learning and sharing

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 13th 2012

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Sistem informasi secara garis besar terdiri dari dua komponen yaitu infrastruktur informasi dan arsitektur informasi. Infrastruktur informasi meliputi hardware, software, komunikasi/jaringan, basis data, dan manajemen informasi. Sementara arsitektur informasi adalah suatu perencanaan mengenai hal-hal yang dibutuhkan perusahaan supaya bisa mengelola infrastruktur informasi sehingga kebutuhan informasi dapat terpenuhi. Secara umum, arsitektur informasi memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang  direncanakan dan tersedia, aplikasi perangkat lunak, serta memastikan teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan strategi bisnis perusahaan.

Jenis-jenis sistem informasi yaitu Transaction Processing System, Management Information System, Office Automation System, Decision Support System, Intelligent Support System, End User Computing, Knowledge Management System, Data Warehousing, dan Mobile Computing.

Contoh Transaction Processing System adalah Point of Sale, menekankan pada otomatisasi transaksi bisnis harian; mengumpulkan, menyimpan, memproses, menyebarkan data transaksi bisnis; menyediakan data dasar bagi sistem lainnya; kompleks dan rumit; penting untuk kesuksesan bisnis. Management Information System adalah sistem yang mendukung keputusan yang diambil secara rutin, mengakses, menata, menampilkan, merangkum informasi, menjawab permintaan dan perkiraan tren. Office Automation System adalah sistem pengolah kata yang diperlukan untuk mendukung pekerja kantor. Decision Support System adalah suatu sistem yang mendukung pengambilan keputusan yang bersifat kompleks, tidak rutin, dan managerial. Intelligent Support System yaitu sistem pakar yang menyediakan kemampuan cerdas di dalamnya. End User Computing adalah pengembangan sistem informasi karena pengguna merasa kurang puas dengan aistem informasi yang ada. Knowledge Management System adalah sistem yang mendukung proses penciptaan, pengumpulan, pengorganisasian, pengintegrasian, dan penyebaran pengetahuan perusahaan. Data Warehousing adalah basis data yang dirancang untuk mendukung semua aktivitas yang membutuhkan analisa data, merupakan kumpulan data masa lalu, masa sekarang, dan akan terus bertambah. Mobile Computing adalah sistem informasi yang mendukung orang-orang yang bekerja secara mobile.

Sistem informasi dalam sebuah organisasi dikembangkan untuk mendukung struktur organisasi. Dukungan sistem informasi yang dibutuhkan tergantung pada peran pengguna dalam  organisasi tersebut.

Sumber daya informasi meliputi hardware (komputer, server, peralatan lain), software (alat pengembang, bahasa, aplikasi), database, networks (area local, area luas, internet, intranet), prosedur, dan bangunan fisik.

Perlu disadari bahwa yang bertanggung jawab terhadap sumber daya informasi adalah department sistem informasi dan pengguna akhir. Harus ada pembagian tugas (perencanaan, pembiayaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber-sumber informasi) serta kerja sama untuk mengatur sumber daya informasi dalam suatu organisasi.

Department SI berperan mengubah orientasi teknik menjadi managerial, meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis perusahaan. Karena ditantang untuk meningkatkan nilai strategis maka department SI menjadi lebih kompleks.

Kesimpulannya, aritektur informasi adalah detil kebutuhan informasi dan bagaimana memenuhinya, infrastruktur informasi adalah fasilitas, pelayanan, dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi. Sistem informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi. Management sumber daya informasi menggabungkan tanggung jawab department SI dan pengguna akhir.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php