learning and sharing

Software Komputer

Posted: September 29th 2012

Perangkat Lunak Komputer

Masalah yang dihadapi dalam mengembangkan software di antaranya adalah tidak dapat dikembangkan dengan cepat, harus melalui proses-proses yang menghabiskan waktu dan memakan biaya yang mahal seperti testing dan debugging. Selain itu, dengan meningkatnya kompleksitas suatu software, semakin besar pula kemungkinan terjadinya ‘bugs’ atau kesalahan. Padahal, system informasi menuntut perkembangan yang cepat supaya tidak tertinggal. Selain masalah pengembangan software, perlu diperhatikan juga bagaimana pemeliharaannya supaya proses bisnis tetap berjalan.

Software dikelompokan menjadi System Software dan Application Software. System Software berperan mengelola sumber daya hardware sehingga dapat mendukung software aplikasi; memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging; serta mengontrol dan mendukung aktivitas system computer. Sementara Application Software adalah instruksi yang digunakan untuk menjalankan tugas spesifik dari pengguna.

Ada 2 jenis System Software, yaitu System Control Program dan System Support Program. Sistem operasi adalah system control program utama yang bertugas mengelola program yang berjalan pada processor, baik multitasking/multiprogramming, multithreading, timesharing, multiprocessing, virtual memory, file management dan security, fault tolerance, maupun user interface. Terdapat 3 tipe system operasi, yaitu major desktop operating system, departmental server operating systems, dan enterprise operating systems.

System Support Program berperan dalam mendukung operasi, manajemen, dan pengguna suatu system computer. Contohnya system utilities, performance monitors, dan security monitors.

Terdapat 2 jenis software aplikasi yaitu Proprietary Application Software (mengarah pada kebutuhan bisnis spesifik suatu perusahaan) dan Off The Self Application Software (vendor mengembangkan program-program yang dijual ke perusahaan-perusahaan dan bisa dalam paket standar).

Berbagai bahasa pemrograman memungkinkan orang-orang untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan computer sekaligus dasar untuk mengembangkan aplikasi. Bahasa pemrograman terus mengalami perkembangan, mulai dari bahasa mesin, bahasa assembly, bahasa procedural, bahasa bukan procedural, bahasa natural, bahasa pemrograman visual (contohnya visual basic dan visual C++), HTML (bahasa yang digunakan di world wide web), XML, component ware, VRML, OOP (contohnya Java dan C++).

Masalah yang dihadapi banyak organisasi adalah tuntutan kebutuhan yang selalu berubah sementara tidak mudah untuk mengubah semua jenis hardware dan software yang begitu kompleks. Untuk mengatasinya, kita dapat menerapkan kemasan software dengan penyajian yang disempurnakan (contohnya sumber daya manusia, pengoperasian, keuangan, marketing, accounting, dll), menggunakan middleware untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda, serta menggunakan software perusahaan yang dapat mengelola seluruh proses dalam suatu organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php