48Fam ~ Dharmanto

Pertemuan 12 PTI : Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 3rd 2012

Malam semua ><
ntah napa ane klo ngeblog sukanya malam2 ><
mungkin karna hawanya dingin *padahal panas dan gerah* dan inspirasi masuk terus hahahahay…. ><
pada malam ini ane akan bahas materi pertemuan ke-12 tentang  “Data, Pengetahuan, dan Sistem Pendukung Keputusan” langsung di cek aja kalo gitu gan/sis… ><

Pertama-tama

Apa yang dilakukan oleh MANAGER??

Manajer ya ngelakuin apa yang dia suka *Peace* ><
Manajer ===> Mengambil sebuah keputusan

  • Peran Interpersonal: tokoh, pemimpin, penghubung
  • Peran Informational: pengawas(mengawasi), penyebar, juru bicara
  • Peran Putusan: pengusaha, me-handler gangguan, pengalokasi sumber daya, negosiator
———- >< ———-

Mengapa Manajer Perlu Dukungan IT ???

Volume informasi yang tersedia/diterima sangat banyak
Pengolahan informasi secara Manual dengan cepat semakin sulit dilakukan
Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas
meneliti berbagai alternatif sangat cepat
memberikan analisis risiko secara sistematik

Di mana kita mendapatkan data yang kita butuhkan??

 

Data Sources
  • Internal Data
  • Personal Data
  • External Data
Data Collection Methods
  • Manually
  • By instruments and sensors
  • Scanning or electronic transfer

spasi ><

Apa yang dimaksud dengan Data yang “Baik” ???

Kualitas Data
kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data ini
Isu yang sangat penting
karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

Data Storage dan Management

Data Storage

Database atau data mart dan data warehouse

Data Management difficulties 

Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
hanya bagian kecil dari data yang relevan untuk situasi tertentu
Semakin banyak data eksternal
Persyaratan hukum yang berbeda berkaitan dengan Data
Kesulitan memilih alat manajemen data
Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting

Business Intelligence

Tujuan utama pengumpulan data adalah untuk memberikan landasan untuk intelijen bisnis

Semua data yang diperlukan dalam keputusan suara
Data diambil dari gudang data atau data mart
Alat analisa data yang diterapkan
Penilaian pengambil keputusan ‘ditambah dengan fakta, analisis, dan prakiraan

Decision Making Process

Decision Support Systems menyediakan dukungan yang terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan
End-user secara aktif bekerja dengan data warehouse
End-user menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan

Apa yang dimaksud dengan “Model”

Model – simplified representation of reality

Iconic (scale) models
•physical replica of a system
Analog models
•Behaves like real system; does not look like it
Mathematical (quantitative) model
•models complex relationships and conducts experimentations with them
Mental models
•how a person thinks about a situation
spasi lagi ><

Thinking about decisions…

Sebuah Kerangka Pendukung Keputusan Komputerisasi

Struktur Masalah
Proses pengambilan keputusan yang  jatuh di sepanjang sebuah kontinum Mulai dari keputusan yang sangat terstruktur sampai yang sangat tidak terstruktur

Sifat Keputusan
perencanaan strategis – adalah tujuan jangka panjang dan kebijakan untuk alokasi sumber daya

manajemen kontrol – akuisisi dan pemanfaatan sumber daya yang efisien dalam
pencapaian tujuan organisasi

operasional kontrol – eksekusi efisien dan efektif tugas-tugas tertentu

Keputusan terstruktur telah lama didukung oleh komputer

Kelas keputusan terstruktur telah ditangani dengan model matematis Ilmu Manajemen

  • Mendefinisikan masalah
  • Klasifikasikan masalah ke dalam kategori standar
  • Membangun sebuah model matematika standar
  • Temukan solusi potensial
  • Memilih dan merekomendasikan solusi yang spesifik

Decision Support Systems

Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur

Karakteristik dan Kemampuan

  • Mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial
  • Mendukung pengambilan keputusan saling tergantung dan / maupun berurutan beberapa
  • Mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan dan style
  • Dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi
  • Mudah untuk membangun
  • Memanfaatkan model dan link ke data dan basis pengetahuan
  • Mengeksekusi sensitivitas anallisis

