learning and sharing

Sistem Informasi Fungsional, Enterprise, dan Interorganizational

Posted: November 16th 2012

Sistem Informasi Fungsional, Enterprise, dan Interorganizational

Sistem informasi fungsional terdiri dari sistem-sistem informasi kecil yang benar-benar independen maupun terintegrasi di dalam suatu department ataupun lintas department. Management system informasi menyediakan informasi rutin kepada manager pada area fungsional.

Transaksi adalah peristiwa/event yang terjadi selama proses bisnis. TPS dirancang untuk mencatat dan menyimpan data yang menjabarkan setiap bisnis event yang terjadi. Metode proses transaksi dapat dilakukan dengan batch processing, online processing, dan hybrid processing. Beberapa tipe tugas TPS yaitu pemrosesan order, sebagai general ledger, mengelola hutang piutang, penggajian, management daftar-daftar barang, serta laporan dan pernyataan berkala.

Sistem accounting dan financial menangani perencanaan keuangan dan budget, managemen investasi, serta control keuangan. Sistem marketing dan sales menangani saluran distribusi, sistem channel yang lain, customer services, telemarketing, managemen marketing, masalah-masalah sosial dan tekis dalam IT yang mendukung aktivitas sales, serta customer relationship management.

Sistem pengaturan produksi dan operasi menangani masalah logistic dan material, perencanaan produksi, automatic design work and manufacturing. Managemen system sumber daya manusia mengelola recruitment, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia, perencanaan dan managemen sumber daya manusia.

Sistem informasi fungsional dinilai memiliki kekurangan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan, berkomunikasi secara efektif, serta kesulitan dalam menginputkan data yang saling berhubungan secara terpisah, karena itu dibangunlah system informasi yang terintegrasi dengan berbagai cara, misalnya menambah aplikasi baru untuk memaksimalkan system yang ada, menggunakan aplikasi supply chain management, atau menggunakan aplikasi enterprise resource planning.

Interorganizational Information System adalah system elektronik yang melibatkan aliran informasi antara 2 atau lebih perusahaan yang berada pada on going relationship supaya bisa berkomunikasi dengan efisien. Tipe system interorganizational adalah global system, electronic data interchange, electronic funds transfer, extranets, shared databases, dan integrated messaging.

Beberapa masalah yang dihadapi dalam interorganizational system antara lain perbedaan budaya, ekonomi, dan politik, serta cross border data transfer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php