48Fam ~ Dharmanto

Pertemuan 10 PTI : Electronic Commerce

Posted: November 19th 2012

selamat malam semua ><
pada kesempatan kali ini ane akan bahas materi pertemuan ke-10 tentang E-Commerce

langsung disimak saja gan ><

E-Commerce (EC) History and Scope

sejarahnya dari tahun 1970-an dan hanya terbatas pada perusahaan-perusahaan besar pada saat itu, tapi semua berubah ketika negara api menyerang kini semua yg berubungan dengan jual-beli(transaksi) dapat dilakukan secara online.

sampai hari ini ruang lingkup E-Commercemeliputi :

  • pengiklanan
  • rumah perbankan
  • berbelanja di toko-toko elektronik dan mall
  • membeli saham
  • mencari pekerjaan
  • melakukan lelang
  • berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
  • menyediakan layanan untuk pelanggan

EC Definitions & Concepts

  • Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
  • EC didefinisikan secara perspektif :
    • Communications
    • Business process
    • Service
    • Online
    • Collaborations
    • Community
  • Tradisional commerce: semua dimensi yang berhubungan dengan transaksi berupa fisik
    • Brick-and-mortar organizations
      • Old-economy organizations (perusahaan)
      • Melakukan semua bisnis secara off-line
      • Menjual produk fisik dengan cara agen fisik
      • Memiliki tempat bertransaksi (toko/lapak)
      • Modal besar
  • Pure EC: semua dimensi transaksi adalah digital/secara elektronik
    • Murni secara online (maya)
    • New-economy organization
    • Menjual produk atau jasa hanya secara online
    • Tidak memiliki tempat/lapak
    • Modal kecil
  • Partial EC: campuran dari dimensi digital dan fisik
    • Click-and-mortar organizations
    • Melakukan kegiatan EC
    • Memiliki tempat untuk bertransaksi
    • Mempromosikan barang/jasa secara fisik dan elektronik(online)

EC vs E-business

E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga

  • pelayanan pelanggan
  • Bekerja sama dengan mitra bisnis
  • Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi
  • Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

Types of E-Commerce

•Business-to-business EC (B2B)
•Collaborative commerce (c-commerce)
•Business-to-consumer EC (B2C)
•Consumer-to-businesses (C2B)
•Consumer-to-consumer (C2C)
•Intrabusiness (intraorganizational) commerce
•Government-to-citizens (G2C)
•Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Marketplaces

•Markets facilitate exchange of
•Information
•Goods
•Services
•Payments
Markets create economic value for
•Buyers
•Sellers
•Market intermediaries
•Society at large

Electronic Markets vs. Inter-organizational Systems

E-markets

•Buyers and sellers meet to exchange
•Goods
•Services
•Money
•Information 

Inter-organizational Information Systems (IOS)

  • Antara dua atau lebih organisasi
  • Rutin pemrosesan transaksi
  • arus informasi

The EC Framework

EC applications supported by infrastructure and 5 support areas
•People
•Public policy
•Technical standards and protocols
•Business partners
•Support services

Electronic Commerce Requirements

Infrastruktur – hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi

Mekanisme Pembayaran Elektronik 

  • Elektronik check
    • Nasabah membuka rekening dengan bank
    • pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital
    • pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual

Kartu kredit Elektronik

Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet
Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan

  • Elektronik kas di PC
    • Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
    • pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak
    • bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan , didukung dengan tanda tangan digital
    • uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
    • Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual
    • penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain
  • Kartu pembayaran Elektronik dengan e-cash
    • Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik
    • Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran
  • Smart card
    • Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak
  • Person-to-person payment systems
    • Transfer dana antar individu(Paypal)
  • Electronic Funds Transfer (EFT)
    • Transfer uang Elektronik ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm.
  • Electronic wallets
    • Dompet elektronik yg berfungsi menyimpan E-Cash
  • Purchasing cards
Security 
  • Enkripsi– suatu proses pembuatan pesan yang terbaca oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi yang berwenang
    • •Single-key encryption
    • •Public/private key encryption
    • •Public key infrastructure
  • Electronic Certificates
  • Secure Socket Layer (SSL)-protocol used to encrypt message
  • Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol for credit cars processing
cukup sekian yang bisa ane sampaikan, mohon maaf bila ada kekurangannya, dan tolong dikembalikan kalo ada lebihnya ><
 sampai jumpa dan selamat bermimpi indah Oyasuminasai~~


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Pertemuan 9 PTI : Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Go to post

Pertemuan 11 PTI : Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php