Malam semua ><
ntah napa ane klo ngeblog sukanya malam2 ><
mungkin karna hawanya dingin *padahal panas dan gerah* dan inspirasi masuk terus hahahahay…. ><
pada malam ini ane akan bahas materi pertemuan ke-12 tentang “Data, Pengetahuan, dan Sistem Pendukung Keputusan” langsung di cek aja kalo gitu gan/sis… ><
Pertama-tama
Manajer ya ngelakuin apa yang dia suka *Peace* ><
Manajer ===> Mengambil sebuah keputusan
Volume informasi yang tersedia/diterima sangat banyak
Pengolahan informasi secara Manual dengan cepat semakin sulit dilakukan
Pemodelan Komputerisasi membantu mengelola kompleksitas
meneliti berbagai alternatif sangat cepat
memberikan analisis risiko secara sistematik
spasi ><
Kualitas Data
kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data ini
Isu yang sangat penting
karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten
Data Storage
Database atau data mart dan data warehouse
Data Management difficulties
Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
hanya bagian kecil dari data yang relevan untuk situasi tertentu
Semakin banyak data eksternal
Persyaratan hukum yang berbeda berkaitan dengan Data
Kesulitan memilih alat manajemen data
Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting
Tujuan utama pengumpulan data adalah untuk memberikan landasan untuk intelijen bisnis
Semua data yang diperlukan dalam keputusan suara
Data diambil dari gudang data atau data mart
Alat analisa data yang diterapkan
Penilaian pengambil keputusan ‘ditambah dengan fakta, analisis, dan prakiraan
Decision Support Systems menyediakan dukungan yang terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan
End-user secara aktif bekerja dengan data warehouse
End-user menerapkan model untuk mewakili, memahami, dan menyederhanakan situasi keputusan
Model – simplified representation of reality
Sebuah Kerangka Pendukung Keputusan Komputerisasi
Struktur Masalah
Proses pengambilan keputusan yang jatuh di sepanjang sebuah kontinum Mulai dari keputusan yang sangat terstruktur sampai yang sangat tidak terstruktur
Sifat Keputusan
perencanaan strategis – adalah tujuan jangka panjang dan kebijakan untuk alokasi sumber daya
manajemen kontrol – akuisisi dan pemanfaatan sumber daya yang efisien dalam
pencapaian tujuan organisasi
operasional kontrol – eksekusi efisien dan efektif tugas-tugas tertentu
Keputusan terstruktur telah lama didukung oleh komputer
Kelas keputusan terstruktur telah ditangani dengan model matematis Ilmu Manajemen
Dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur
Karakteristik dan Kemampuan
Sensitivitas analisis
Studi tentang efek bahwa perubahan dalam satu atau lebih bagian dari model terhadap bagian lain dari model
what-if Analisis
memeriksa dampak dari perubahan dalam asumsi atau input data lain pada solusi yang diusulkan
Goal-seeking Analisis
menemukan nilai dari input yang diperlukan untuk mencapai tingkat yang diinginkan output
Komponen dan Struktur DSS
Manajemen Data
Termasuk database (s) berisi data yang relevan untuk situasi keputusan
User Interface
Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan dan memerintahkan DSS
Model Manajemen
Termasuk perangkat lunak dengan keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau model kuantitatif lainnya
Manajemen Pengetahuan
Memberikan pengetahuan untuk solusi dari masalah; mendukung salah satu subsistem lain atau bertindak sebagai komponen independen
GDSS Implementasi
Face-to-face pertemuan – keputusan ruangan ‘khusus dibuat dengan komputer dan perangkat lunak terkait GDSS, penggunaan difasilitasi oleh pemimpin terlatih
‘War room’ Perusahaan – informasi yang ditampilkan secara grafis dan analisis dilakukan
Dukungan untuk tim virtual – alat tim kolaboratif untuk tim geografis, diskusi dukungan, kalender, polling, dll
Data mining – pencarian cerdas dari data yang disimpan dalam data mart atau gudang
Analisis oleh end user dari desktop mereka, secara online, menggunakan alat bantu seperti spreadsheet
Menganalisis hubungan antara berbagai jenis elemen bisnis
Libatkan kumpulan data
Membandingkan kumpulan data selama periode waktu yang hirarkis (bulanan, kuartalan, tahunan)
Hadir data dalam perspektif yang berbeda
Melibatkan perhitungan yang kompleks antara elemen data
Merespon dengan cepat permintaan pengguna
Menganalisis data dapat menjadi lebih berguna jika disajikan dengan menggunakan teknik Visualisasi Data
Visual Interaktif Modeling – tampilan grafik keputusan
Simulasi Interaktif Visual – Model simulasi animasi dan dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pengambil keputusan
Sistem Informasi Geografis – menampilkan data yang berhubungan dengan lokasi geografis menggunakan peta digital
Konsep Kunci
Pengetahuan aset – tentang pasar, produk, teknologi, dan organisasi yang memiliki bisnis atau perlu memiliki
Praktik terbaik – koleksi solusi yang paling sukses dan / maupun studi kasus
Modal intelektual – koleksi pengetahuan yang dikumpulkan oleh organisasi selama bertahun-tahun
Pengetahuan sistem – mengumpulkan pengetahuan, menyimpannya dalam database, memelihara database, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk pengguna
Kompetitif intelligence – pengumpulan informasi kompetitif
Mengatur kembali sebagai pengetahuan berbasis organisasi
Menciptakan posisi baru, chief knowledge officer (CKO)
Memfasilitasi pembelajaran organisasi
Belajar dari pengalaman mereka untuk bertahan hidup