Situs Bisnis Arsitektur Terbaik

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

7 Bumbu Rahasia Para Chef Kelas Dunia

7 Bumbu Rahasia Para Chef Kelas Dunia

Pernah lihat serial master chef bukan? Ya, serial tersebut memperlombakan para peserta yang terampil menggunakan alat masak seperti spiral mixer, dan meracik bumbu hingga menghasilkan makanan yang lezat. Acara yang mirip seperti acara master chef di Indonesia hadir di berbagai negara di dunia. Namun, tahukah kamu? ternyata chef kelas dunia sering menggunakan bahan-bahan ini untuk meracik makanan mereka. Apa saja bumbu tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

1. Safron

Safron juga dikenal sebagai Kuma-kuma. Safron berasal dari bagian tangkai putik bunga. CrocusSativus atau bunga pacar yang dikeringkan. Saffron umumnya digunakan sebagai bumbu dan pewarna dalam masakan Timur Tengah dan  Eropa. Rempah-rempah ini paling banyak dicari oleh para chef kelas dunia untuk digunakan sebagai bahan rahasia masakan yang mereka siapkan. Rempah-rempah eksotis ini masuk dalam jajaran rempah-rempah termahal di dunia dengan harga per kilogramnya mencapai puluhan juta rupiah. Koki kelas dunia sering mencampurkan air yang mengandung kunyit ke dalam hidangan lezat seperti seafoodpaella atau es krim kunyit. Saffron terbaik berasal dari Iran.

2. Madu

Siapa bilang madu hanya dikonsumsi sebagai minuman saja? Sedikit madu yang dituangkan di atas rebusan, tumisan, atau sebagai campuran saus, bisa mengubah rasa makanan biasa menjadi luar biasa. Madu digunakan para chef untuk memberikan pemanis alami pengganti gula, yang tentu lebih sehat ke dalam masakan mereka. Beberapa aroma sayuran yang sedikit asam juga dapat diimbangi dengan cita rasa yang dihasilkan dalam madu tersebut.

 3. Pasta Tomat

Mungkin kamu yang sering mengonsumsi masakan ala Italia seperti Spaghetti dan Pizza sudah tidak asing lagi dengan pasta tomat. Menurutchef Queen Hatfield yang menjadi salah satu pemilik 10 restoran terbaik 2010 menurut Bon AppetitMagazine mengatakan bahwa pasta tomat wajib ada di dapur restoran kelas dunia. Kamu bisa menyediakan tomat segar untuk membuat pasta tomat kemudian dicampurkan ke beberapa jenis masakan untuk memberikan efek segar dalam masakan tertentu.

4. Garam

Bahan yang satu ini mungkin sudah di pakai hampir semua koki di Indonesia karena garam tidak sulit didapat. Harga garam juga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Walaupun sering digunakan pada makanan asin dan pedas, para Chef dunia juga sering menggunakan garam untuk makanan manis agar dapat menghasilkan sensasi rasa yang cukup unik.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel  sering digunakan oleh koki HarrisonKeevil dari Virginia untuk menyeimbangkan kepahitan sayuran seperti sawi dan kubis. Cuka sari apel  juga digunakan oleh koki James Boyce dari Alabama untuk mengurangi lemak dalam daging dan menambah rasa yang unik. Cukup gunakan beberapa tetes cuka sari apel  dalam masakan Anda.

Itu dia bumbu yang mungkin tidak kamu ketahui namun sering dipakai oleh chef di seluruh dunia. Teknik memasak juga sangat berpengaruh kepada hasil dan rasa masakan, tidak hanya bumbu saja. Jangan lupa untuk menggunakan panci stainless dan alat masak yang berkualitas agar terhindar dari kecelakaan.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php