Dea Nadepansa

Pengantar Teknologi Informasi – Internet Intranet Extranet

Posted: November 13th 2012

A. Internet

Internet merupakan kependekan dari interconnection networking yang merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan terbesar didunia. Layanan yang ditemukan di Internet:

  • E-mail
  • Jaringan
  • Transfer file
  • Obrolan
  • Pesan papan
  • Instant messaging

Protokol yang digunakan dalam internet yaitu Internet Protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP). Internet adalah jaringan packet-switching dengan pengertian:

  1. Pesan yang membusuk menjadi paket-paket, yang berisi bagian dari pesan, ditambah informasi tentang pengiriman dan penerimaan mesin dan bagaimana paket berkaitan dengan paket lainnya
  2. Paket perjalanan secara independen dan mungkin pada rute yang berbeda melalui Internet
  3. Paket dipasang kembali ke dalam pesan di mesin penerima.
Dalam mengakses internet dibutuhkan:
  • Connect via LAN Server
  • Connect via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP)
  • Connect via an Online Service (AOL, MSN)

B. Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Cara Kerja Intranet:
Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet.  Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain :

  • Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
  • Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
  • Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
  • Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
  • Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik

C. Ekstranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Cara Kerja Ekstranet :

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Kelebihan dari extranet

  • Manfaat extranet, seperti waktu yang dikurangi untuk pasar dan biaya melakukan bisnis, dan akses cepat ke informasi mitra, mungkin sebanding dengan keamanan-biaya, server Web dan pengembangan, warisan integrasi sistem, dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan.

Kerugian ekstranet

  • Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih dari apa yang diperlukan untuk mendapatkan intranet atau situs Web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php