DEWI KARMILA

WIRELESS AND MOBILE

Posted: December 12th 2012
  1.      Tekhnolohi  Wireless

Tekhnologi wireless diantaraya, Micro browser yakni browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja diperangkat wireless dan dengan memory dan bendwith terbatas, dan Pager yaitu mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk. Sedangkan wireless transmisi media terdiri atas :

  1. Microwave transmission systems digunakan secara luas untuk komunikasi yang bervolume tinggi, jarak jauh dan point-to-point
  2. Satellite transmission : menggunakan satelit komunikasi; terdiri dari 3 tipe satelit dengan orbit berbeda yakni : GEO, MEO, dan LEO
  3. Footprint adalah area permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit –  mengatasi keterbatasan dari microwave data relay stations.
  4. Broadcast transmission mengijinkan satelit untuk mengirimkan sinyal ke banyak receivers sekaligus
  5. Propagation delay adalah jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO yg menganggu pembicaraan pada two-way telephone

Global positoning system terdiri dari GPS yaitu sistem wireless yang menggunakan satelit yg memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka di mana saja di bumi; didukung oleh 24 shared satellites di seluruh dunia. Untuk internet over satelit terdiri atas IOS mengijinkan user Internet melalui GEO satellites dari antena yg terpasang di rumah/lokasi user.

2. Wireless computer Network dan Internet acces

Terdiri atas:

  1. Bluetooth, yaitu penghubung PAN kecil, menghubungkan hingga 8 device dengan jarak area 10 meter
  2. Zigbee ditujukan pada aplikasi yang membutuhkan transmisi data dan konsumsi daya yg rendah, memindahkan data dengan kecepatan ¼ dari bluetooth.
  3. Wireless local area network, membutuhkan transmitter dengan antena yang disebut wireless access point,  yg menghubungkan wired LAN atau antena satellite yg menyediakan koneksi Internet.

Masalah wi-fi yang selalu terjadi :

  1. Roaming – User tidak bisa berpindah dari satu hotspot ke hotspot lain jika hotspot menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yg berbeda.
  2. Security – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, tidak mudah untuk melindunginya
  3. Cost – layanan Wi-Fi komersial murah tapi tidak gratis dan tiap layanan memiliki biaya yg berbeda dan account log in user yg terpisah

 4. Mobile computing and mobile commerce mobile computing

Mobile computing mengacu pada real-time, koneksi wireless antara perangkat mobile dan computing environments lainnya, seperti Internet atau intranet, sedangkan M-commerce mengacu kepada transaksi e-commerce (EC) pada lingkungan nirkabel khususnya melalui internet.

5     Pervasive computing

Adalah invisible “everywhere computing” yg ditanam pada objek disekitar kita – lantai, atap, mobil, mesin cuci, microwave oven, cell phones, baju, dsbnya. (e.g., smart home, peralatan cerdas)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php