Sensitivitas analisis

Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model

what-if Analisis

memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan

Goal-seeking Analisis

menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output

Komponen dan Struktur DSS

Manajemen Data
Termasuk database (s) berisi data yang relevan untuk situasi keputusan
User Interface
Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
Model Manajemen
Termasuk perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya
Manajemen Pengetahuan
Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu subsistem lain atau bertindak sebagai komponen independen

Enterprise Decision Support

 

Executive Information Systems
  • Meet information needs of executives
•Very limited time
•Need to monitor and identify problematic trends
•Need external as well as internal information
  • Rapid access to data needed to executives
  • Very easy user interface
  • Highly graphical
  • Often connected with online information services (e.g., Dow Jones News Retrieval)
  • Incorporates email
  • Capabilities of EIS
•Drill down
•Critical success factors and key performance indicators
•Status access
•Trend analysis
•Ad hoc analysis
•Exception reporting
•Intelligent EIS
•Integration with DSS; web accessibility
Decision Support Systems Group
  • Memfasilitasi solusi keputusan semistructured dan tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan
  • Membantu kelompok menjadi produktif dengan mengurangi beberapa perilaku kelompok negatif
  • Mendukung proses kelompok dengan mendorong generasi ide, meningkatkan komunikasi, dan menerapkan alat-alat analisis yang diperlukan untuk masalah

GDSS Implementasi
Face-to-face pertemuan – keputusan ruangan ‘khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih
‘War room’ Perusahaan – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan
Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratif untuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender, polling, dll

Apa yang bisa kita lakukan dengan data yang tersimpan?

 

 

  • Analytical Processing – the activity of analyzing accumulated data
  • Online analytical processing (OLAP)
    • An end-user activity
    • Involve large data sets with complex relationships
    • Use Decision Support Systems models
    • Is retrospective

Data mining – pencarian cerdas dari data yang disimpan dalam data mart atau gudang

  • Temukan informasi prediktif
  • Temukan pola diketahui
  • End user melakukan tugas pertambangan dengan alat yang sangat kuat
  • Minning tool menerapkan teknik komputasi canggih (learning, intelligence)

Online Analytical Processing (OLAP)

Analisis oleh end user dari desktop mereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spreadsheet
Menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis
Libatkan kumpulan data
Membandingkan kumpulan data selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan)
Hadir data dalam perspektif yang berbeda
Melibatkan perhitungan yang kompleks antara elemen data
Merespon dengan cepat permintaan pengguna

Data Visualization

Menganalisis data dapat menjadi lebih berguna jika disajikan dengan menggunakan teknik Visualisasi Data
Visual Interaktif Modeling – tampilan grafik keputusan
Simulasi Interaktif Visual – Model simulasi animasi dan dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pengambil keputusan
Sistem Informasi Geografis – menampilkan data yang berhubungan dengan lokasi geografis menggunakan peta digital

What is Knowledge Management?

Konsep Kunci
Pengetahuan aset – tentang pasar, produk, teknologi, dan organisasi yang memiliki bisnis atau perlu memiliki
Praktik terbaik – koleksi solusi yang paling sukses dan / maupun studi kasus
Modal intelektual – koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun
Pengetahuan sistem – mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database, memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna
Kompetitif intelligence – pengumpulan informasi kompetitif

IT Support for Knowledge Management

 

 

Knowledge identification – what is important?
Knowledge discovery and analysis – finding and organizing knowledge
Knowledge acquisition – going and getting needed knowledge by asking or promoting idea generation
Establishment of organizational knowledge bases – storing and organization corporate knowledge
Knowledge distribution and use – ensuring that those who need knowledge can access it

Implementing Knowledge Management

 

 

Mengatur kembali sebagai pengetahuan berbasis organisasi

Menciptakan posisi baru, chief knowledge officer (CKO)

  • menciptakan infrastruktur manajemen
  • membangun budaya pengetahuan
  • membuatnya menjadi lunas

Memfasilitasi pembelajaran organisasi

Belajar dari pengalaman mereka untuk bertahan hidup

Promoting Idea Generation

 

 

  • Sumber utama pengetahuan adalah ide kreatif generasi oleh individu atau kelompok
  • Software alat (GDSS) dapat mempromosikan generasi ide produktif bagi kelompok
  • Perangkat lunak juga tersedia bagi individu untuk membantu merangsang produksi  ide kreatif
udahan dulu ea, sudah malam ikan bobo ><
wahahahahhaha
Oyacumi-cumi *oyasuminasai~*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php