David Hermawan

Panasnya Bangka karena penambangan Timah liar

Posted: August 23rd 2016

Panasnya Bangka karna penambangan timah liar

Semakin tahun penambangan liar di Bangka semakin banyak. Galian lobang timah semakin banyak, karna para penambang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya. Ada kalanya juga para penambang sengaja membuat galian baru dan galian sebelumnya di tinggalkan. Padahal perbuatan tersebut sangat lah membuat kerusakan lingkungan sekitarnya dan merugikan alam sekitar.

 

Tetapi masyarakat sekitar tidak menghiraukan perbutan yang mereka perbuat. Karna alasan mereka tidak memiliki pekerjan lain lagi selain menjadi penambang timah. Sebab menjadi penambang timah tidak perlu memiliki skill yang hebat,asalkan ada niat dan pengalaman untuk menjadi penambang timah. Pada tahun 2013 harga timah melonjak naik para penambang pun semakin banyak untuk mendapatkan timah dan di jual ke pengepul timah ataupun bos timah.

191228_timahrusak

Seperti itu lah contoh dri penambangan timah dibangka.

 

Pada proses penambangan timah juga memerlukan mesin. Mesin tersebut memerlukan bahan bakar solar,kemudian mesin tersebut meluarkan asap yang tebal. Ketebalan asap yang dikeluarkan hampir sama dengan mobil yang menakai bahan bakar solar.

 

Padahal melakukan penghijauan lah cara yang terbaik agar Bangka tidak mengalami panas yang berlebihan. Jadi penghijauan sangat perlu bagi kepulauan Bangka dan permerintah mesti melakukan pengawasan terhadap penambangan liar.

timah-konvensional

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh penambangan timah di Bangka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php