MyBlogs

Resume PTI : E-Commerce

Posted: November 26th 2012

1.Sejarah E-Commerce

Istilah “e-commerce” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web”  pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

2.Definisi E-Commerce dan Konsep E-Commerce

–       E-Commerce (Electronic commerce)

adalah penyebaran, pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Commerce dideskripsikan dari beberapa pandangan, yaitu :

  1. Komunikasi
  2. Proses Bisnis
  3. Layanan
  4. Online
  5. Kolaborasi
  6. Komunitas

–       Traditional Commerce : Semua dimensi (perdagangan) yang berkaitan erat dengan bentuk fisik.

  • Brick and Mortar Organizations

Merupakan Bentuk lama dari organisasi ekonomi, menjalankan semua kediatan bisni secara off-line

–       Pure E-Commerce : Semua dimensi (perdagangan) yang berkaitan erat dengan digitalisasi

–       Partial E-Commerce : Gabungan dari berntuk digital dan fisik dari dimensi perdagangan’

3.  Tipe dari E-Commerce

  1. Business-to-business EC (B2B)
  2. Collaborative commerce (c-commerce)
  3. Business-to-consumer EC (B2C)
  4. Consumer-to-businesses (C2B)
  5. Consumer-to-consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  7. Government-to-citizens (G2C) and others
  8. Mobile commerce (m-commerce)

4.  E-Market : Pembeli dan Penjual bertemu untuk saling bertukaran.

5.  Inter-organizational Information Systems (IOS) : Pertukaran Informasi diantara 2 atau lebih suatu organisasi

6.   Framework E-Commerce

EC didukung oleh infrastruktue dan mendukung 5 area, yaitu:

  • People
  • Public policy
  • Technical standards and protocols
  • Business partners
  • Support services

7.  Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan    adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

    1. Menyediakan harga kompetitif
    2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
    3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
    4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
    5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
    6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
    7. Mempermudah kegiatan perdagangan

8.  Masalah E-Commerce

  1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

9.  Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

    1. E-mail dan Messaging
    2. Content Management Systems
    3. Dokumen, spreadsheet, database
    4. Akunting dan sistem keuangan
    5. Informasi pengiriman dan pemesanan
    6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
    7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
    8. Newsgroup
    9. On-line Shopping
    10. Conferencing
    11. Online Banking/internet Banking
    12. Product Digital/Non Digital

Published by : Matius Andri (100706301)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php