1.Sejarah E-Commerce
Istilah “e-commerce” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
2.Definisi E-Commerce dan Konsep E-Commerce
– E-Commerce (Electronic commerce)
adalah penyebaran, pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-Commerce dideskripsikan dari beberapa pandangan, yaitu :
– Traditional Commerce : Semua dimensi (perdagangan) yang berkaitan erat dengan bentuk fisik.
Merupakan Bentuk lama dari organisasi ekonomi, menjalankan semua kediatan bisni secara off-line
– Pure E-Commerce : Semua dimensi (perdagangan) yang berkaitan erat dengan digitalisasi
– Partial E-Commerce : Gabungan dari berntuk digital dan fisik dari dimensi perdagangan’
3. Tipe dari E-Commerce
4. E-Market : Pembeli dan Penjual bertemu untuk saling bertukaran.
5. Inter-organizational Information Systems (IOS) : Pertukaran Informasi diantara 2 atau lebih suatu organisasi
6. Framework E-Commerce
EC didukung oleh infrastruktue dan mendukung 5 area, yaitu:
7. Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
8. Masalah E-Commerce
9. Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
Published by : Matius Andri (100706301)