Desi Elisyahwati

Mengolah Data dan Informasi Organisasi

Posted: October 14th 2012

pada minggu ke-6 ini yang kami pelajari tentang “Mengelola Data dan Informasi Organisani. adapun tujuan dari pembelajaran materi ini ialah agar kita tahu bagaimana data diorganisasikan untuk mmbuat sebuah database,bagaimana perusahaan memanfaatkan stored data mereka, dll. dasar dari penyusunan dan akses data terdiri atas   beberapa yaitu field, record, file, database. pengertian field adalah pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka. Record adalah pengelompokan logis dari field yang berkaitan. File adalah pengelompokan logis dari record yang terkait. Sedangkan database adalah pengelompokan logis dari files yang terkait.Field mrupakan kombinasi dari satu tu lbih karakter. unit data terkecil yng di akses pengguna yaitu field size, field name, data type. terminologi dari manajemen data terdiri dari entity,attribute, primary key, dan secondary key. Entity : orang, tempat, benda, atau kejadian yang berupa informasi dari suatu hal yang dikelola. Attribute mrupakan karakteristik atau kualitas yang mendeskripsikan entitas tertentu. Primary key merupakan field yang secara unik mengidentifikasikan record. dan secondary key merupakan field yang tidak unik tetapi tetap digunakan untuk membuat group dari records.

Ada 2 pilihan menempatkan data pada database yaitu centralized dan distributed. centralized database: semua file berada pada satu lokasi fisik yang sama, menyediakan database administrators dengan kmampuan mengelola keseluruhan database  pada satu  lokasi, konsistensi data ditingkatkan dan lebih aman, file hnya bisa di akses melalui centralized host computer, proses recovery lebih mudah, rentan terhadap single point of failure dan speed problem terkait transmission delays. Distributed database adalah salinan lengkap dari basis data atau sebagian dri basis data, berada pada lebih dri satu lokasi, dekat dengan pengguna. ada 4 langkah pengembangan database. pertama : kembangkan conceptual design-model abstrak basis data dari presperktif pengguna atau bisnis. kedua : organisasikan dngan Entity-Relationship (ER) modeling. ketiga : analisa dtruktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi. dan yang keempat : implementasikan struktur data fisik dari basis data pada database management system software.

Database management system merupakan software programs yang menyediakan akses ke database. data yg dsimpan pda satu lokasi,dapat diambil atau di update. komponen database management system yaitu data modal, data definition language, data manipulation language, data dictionary. keuntungan dari database management system alah meningkatkan stategi penggunaan data perusahaan, mengurangi kompleksistas dati IS environment, mengurangi redundan dan inkonsistensi data, meningkatkan data integrity, application/data independence, meningkatkan keamanan data, mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan, meningkatkan fleksibility dari IS dan meningkatkan akses data. Logical Data Models merupakan kemampuan manager untuk menggunakan basis data menggunakan basis data trgantung pda bagaimana basis data d strukturkan baik secara logica maupun fisik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php