learning and sharing

Teknologi Informasi pada Lingkungan Bisnis

Posted: September 9th 2012

Teknologi Informasi pada Lingkungan Bisnis

Lingkungan bisnis saat ini mengalami perubahan yang sangat cepat, kompleksitas, ekonomi global, kompetisi yang ketat, dan fokus pada konsumen. Bisnis juga dihadapkan pada berbagai macam tekanan, dari dalam maupun luar seperti persaingan global, real time operations, perubahan workforce, berorientasi pada konsumen, information overload, ethical issues, kebijakan pemerintah, dan kewajiban sosial. Dalam menghadapi semua itu, perusahaan harus lebih reaktif dan proaktif menerapkan IT dan Information Systems dengan baik dan benar.

Banyak hal yang bisa dikerjakan dengan konsekuensi yang sangat menarik, proses bisnis yang senantiasa berubah seiring perkembangan IT, peluang kerja dan karir yang melimpah, serta memberi pengaruh pada setiap area fungsionalitas dari bisnis menjadi beberapa alasan mengapa kita perlu memahami IT.

Dalam IT terdapat berbagai komponen dari yang paling dasar sampai yang kompleks seperti data (fakta mentah, dikumpulkan, tidak terorganisasi); informasi (data yang sudah terorganisasi sehingga memiliki makna); pengetahuan (informasi yang terorganisir digunakan untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian); keahlian komputer adalah pengetahuan dan pemahaman mengenai komputer serta penggunaannya; sistem (komponen-komponen yang terorganisasi untuk mencapai tujuan bersama); serta komputer. Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa data, dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik (Turban dan Rainer, 2003).

Sementara itu, komputer berbasis sistem informasi adalah penggunaan hardware, software, people, dan prosedur yang bekerja bersama untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (Shelly, Cashman, Vermat,2004) yaitu sebuah sistem yang dikembangkan untuk menyediakan solusi di lingkungan bisnis (Turban dan Rainer,2003).

Komponen hardware komputer terdiri dari input, process/system unit, output, storage, dan komunikasi/jaringan (network).  Komponen utama motherboard adalah CPU/processor dan memori. Storage dibagi menjadi dua jenis yaitu storage media dan storage device. Jaringan/network adalah kumpulan komputer dan alat-alat komunikasi yang dihubungkan secara  bersama-sama.

Program adalah urutan dari berbagai instruksi yang memberitahukan apa yang harus dilakukan komputer. Software program dibagi menjadi application system/application software, system software, dan GUI. System software adalah progam yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya. Operating System dan Utility Program termasuk system software. Operating System digunakan untuk mengkoordinasi semua aktivitas dari perangkat keras komputer dan mengijinkan pengguna menjalankan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang spesifik dari pengguna.

Komputer dikelompokkan menjadi personal computer/desktop, mobile computers dan mobile devices, midrange servers, mainframe computers, dan  super computers.

Informasi berguna jika akurat, lengkap, fleksibel, handal, relevan, tepat waktu, dapat diverifikasi, bisa diakses, dan aman. Perusahaan memiliki harapan yang tinggi pada system informasinya seperti kecepatan dan pengolahan yang akurat dari transaksi bisnis; penyimpanan, pencarian, analisa, dan data sharing untuk meningkatkan komunikasi, mengurangi overload, menjangkau batas-batas organisasi, mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan, serta kemampuan yang unik untuk menyediakan keunggulan kompetitif.

Beberapa pengguna komputer di antaranya insinyur, penerbit desktop, arsitek, dan seniman grafik. Contoh penggunaan aplikasi komputer di masyarakat yaitu dalam bidang pendidikan, pemerintahan, industri, keuangan, kesehatan, sains, penerbitan, dan travel.

Kesimpulannya, bisnis saat ini menghadapi banyak tantangan serta tekanan, IT menyediakan alat dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dan tekanan tersebut. Pengetahuan mengenai IT dan aplikasinya sangatlah penting dan bermanfaat bagi kita semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php