learning and sharing

Infrastruktur Teknologi Informasi (Hardware)

Posted: September 20th 2012

Infrastruktur Teknologi Informasi

Perangkat Keras Komputer

Komponen perangkat keras system informasi terdiri dari CPU, memory, input devices, dan output devices. Komponen utama motherboard adalah CPU/ processor dan memory. Mother board adalah papan sirkuit utama di dalam unit system, terdiri dari adapter cards, memory chips, dan processor chips.  CPU berfungsi menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana computer bekerja. Komponen umum CPU adalah processor, memory, adapter cards, ports, drive bays, dan power supply.

CPU adalah microprocessor yang mengeksekusi instruksi untuk menjalankan tugas pengolahan; komponennya terdiri dari Control Unit, Arithmetic Logic Unit, Registers, dan primary storage. Control Unit berfungsi mengakses instruksi program, mentafsirkan (decode) instruksi, mengontrol aliran data di computer (jalur aliran data disebut buses). Arithmetic Logic Unit berfungsi melakukan proses komputasi dan komparasi. Register adalah area penyimpanan berkecepatan tinggi, berfungsi menyimpan data dan instruksi. Memory terdiri dari primary storage dan secondary storage.

Primary storage adalah tempat penyimpanan sementara yang menyimpan informasi, application software, dan operating system software. Primary storage terdiri dari register (bagian dari CPU, sangat cepat, kapasitas terbatas), RAM (memory chips untuk menyimpan data sementara, penyimpanan umum untuk instruksi program dan data, volatile), cache memory (lebih cepat dari RAM, menyediakan intermediate strorage antara RAM dan secondary storage), serta ROM (chips yang menyimpan instruksi permanen yang dibutuhkan computer, nonvolatile), ada 3 tipe ROM yaitu Firmware, PROM (Programmable Read Only Memory), dan EEPROM (Electricity Eraseable Programmable Read Only Memory).

Secondary storage merupakan nonvolatile memory, bisa dihapus dan diprogram ulang, mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, lebih murah daripada primary storage, lebih lambat daripada primary storage, merupakan media penyimpanan magnetic dan optical.

Komputer bersifat digital, data dipresentasikan dalam pola bit, 8 bits=1 byte. ASCII Code memberi karakter unik untuk setiap pola dari operating system dan operation system dalam byte. 1 kB=1000 bytes, 1MB=1000000 bytes, 1 GB=1000000000 bytes, 1 TB=1000000000000 bytes.

Operasi CPU terdiri dari sebuah siklus mesin. Pertama, instruksi diambil dari primary storage oleh control unit; langkah kedua, control unit menerjemahkan instruksi ke dalam perintah (decode); ketiga, ALU menerima data dan instruksi serta melakukan perbandingan dan perhitungan; dan keempat, hasilnya disimpan di primary storage.

Microprocessor berkembang pesat karena miniaturisasi transistor, penurunan jarak antara transistor pada chip, peningkatan konduktivitas listrik, peningkatan pemrograman instruksi ke chip.

Klasifikasi computer berdasarkan power yaitu supercomputers, mainframes, midrange, workstations, microcomputers, dan computing appliances.

Input adalah data/instruksi yang dimasukkan ke dalam computer. Input devices adalah komponen hardware yang digunakan untuk memasukkan data/instruksi. Ada 2 tipe input yaitu data dan instruksi. Data adalah text yang belum diproses, angka, gambar, audio, dan video. Instruksi adalah program, perintah, dan respon pengguna. Input devices berdasarkan orientasinya dibagi menjadi 2, yaitu orientasi manusia (keyboard, mice/trackball, touch screen, stylus, joystick, microphone) dan otomatis (ATMs, POSs, Optical Scanners, Voice Recognitions, sensors, cameras).

Output adalah data yang diproses ke dalam bentuk yang berguna disebut informasi. Sementara output devices adalah komponen hardware yang dapat menampilkan hasil, contohnya printer, monitor, dan speaker.

Strategi dalam penggunaan hardware:

  • Produktivitas

Akankah produktivitas pegawai meningkat sebagaimana power microprocessor dan kecepatan meningkat?

  • Perubahan Gaya Kerja

Akankah gaya bekerja yang baru memberi manfaat bagi pegawai dan lembaga secara keseluruhan?

  • Produk baru dan pelayanan

Apakah organisasi siap dan dapat mengambil keuntungan dari produk dan pelayanan baru sehingga kemajuan hardware dapat memberi dampak positif bagi perusahaan?

  • Meningkatkan komunikasi

Apakah organisasi siap menggunakan multimedia untuk berbagi pengetahuan?

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php