Desi Elisyahwati

Computer Hardware

Posted: September 25th 2012

yang di pelajari pada minggu ke empat ini adalah tentang “computer hardware”. adapun salah satu tujuan dari pembelajaran ini adalah menjelaskan desain dan fungsi dari CPU. kompone perangkat keras terdiri atas sistem informasi. ada 2 komponen utama pada motherboard yaitu CPU dan Memory.adapun fungsi dari CPU adalah menjalankan instruksi memberitahukan bagaimana komputer bertindak. sedangkan fungsi dari memory adalah tempat untuk penyimpanan sementar untuk data dan instruksi.komponen umum yang ada pada CPU adalah processor, memory,adapter cards, ports, drive bays,power supply. pengertian dari motherboard itu sendiri adalah papan sirkuit utama di dalam unit sistem.

komponennya adalah control unit, arithmatic-logic unit, registers, primary storage. control unit berfungsi mengakses instruksi program, menafsirkan instruksi,mengontrol aliran data di sistem, dan jalur aliran data di sebut buses. tugas dari arithmetic-logic unit adalah melakukan proses computasi data dan komputasi pada data. registers merupakan area penyimpanan berkecepatan tinggi.

memori dikenql dengan main memory. memori juga merupakan komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil. memory terdiri dari primary storage dan secondary storage.secondary storage adalah materi fisik yang digunakan untuk menyimpan sedangkan primary storage adalah penyimpanan sementara yang menyimpan 3 hal. primary storage memiliki kapasitas yang sangat terbatas,lebih cepat dari RAM ,digunakan untuk menyediakan indermediate. secondary storage memiliki kapasitas penyimpanan yang besar,bisa dihapus secara elektonik dan dapat di program ulang,lebih murah dan lebih lambat dari primary storage. komputer unum diklasifikasikan atas supercomputer,mainframes,midrange,workstation,microcomputers,dan computing appliances. super computer merupakan komputer yang sangat canggih,komputasinya yng kompleks,simulasinya yang besar dn merupakan komputer yang mahal. mainframes mempunyai data yang besar dan komputasinya yang kompleks. minicomputer digunakan sebagai front-end untuk mainframe. microcomputers termasuk komputer yang terjangkau dan komponennya banyak tersedia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php