Desi Elisyahwati

E-commerce

Posted: November 26th 2012

pertemuan ini yang dibahas adalag tentan “E-Commerce”. Sejarah E-Commerce dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial) dan haya terbatas untuk perusahaan besar awalnya. Terdiri dari Electronic Fund Transfer (EFT) and Electronic Data Interchange (EDI). Yang termasuk dalam lingkup E-Commerce adalah pengiklanan, rumah perbankan, berbelanja di toko-toko elektronik dan mal, membeli saham, mencari pekerjaan, melakukan lelang, berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh duniamenyediakan , dan layanan pelanggan.

EC adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. EC didefinisikan dari perspektif, yaitu komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, dan masyarakat. Konsep E-commerce ada 3, yaitu: pertama  Tradisional commerce adalah semua dimensi yang fisik dengan ciri-ciri merupakan organisasi ekonomi lama, menjual produk fisik dengan cara agen fisik, dan  melakukan semua bisnis secara offline. Kedua Pure ECadalah semua dimensi adalah digital dengan ciri-ciri murni dilakukan secara online (maya), merupakan organisasi ekonomi baru, dan menjual produk atau jasa hanya online.

Ketiga Partial EC adalah campuran dimensi digital dan fisik dengan ciri-ciri melakukan kegiatan EC dan menjual produk secara online dan fisik.E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan dan digunakan pada saat bekerja sama dengan mitra bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi. Macam-macam E-commerce adalah Business-to-business EC (B2B), Collaborative commerce (c-commerce), Business-to-consumer EC (B2C), Consumer-to-businesses (C2B), Consumer-to-consumer (C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizens (G2C) and others, dan Mobile commerce (m-commerce).Electronic Marketplaces ada dua yaitu pertama pasar yang memfasilitasi pertukaran informasi, barang, layanan, dan pembayaran.

Kedua  pasar yang menciptakan nilai ekonomi bagi pembeli, penjual, pasar perantara dan masyarakat pada umumnya. Perbedaan Electronic Markets dengan Inter-organizational Systems adalah  Electronic Markets pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar barang, layanan, uang, dan informasi, sedangkan Inter-organizational Systems (IOS) bisa dilakukan oleh antara dua atau lebih organisasi yang rutin memrosesan transaksi dan arus informasi. EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan yaitu orang-orang, kebijakan publik, standar teknis dan protokol, mitra bisnis, dan dukungan layanan.

E-Commerce Requirements terdiri dari pertama Infrastruktur terdiri  hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Kedua Electronic Payment Mechanisms dengan cara yaitu pertama Electronic checks dilakun untuk nasabah membuka rekening dengan bank dengan  pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital, pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual. Kedua untuk kartu kredit dengan terenkripsi pembayaran pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet, pembayaran Encrypted rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan. Ketiga untuk elektronik kas di PC dengan bank menyediakan software khusus untuk konsumen lalu pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak, kemudian bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash dan perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual, dan penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain.

Keempat elektronik kartu pembayaran dengan e-cash dengan kartu kredit yang menggunakan strip magnetik lalu kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Kelima smart card dengan kartu yang mikroprosesor dan dapat menyimpan informasi lebih banyak. Keenam sistem pembayaran orang ke orang dengan transfer dana antar individu (PayPal). Ketujuh Transfer Dana Elektronik (EFT) dengan elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan jaringan telecomm. Kedelapan elektronik dompet dan yang terakhir dengan pembelian kartu. Keamanan terdiri dari pertama enkrips adalah suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang. Enkrips terdiri dari Single-kunci enkripsi, Publik / swasta kunci enkripsi, dan Kunci publik infrastruktur. Kedua Electronic Certificates, ketiga Secure Socket Layer (SSL)) adalah protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan, Secure Electronic Transaction Protocol (SET) adalah protokol untuk mobil kredit pengolahan.

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Introduction to Information technology

Go to post

Wireless and Mobile

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php