Bernadeta Sara Yusinta Sitepu

Internet, Intranet, Extranet

Posted: November 12th 2012

Salah satu dari kemajuan teknologi yang dapat kita nikmati di era serba canggih ini adalah internet. Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia yang menghubungjan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah di seluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Pertukaran informasi yang sangat mudah menggunakan standar dan protokol terbuka serta tidak eklusif merupakan ciri khas dari internet. Adanya semangat berbagi dan akses terbuka untuk informasi adalah landasan dari internet yang tentunya sudah tidak lazim lagi bagi kita. Internet memiliki banyak sekali layanan, beberapa diantaranya yang sering kita gunakan adalah e-mail, web, file transfer, chat, message board, dan instant messaging.

Infrastruktur dari internet adalah perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet, pemerintah US berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer, serta koneksi dan aliran informasi antara backbone provider gratis dan terbuka. World Wide Web atau biasa kita sebut dengan singkatan WWW adalah aplikasi yang meggunakan fungsi internet. Beberapa istilah yang kerap kali muncul ketika menggunakannya ialah seperti homepage, website, hyperlinks, uniform resource locator, hypertext transport protocol dan lain-lain. Aplikasi yang mengijinkan WWW untuk meminta dan meliht web documents disebut browser. Untuk mengakses internet itu sendiri dapat kita lakukan dengan cara-cara berikut, yakni connect via LAN server, connect via serial line internet protocol/pointprotocol, dan connect via an online service.

Selain internet, kita juga mengenal intranet. Apa itu intranet? Apakah internet berbeda dengan intranet? Dari namanya saja sudah tentu berbeda. Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet digunakan untuk memudahkan karyawan mengakses informasi, meng-deploy aplikasi perusahaan, keamanannya menjadi perhatian utama. Perluasan dari intranet untuk dipilih oleh outside business partners kita kenal dengan sebutan extranet. Extranet adalah jaringan dari pihak luar yang diijinkan mengakses informasi dari internet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php