Dimas Lintang Pamungkas

Teknik Informatika di Perkembangan Perbisnisan

Posted: September 10th 2012

Dunia Bisnis saat ini sangatlah mengerikan dimana bisnis berkembang pesat bersama berkembangnya pula teknologi. Hal ini disebabkan oleh persaingan antar negara maju untuk melebih majukan negaranya dalam bidang apapun termasuk bisnis. Banyak cara yang digunakan negara-negara maju untuk mengembangkan bisnisnya. Hal inilah yang sering disebut dengan Ekonomi Global, dimana kegiatan bisnis dari suatu negara berusaha untuk dikirimkan kenegara lain yang membutuhkan.

Dari hal tersebut maka pembisnis golongan menengah kebawah dari suatu negara berkembang yang menjadi sasaran negara yang telah maju akan mudah lengser. Hal ini disebabkan karna semakin berkembangnya teknologi maju yang digunakan oleh seorang pembisnis menyebabkan suatu produk mudah untuk diakses, ditiru, diaplikasikan, dievaluasi dan akhirnya di produksi oleh seorang pembisnis yang lain.

Dari sebab itu dalam Ekonomi Global ini konsumen lah yang menjadi pusat dari fokus produksi oleh para pembisnis. Contoh nyata dari hal ini di Indonesia adalah persaingan penyedia jasa komunikasi yang saling berperang tarif untuk mendapatkan konsumen yang banyak dan memenangkan persaingan walaupnun program yang ia gunakan sebuah program tiruan yang di kembangkan, walau akhirnya beberapa kasus menjadi lebih membebani para konsumen.

Dari semua yang ada berarti, perbisnisan saat ini sedang tertekan. Hal itu disebabkan untuk memenangkan suatu persaingan bisnis seorang pelaku perbisnisan harus menghemat sumberdaya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Maka dari itu para pembisnis pastilah aktif dan kreatif supaya hal yang sudah ada berkembang dari waktu ke waktu tanpa menunggu waktu yang terlalu lama.

Dari semua hal yang ada, dapat di pastikan bahwa seseorang pembisnis harus dapat menguasai pengetahuan akan teknologi supaya tidak tertinggal jauh dari para pesaingnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti:

1. Pekembangan pesaing bisnis dapat dipantau dari media komunikasi

2. Memperpendek proses dari pengerjaan suatu sistem

3. Peluang untuk mendapatkan informasi dari konsumen lebih cepat.

4. Dll.

Walaupun seorang pembisnis sudah mengetahui tentang teknologi, tetapi para pembisnis tetap akan mendapatkan tekanan-tekanan dari luar yang dapat di bagi menjadi 3 konsep besar yaitu:

  1. Pasar: Apapun yang di jual dipasar, semakin banyak barang yang didagangkan dengan tipe yang sama berarti harga akan dipengaruhi oleh para pembelinya atau lebih ringkasnya pembeli adalah penentu harga untuk barang pasaran.
  2. Teknologi: Semakin maju perkembangan teknologi semakin banyak peluang untuk mengembangkan hal yang baru
  3. Sosial: Seorang pembisnis harus bertanggung jawab akan lingkungan sekitarnya, mulai dari pekerjaan penduduk disekitar bisnis itu berkembang, sumber daya alam yang ada disekitar, dan segala hal yang menyangkut hidup orang banyak.

Dari ulasan di atas maka dapat dipastikan bahwa seorang pembisnis dalam bisnisnya saat ini tidak dapat meninggalkan dunia teknologi, karena setiap detik teknologi berkembang maka setiap detik itulah ada hal baru yang haru seorang pembisnis mengetahuinya.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Hello world!

Go to post

TEKNOLOGI INFORMASI DIDALAM ORGANISASI MODERN

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php