Dea Nadepansa

Pengantar Teknologi Informasi – Perangkat Lunak Komputer

Posted: October 7th 2012

Perangkat Lunak Komputer atau Software Computer adalah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Beberapa istilah dasar tentang software yang perlu kita ketahui yaitu:

  • Computer programs – urutan instruksi untuk komputer.
  • Stored program concept –  instruksi yg di tulis pada program di simpan dan di eksekusi oleh CPU saat dibutuhkan.
  • Programming – proses menulis (atau coding) program.
  • Programmers – individu yang melakukan pemrogramaan.

Software Computer dibagi lagi menjadi dua yaitu System Software dan Application Software. System Software yaitu instruksi yg mengelola sumber daya perangkat keras/hardware. Sedangkan Application Software yaitu instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna.

System Software

System Software adalah perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer, mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program termasuk pengujian dan debugging, dan independen dari semua jenis aplikasi. System Software dibagi menjadi dua yaitu System Control Programs dan System Support Programs. System control program digunakan untuk mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem(hardware, software, data) dan sistem operasi. Sedangna system support programs digunakan untuk mendukung secara khusus kemampuan program.

Yang termasuk system control program yaitu Sistem Operasi (Operating System) yang bertugas mengaswasi keseluruhan operasi pada komputer, mengalokasi CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjaan di komputer, dan menyediakan antarmuka pengguna dengan hardware. Tipe dari Sistem Operasi yaitu:

  • Major Desktop Operating System : MS-Dos, Windows XP, Linux, Machintosh, dll.
  • Departmental Server Operating Systems : Mendukung ratusan concurrent users. Contoh : UNIX, Linux, Windows 2000, Windows XP, Novell NetWare
  • Enterprise Operating Systems : Mendukung ribuan concurrent users, jutaan transaksi perhari. Contoh: IBM’s OS/390, IBM’s VM (Virtual Machine), IBM’s VSE (Virtual Storage Extended), and IBM’s OS/400.

Yang termasuk System Support Programs yaitu System Utilities, Memonitor performa, Memonitor keamanan.

 

Application Software

Application Software yaitu program yg menjalankan aktivitas pengolahan informasi yg spesifik dan fungsionalitas pengguna. Tipe dari Application Software yaitu

  • Proprietary application software : Mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik dari perusahaan.
  • Off-the-shelf application software : Vendor mengembangkan program yang dijual kebanyak perusahaan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php