KSDL MINERAL INDONESIA

IBU KARTINI DALAM JIWA KAREN AGUSTIAWAN

Posted: May 14th 2013

Perjuangan Ibu Kartini untuk menyetarakan derajat perempuan ternyata tidak sia-sia. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi dari Karen Agustiawan yang mampu unggul untuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (PERSERO).

 

Metronews.com menyatakan bahwa Karen Agustiawan menduduki urutan pertama sebagai eksekutif perempuan paling berpengaruh di industri minyak dan gas bumi versi lembaga training dan event Terrapinn yang berbasis di London, Inggris. Hal ini menandakan bahwa perempuan memang mampu bersaing di dunia industri migas yang memang masih dikuasai oleh pria.

Predikat yang telah disandang oleh Karen ini menandakan lunturnya isu dikriminasi perempuan dimana perempuan pada umumnya dikatakan tidak bisa untuk dapat menempati posisi tertinggi di dunia industry terlebih lagi industry migas. Karen kemudian melunturkan isu-isu tersebut dengan menunjukkan sederet perstasinya seperti masuk di posisi 19 perempuan paling berkuasa dalam jajaran 50 pebisnis dan CEO perempuan di seluruh dunia versi Majalah Fortune pada September 2012. Istri anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Herman Agustiawan itu juga bercokol di urutan teratas daftar Asia’s 50 Power Businesswomen versi majalah Forbes yang dirilis pada Maret 2012.

Dalam meniti karirnya, Karen memiliki cita-cita yang ingin dicapai bersama perusahaannya. Hal tersebut tertuang dalam  Merdeka.com. Pada media online tersebut Karen menyatakan bahwa Karen bercita-cita membawa Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia pada 2025 nanti melalui program EnergizingAsia. Satu dari 50 wanita pelaku bisnis terkuat se-Asia versi majalah Forbes ini kabarnya juga merintis upaya kerja sama dengan PT PLN untuk pemakaian bio-etanol sebagai pengganti solar.

Keberhasilan yang telah di capai oleh Karen tidaklah seperti membalikkan telapak tangan, namun tetap membutuhkan perjuangan dan dukungan. Liputan6.com mengutip pernyataan dari Karen pada  diskusi Women Leaders dengan tema “Leading Indonesian Women in Energy Industry” yang menyatakan hal yang membantu perempuan dalam berkarir adalah dukungan keluarga. Sedangkan yang menghalangi karir justru perempuan itu sendiri, karena tidak percaya diri dan tidak bisa membagi waktu antara keluarga dengan kerja.

Sumber :

Liputan6.com

Metronews.com

Merdeka.com


2 responses to “IBU KARTINI DALAM JIWA KAREN AGUSTIAWAN”

  1. Redita says:

    Emansipasi melawan kesenjangan gender.

  2. ilovejes says:

    ibu kita kartini….
    putri sejati…

    sesuai dengan nama’x coy…
    hehehehe…

    manttaaaaaaap….

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Hello world!

Go to post

KEHIDUPAN MINERAL DI INDONESIA

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php