Desi Elisyahwati

Telecommunication and Network File

Posted: November 5th 2012

pada pertemuan ke-7 ini yang dibahas adalah tentang “Telecomunnication and Network File”. dalam bab ini yang akan dipelajari adalah komponen dasar dari sistem telekomunikasi,teknologi yg di gunakan pada sistem telekomunikasi,berbagai cara untuk menkonfigurasi jaringan, dan berbagai bentuk penggunaan jaringan dalam bisnis. Komunikasi adalah proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi. komponen-komponennya adalah hardware, media, jaringan, software, data communication providers, protocols dan Applications. Sinyal Analog merupakan gelombang yang bersifat continues. informasi yang disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang.

•Wire-based Communication Channels.

Twisted-pair wire (telephone wire) lebih mudah dan murang digunakan . tetapi lambat, mudah trkena gangguan dan keamanannya juga rendah. sedangkan Coaxial cable dapat membawa lebih banyak data dan lebih terlindungi dari gangguan . tetapi lebih mahal dan keamanannya juga rendah. Fiber-optic cable dapat mengirim informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber.

fiber-optic cable ini juga cepat, kapasitas besar, aman. Microwave ini memiliki kapasitas yang besar dan relatif murah dari pada wire tetap lebih sering bergantung pada lingungan sekitar. Satellite memiliki kapasitas yang sangat besar dan jangkauan areanya lebih luas tetapi kelemahannya yaitu membutuhkan enkripsi untuk keamanan data dan relatif mahal. Radio memiliki kecepatan yang tinggi, murah, sesuai untuk komunikasi jarak dekat dan gampang untuk di install. tetapi kelemahannya yaiutu kurang aman. ada juga Cellular radio technology dan Infrared.
ada beberapa layanan telekomunikasi yaitu :
1. Switched lines – transmisi di arahkan sepanjang jalur ke tujuan
2. Dedicated lines – continuous connection is established
3. Wide-area Telecomm Service (WATS) – layanan telpon jarak jauh  yg terjangkau biayanya
4. Integrated Services Digital Network (ISDN) – transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telpon
5. Digital Subscriber Lines (DSL)  – transmisi digital berkecepatan tinggi melalui saluran telpon yang tersedina
6. Tmnet-Streamix
Local area networks (LANs) merupakan  jaringan yang jarak cakupan geografis nya relatif kecil.LANs juga menghubungkan komputer dengan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing. ada beberapa LANs yang dapat dibubungkan melalui bridges. LANs juga bisa dihubungksn ke external network melalui gateways. Gateway itu sendiri adalah communication processor  yang menghubungkan jaringan yg berbeda dengan menterjemahkan protokol dari satu protokol ke protokol lainnya.Bridge juga dapat menghubungkan dua jaringan bertipe sama. Router berffungsi merutekan  pesan melalui beberapa LAN atau WAN yang terhubung.
Wide area networks (WANs) merupakan  jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Layanan di sediakan oleh operator. Internet adalah WAN yg bersifat public. Value-added networks (VAN) – private, data-only networks, dikelola oleh pihak ketiga diakses melalu berlangganan. Virtual private network (VPN) – secure gateway antara corporate systems dan Internet.
Network Communication Software diperlukan untuk menyediakan beberapa fungsi jaringan :
– Memeriksa kesalahan
– Format messages
– Mengelola  communication logs
– Memastikan keamanan dan privasi data
-Menyediakan message translation
Ada beberapa opsi dari Data Transmission Options untuk meningkatkan performa jaringan :
– Packet-switching
– Frame relay
– Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
– Asynchronous Transfer Mode (ATM)
– Switched Hub Technologies
– Synchronous Optical Network (SONET)
– T-carrier System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php