tidak rutin.
  • Intelligent Systems, berfungsi untuk memberikan informasi yang tersimpan dan telah diolah yang selanjutnya diberikan perusahaan atau organisasi dibawah anungan manajemen yang sama.
  • End – User Computing, berfungsi untuk mengelola pengetahuan yg dimiliki organisasi atau perusahaan secara cepat dan tepat atau lebih sederhana sebagai pengguna yang memerintas system informasi
  • Knowledge Management System (KMS), berfungsi untuk mendukung, penciptaan, pengumpulan, pengaturan, pengintegrasian, serta penyebaran data di suatu kegiatan organisasi.
  • Data Warehouse (DW), berfungsi sebagai sebuah database atau gudang data yang berisi seluruh data aktivitas bisnis yang digunakan sebagai pegangan data suatu kegiatan bisnis.
  • Mobile Computing (MC), berfungsi untuk mempermudah karyawan yang bekerja dengan pelanggan dalam berinteraksi..

Sistem Informasi dapat mendukung sebuah organisasi dengan cara:

  1. Memperhitungkan fungsi hirarki maksimal dari Struktur Organisasi yang ada pada departemen tersebut, struktur yang perlu diperhatikan adalah:
    – Departemen fungsional
    – Hirearki
    – Proyek dalam struktur matriks
  2. Terdapat 2 klasifikasi umum yang dapat memajukan perusahaan yaitu:
    – Dukungan dari para pihak dalam maupun luar
    – Klasifikasi dalam organisasi berdasarkan tingkat kemampuan yang dimiliki
  3. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikembangkan dari waktu kewaktu demi mendukung perjalanan suatu struktur organisasi ketahap yang lebih mapan ( terstruktur)
  4. Sistem Informasi tidak terdiri sendiri melainkan dari berbagai aplikasi dengan kata lain, sebuah aplikasi merupakan sistem yang dapat dikembangkan untuk tujuan lebih meruncing dan terfokus (spesifik)
  5. Aplikasi dan SistemInformasi dapat mendukung komponen-komponen organisasi moderen dengan tujuan meningkatkan kualitas dari:
    – Individu maupun Tim
    – Departemen organisasi tersebut ada
    – Unit yang menjalankan organisasi
    – Seluruh perusahaan yang ada pada organisasi tersebut
  6. SistemInformasi dari suatu organisasi dapat menjadi IntraOrganisasi, hal tersebut dikarenakan:
    – Antar organisasi saling berhubungan atau bekerjasama untuk mendapatkan sebuah keuntungan dalam hal perbisnisan
    – Suatu organisasi memerlukan suatu jaringan yang luas untuk bisnisnya sehingga harus bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki jaringan yang luas (e-commerce)
  7. SistemInformasi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak sesuai dengan peran mereka di dalam sebuah organisasi yang berjalan seperti:
    Top Manager sebagai pusat dari organisasi yang membuat keputusans strategis bisnis dari organisasi (membuat keputusan yang strategis)
    Middle Manager sebagai pihak yang mengatur manajemen yang dibutuhkan oleh para Clerical workers serta membuat keputusan berdasarkan kebutuhan memajukan perusahaan sesuai rancangan Top Manage ( keputusan taktis )
    Line Manager membuat keputusan operasi setelah pihak Middle Manager memberikan pengarahan pelaksanaan tugas dan bertanggung jawab atas kinerja Clerical workers dengan kesesuaian tugas.( membuat keputusan operasi)
    Clerical workers merupakan pekerja yang melaksanakan segala tugas dan keinginan dari Top Manager serta sebagai penopang utama kehidupan organisasi perbisnisan ( pekerja yang menggunakan dan menyampaikan informasi )

Bagaimana suatu organisasi dapat mengolah informasi yang didapatkan lalu di atur?

  1. Sumber daya informasi dapat mencakup banyak hal dan dapat diambil dari:
    – Hardware
    – Software
    – Database
    – Networks
    – Procedures
    – Physical buildings
  2. Sumber daya manajemen yang tepat sangatlah penting namun harga yang harus dikeluarkan sangat mahal
  3. Pertanggung jawaban atas summber daya informasi bersama yang melibatkan antara departemen dan pengguna
  4. Organisasi harus memiliki pertanggung jawaban atas perencanaan, pembelian,pengembangan, dan memelihara sumber daya informasi yang ada dan dibutuhkan oleh organisasi
  5. Kerjasama dengan pihak lain karma itu sangatlah penting demi keberlanjutan sebuah organisasi

Tugas dari department informasi adalah:

  1. Perputaran teknis berdasarkan orientasi dari management
  2. Nilai focus ditingkatkan untuk menambah nilai dari kestrategisan dari organisasi
  3. Perjuangan untuk meningkatkan nilai perolehan management untuk membuat SistemInformasi menjadi lebih complek
  4. Chief Information Officer (CIO) merupakan contoh dari seorang kepala dari banyak organisasi.

Sekian dari saya terimakasih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php